Sukses

18 Tempat Wisata Korea Selatan Ikonik Terbaik, Wajib Untuk Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata Korea Selatan paling ikonik yang wajib untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Korea Selatan menjadi salah satu destinasi liburan populer bagi para pecinta drama Korea dan Kpop. Korea Selatan menawarkan segala yang diinginkan wisatawan di sebuah destinasi. Korea Selatan memiliki sejarah panjang dan menarik, budaya yang indah, makanan yang luar biasa, orang-orang yang ramah, dan infrastruktur pariwisata yang unik.

Tempat wisata Korea Selatan memiliki beragam destinasi yang kontras, dimana wisatawan dapat menikmati tempat wisata dengan gaya tradisional seperti kuil Buddha di puncak gunung hingga wisata modern seperti gedung pencakar modern di tengah ibu kota Korea Selatan, Seoul. 

Tempat wisata Korea Selatan juga memiliki destinasi wisata unik, berupa tanah tak bertuan yang merupakan bagian dari perbatasan militer antara dua negara yang secara teknis masih berperang. Pilihan wisata yang beragam membuat Korea Selatan menjadi salah satu negara yang wajib untuk dikunjungi selama liburan.

Untuk referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Korea, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata Korea Selatan paling ikonik yang wajib untuk dikunjungi, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata Korea Ikonik Terbaik

1. Pulau Jeju

Tempat wisata Korea yang pertama adalah Pulau Jeju. Pulau ini menawarkan pantai yang indah bersama dengan banyak budaya dan sejarah. Gunung tertinggi di Korea Selatan ada di sini bersama dengan bermil-mil tabung lava raksasa. Pulau ini juga memiliki ratusan mil jalur hiking dan banyak sumber air panas dan spa kesehatan.

Pastikan untuk mengunjungi Pantai Jungmun untuk melihat para wanita penyelam. Yaitu wanita yang menyelam bebas ratusan kaki untuk menangkap berbagai jenis makanan laut. Tradisi ini dimulai berabad-abad yang lalu, ketika orang-orang lokal pergi ke perahu nelayan. 

 

2. Istana Gyeongbokgung

Juga dikenal sebagai Istana Utara, kompleks Istana Gyeongbokgung ini pertama kali dibangun pada 1395 selama dinasti Joseon, yang membangun lima istana megah di sekitar Seoul. Istana telah dibom, dihancurkan, dibangun kembali beberapa kali, diduduki oleh Jepang dan baru akhirnya dipulihkan pada tahun 1990.

Pastikan untuk mengunjungi Paviliun Gyeonghoeru dan Kolam Hyangwonjeong, dua bangunan asli yang tersisa dari periode Joseon. Kompleks istana dapat dijelajahi dengan tur jalan kaki berpemandu. Ada juga dua museum di dalam pekarangan yaitu Museum Istana Nasional dan Museum Rakyat Nasional.

 

3. Istana Changdeokgung

Dari lima istana megah yang dibangun oleh Dinasti Joseon pada abad ke-15 di sekitar Seoul, Istana Changdeokgung selalu menjadi kediaman kerajaan yang disukai. Pastikan untuk menghabiskan waktu di Huwon, atau taman istana seluas 78 hektar, yang terletak di belakang istana. Itu dipenuhi dengan jalan setapak, ruang hijau, pagoda, sungai, dan danau.

Istana bukan hanya satu bangunan, itu adalah kompleks bangunan, dan masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Beberapa adalah akomodasi, beberapa perpustakaan, ruang makan, dan ruang pertemuan, di antara kegunaan lainnya.Di situlah raja dan keluarga kerajaan menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

 

 

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata Korea Ikonik Terbaik

4. Kuil Jingwansa

Kompleks kuil kuno yang berjarak sekitar 15 menit dari pusat kota Seoul ini menawarkan pengalaman kuil Buddha yang otentik dan taman nasional yang indah. Kuil, yang pertama kali didirikan di situs tersebut pada 1.000 SM, memiliki beberapa program bagi pengunjung untuk mempelajari dan merasakan agama Buddha dan gaya hidup biksu.

Kuil ini merupakan daya tarik yang harus dikunjungi bagi pecinta kuliner, karena mereka menanam sebagian besar makanan mereka sendiri di tempat. Kuil ini juga menyiapkan makanan khas Korea mereka sendiri, seperti mengasinkan kimchi mereka sendiri dalam toples tembikar raksasa kuno. 

 

5. Kuil Bulguksa

Salah satu kuil Buddha yang harus dilihat di Korea, Kuil Bulguksa dianggap oleh banyak orang sebagai kuil paling penting di negara itu. Ini secara resmi Situs Bersejarah dan Indah Nomor Satu yang diklasifikasikan oleh pemerintah. Kuil ini adalah rumah bagi tujuh harta nasional negara, pagoda suci, dan patung Buddha.

Kuil ini berada di lereng Gunung Toham di Gyeongju, ibu kota kuno Korea. Ini adalah kota yang sangat bersejarah, disebut "museum tanpa dinding" karena semua situs dan kuil bersejarahnya. Gyeongju berjarak sekitar dua setengah jam dari Seoul melalui kereta berkecepatan tinggi KTX yang baru.

