Sukses

Wisata Taman Matahari Cisarua Bogor, Rekreasi Terpadu Outbond dan Edukasi

Liputan6.com, Jakarta Wisata Taman Matahari atau lebih dikenal dengan Taman Wisata Matahari (TWM Park) merupakan sebuah tempat rekreasi yang didirikan pada tahun 2007.  Wisata Taman Matahari menjadi tempat rekreasi untuk keluarga terbesar dan terlengkap di kawasan Puncak, Bogor

Wisata Taman Matahari mengusung konsep Recreation and Education Park dilengkapi berbagai wahana. Wahana TWM Park terbagi menjadi empat bagian, yaitu Wahana Wisata Air, Wahana Permainan, Wahana Petualangan, dan Wahana Wisata Edukasi. 

Konsep yang diusung membuat TWM Park memadukan tempat rekreasi dan obyek wisata edukasi berwawasan lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kepedulian anak-anak terhadap lingkungan di sekitarnya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang Wisata Taman Matahari, dilansir dari laman resmi TWM Park, Senin (7/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Wisata Taman Matahari: Tiket, Jam Operasional, dan Lokasi

Sebagai tempat rekreasi yang berlokasi di Puncak Bogor, Wisata Taman Matahari memiliki suasana alam yang masih asri. Seluruh kawasan TWM Park ditumbuhi pepohonan rindang dengan panorama pegunungan yang masih alami serta udara yang sejuk dan segar. Tempat ini dapat menjadi opsi tujuan liburan yang dekat dengan ibukota. 

Harga Tiket

Harga tiket masuk Wisata Taman Matahari dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk wisatawan lokal dan wisatawan asing. Harga tiket untuk wisatawan lokal adalah 60.000 rupiah, sedangkan harga tiket untuk wisatawan asing adalah 150.000 rupiah. 

Jam Operasional

Wisata Taman Matahari buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu, dengan jam operasional dari pukul 08.00 sampai 16.00.

Lokasi

Wisata Taman Matahari berada tepat di tepi jalan raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Lokasi ini dapat diakses dengan mudah dari berbagai arah dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Apabila ingin menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, Depok, Tangerang, maupun Bekasi  di hari libur dan akhir pekan, sebaiknya berangkat sepagi mungkin untuk menghindari macet. 

Sebaiknya pilih jalur menuju Ciawi melalui tol Jagorawi, keluar di gerbang tol Gadog. Jika tiba di gerbang tol Gadog sebelum jam 06:00 pagi, biasanya kondisi lalu lintas masih cukup lengang. Anda dapat menuju ke arah Jalan Raya Puncak dengan santai tanpa terjebak macet.

Jika malas memikirkan cara menghindari macet, Anda juga dapat menaiki kendaraan umum. Kendaraan umum termudah untuk menuju ke TWM Park adalah dengan KRL Commuter Line. Pilih KRL tujuan Stasiun Bogor, setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek online atau taksi online. 

Opsi yang lain, Anda juga dapat menumpang angkot jurusan terminal Baranangsiang dari yang mangkal di Jalan Kapten Muslihat. Setelah itu turun di seberang terminal, tidak perlu masuk ke terminal. Dari sana, cari angkot jurusan Cisarua dan berhenti di gerbang utama Taman Wisata Matahari.

Anda juga bisa menumpang angkot jurusan Bubulak-Sukasari. Turun di Sukasari dilanjut dengan angkot jurusan Ciawi-Cisarua dan berhenti di depan gerbang TWM Park. 

3 dari 3 halaman

Wisata Taman Matahari: Wahana dan Fasilitas

Sebagai obyek wisata terpadu,  Wisata Taman Matahari dilengkapi dengan fasilitas yang relatif lebih lengkap dibanding dengan tempat wisata lain di kawasan Puncak, Bogor. Fasilitas yang tersedia di TWM Park mulai dari penginapan, tempat makan, lapangan, fasilitas umum dan fasilitas pendukung lainnya.

Penginapan

Terdapat tiga jenis model akomodasi di TWM Park, yaitu villa, hotel dan barak. Akomodasi model villa terdiri dari Villa Natural dan Villa Pulau Seribu. Sementara penginapan model hotel adalah Hotel Matahari dan Rumah Bambu. Sedangkan akomodasi model barak yaitu Villa Ciliwung dan Rumah Menado.

Tempat Makan

Pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas kuliner. TWM Park tersedia restoran Sunda Express dan juga kantin yang menjual berbagai menu andalan mereka di Food Court.

Lapangan

TWM Park sebagai taman rekreasi terpadu juga memiliki beberapa lapangan yang dapat dipergunakan untuk berbagai event atau kegiatan outbound, gathering dan lain-lain.

Fasilitas Pendukung Lain

Selain fasilitas penginapan, tempat makan, dan lapangan, TWM Park juga memiliki berbagai fasilitas umum seperti: ATM, Tempat Parkir, Toilet, Tempat Ibadah dan lain-lain TWM Park juga memiliki fasilitas pendukung mulai dari Aula, Saung, Gazebo, Taman bunga dan fasilitas pendukung lainnya. Para pengunjung dapat menyewa fasilitas tersebut dengan harga terjangkau.

Wahana

Selain fasilitas yang lengkap, dengan luas area sekitar 40 hektar, Taman Matahari memiliki sekitar