 

6. Bukchon Hanok Village

Tempat wisata Korea yang selanjutnya adalah Bukchon Hanok Village. Bukchon Hanok Village adalah tempat yang populer untuk dijelajahi, karena berada tepat di pusat kota Seoul, di area antara Istana Gyeongbokgung dan Istana Changdeokgung. Desa Hanok adalah museum hidup dimana pengunjung bisa merasakan langsung pengalaman hidup pada masa lampau. 

Pemerintah memulihkan dan melestarikan lingkungan kuno ini, beberapa lokasi asli dan beberapa dibuat kembali dengan hanok yang dipindahkan dari tempat lain. Tempat ini memberi pengunjung kesempatan untuk tidak hanya merasakan bagaimana rasanya tinggal di hanok, tetapi juga bagaimana rasanya tinggal di Korea 600 tahun yang lalu.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata Korea Ikonik Terbaik

7. Gerbang Gwanghwamun

Tempat wisata Korea ini adalah sebuah gerbang raksasa, yang dulunya merupakan bukaan di dinding benteng menuju Istana Gyeongbokgung yang terletak di dalamnya. Awalnya dibangun dengan istana pada abad ke-15 tetapi telah dihancurkan dan dibangun kembali berkali-kali. 

Baru pada tahun 2010, pemugaran dilakukan dengan beton dan teknik konstruksi non-tradisional lainnya, tetapi gerbang baru telah sepenuhnya dibangun dengan teknik kuno, hanya menggunakan kayu asli dan perlengkapan buatan tangan.

 

8. Busan

Busan adalah kota terbesar kedua di negara ini, dan pantainya dipagari dengan beberapa pantai dan resort yang indah. Ada banyak budaya dan sejarah di sini juga. Pastikan untuk mengunjungi Kuil Beomeosa dan desa lereng bukit Gamecheon. Gamecheon adalah desa bergaya Eropa di tebing di atas laut, seperti Santorini versi Korea.

Di tempat wisata Korea ini, para pecinta makanan laut harus mengunjungi Pasar Jagalchi, pasar makanan laut komersial terbesar di negara ini. Sebagian pasar terbuka untuk konsumen dan ada banyak restoran kecil yang bisa anda kunjungi. 

 

9. Jeonju

Tempat wisata Korea yang selanjutnya adalah Jeonju. Jeonju adalah kota yang sangat bersejarah, pernah menjadi ibu kota spiritual Dinasti Joseon, berjarak sekitar 90 menit dengan kereta api dari Seoul. Ini adalah rumah bagi banyak kuil dan tempat suci kuno bersama dengan desa hanok. 

Jeonju juga adalah lingkungan yang melestarikan rumah kuno dan tua khas Korea hanok, yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan seperti apa kehidupan di Korea kuno.Beberapa rumah di desa ini terbuka untuk wisata, dan yang lainnya telah dijadikan museum, tetapi sebagian besar tetap menjadi rumah pribadi.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata Korea Ikonik Terbaik

10. Menara Seoul

Posisinya yang hampir di atas gunung, ditambah ketinggian menara itu sendiri, membuat anda hampir 500 meter di atas permukaan laut dan kota di bawahnya. Tetapi sisakan waktu untuk menjelajahi daerah pegunungan di sekitarnya. Menara ini berada di dekat puncak Gunung Namsan, dan seluruh areanya adalah Taman Namsan, yang dikelola oleh kota. 

Tingkat teratas Menara Seoul N mencakup area observasi indoor dan outdoor serta restoran. Bagian luar menara ditutupi dengan lampu LED, yang menyala setiap malam dalam pertunjukan cahaya musiman. Ada kereta gantung yang akan membawa anda dari kota ke area dasar menara. 

 

11. Taman Nasional Seoraksan

Tempat wisata Korea yang selanjutnya adalah Taman Nasional Seoraksan. Taman ini memiliki gunung, danau, air terjun, sungai, dan bermil-mil jalur pendakian. Taman ini dikenal dengan keanekaragaman alamnya, karena memiliki lebih dari 1.500 spesies hewan yang berbeda dan lebih dari 1.000 jenis tanaman yang berbeda. 

Ada juga dua kuil Buddha di dalam taman, salah satunya dikenal sebagai " Kuil Seratus Kolam " karena semua kolam di sekitarnya dialiri oleh aliran gunung. Jika anda lelah berjalan, ada kereta gantung yang akan membawa anda ke Gunung Seoraksan untuk melihat pemandangan pegunungan dan lembah yang luar biasa. 

 

12. Museum Nasional Korea

Sebagai ibu kota dunia, Seoul dipenuhi dengan banyak museum. Yang terbesar adalah Museum Nasional Korea, ini adalah tempat yang benar-benar tidak dapat dijelajahi dalam sekali kunjungan. Koleksinya yang luas menggabungkan seni, sejarah, dan arkeologi, disajikan untuk menunjukkan sejarah budaya Korea dan menceritakan kisah orang Korea.

Ini juga merupakan daya tarik yang sangat baik jika anda hanya memiliki waktu terbatas di Seoul. Koleksinya sangat luas, karena telah berusia lebih dari satu juta tahun. Tempat ini menarik, terutama untuk keluarga dan anak-anak karena ada begitu banyak objek. Semuanya, mulai dari alat Zaman Batu hingga karya seni modern oleh seniman Korea.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata Korea Ikonik Terbaik

13. Blue House

Tempat wisata Korea lainnya adalah Blue House. Dinamakan demikian karena atap ubin biru yang mencolok dari banyak paviliun dan bangunannya. Blue House, seperti halnya Gedung Putih, adalah rumah presiden Korea. Kompleks bangunan yang sangat aman ini juga menampung banyak kantor pemerintah eksekutif Korea dan tempat pertemuan resmi. 

Blue House adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi, karena memberi anda gambaran di balik layar tentang pemerintahan Korea modern dan budaya formal Korea. Banyak tur berpemandu yang akan membawa anda berkunjung ke ruang pertemuan dan ruang resepsi resmi negara tempat para pejabat asing disambut.

 

14. Taman Nasional Maritim Hallyeo

Taman nasional yang sangat indah ini mencakup bermil-mil garis pantai mentah di lebih dari 300 pulau terpisah. Masing-masing memiliki jalur hiking dengan pemandangan laut dan tebing yang spektakuler. Area ini juga dilengkapi dengan kereta gantung, yang dikenal sebagai Hallyeosudo Viewing Ropeway.

Perjalanan yang ditempuh sekitar 2,4 kilometer dan membutuhkan waktu sembilan menit untuk mencapai puncak. Ketika sampai di puncak anda akan takjub dengan pemandangan pedesaan dan garis pantai, termasuk pulau Daemado di Jepang. Taman ini berjarak sekitar satu jam berkendara dengan bus atau mobil dari pusat kota Seoul.

 

15. Itaewon

Itaewon adalah kawasan turis yang dipenuhi dengan toko souvenir dan jajanan kaki lima, serta merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan sore dengan berjalan-jalan. Tempat ini sangat menyenangkan di sore hari, ketika banyak penduduk juga keluar untuk makan malam dan orang-orang menonton. 

Itaewon juga merupakan tempat berjalan-jalan yang populer bagi penduduk setempat. Anda akan melihat banyak keluarga Korea, anak-anak, dan pasangan, semuanya menikmati toko dan restoran. Tempat ini adalah tempat untuk mencari makanan internasional yang tidak banyak tersedia di Seoul. Seperti pizza, burger dan barbekyu barat ala Amerika.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata Korea Ikonik Terbaik

16. Lotte World

Lotte World adalah tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan hari dan kesempatan untuk membenamkan diri anda dalam budaya komersial Korea yang sebenarnya. Lotte World mencakup hotel, bioskop, museum rakyat dengan pertunjukan tradisional, dan atraksi liburan lainnya seperti seluncur es 

Taman hiburan ini berada di dasar Lotte World Tower, gedung tertinggi di Korea Selatan dan gedung tertinggi kelima di dunia. Selain wahana dan atraksi, ada banyak tempat belanja dan juga lokakarya seniman serta pertunjukan budaya untuk ditonton. Ada juga taman hiburan dalam ruangan dan area taman hiburan luar ruangan yang disebut Pulau Ajaib .

 

17. Pasar Makanan Jalanan Seoul

Sebagai salah satu tujuan wisata kuliner terbaik di dunia, kunjungan ke Korea tidak lengkap tanpa menikmati jajanan pinggir jalannya. Pasar Gwangjang, di Central Seoul menjadi surga untuk pecinta kuliner di dunia. Area pasar tertutup ini dipenuhi dengan beberapa kedai makanan yang menawarkan rangkaian lengkap makanan khas Korea.

Hal yang keren dari pasar ini adalah sebagian besar kedai makanan ini seperti restoran mini kecil yang memiliki deretan bangku dan meja, sehingga anda dapat duduk dan makan ditempat. Anda bisa menemukan bindaetteok, bibimbap, gimbap, sundae, tteokbokki dan berbagai jenis mie.

 

18. DMZ

Tempat wisata Korea ikonik yang terakhir adalah DMZ. Zona Demiliterisasi Korea adalah perbatasan darat tak bertuan antara kedua negara Korea. Perjanjian Gencatan Senjata Korea menentukan garis perbatasan antara masing-masing negara pada akhir Perang Korea. Itu juga sebelumnya dikenal sebagai Area Keamanan Bersama (JSA).

DMZ sangat dipandu oleh personel militer, tetapi wisatawan masih dapat berkunjung melalui tur resmi dan berpemandu. Tur ini akan memungkinkan Anda melihat beberapa hal menarik seperti terowongan ke-3 yang digali oleh orang Korea Utara untuk invasi dan Observatorium Dora, tempat Anda dapat melihat sekilas Korea Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.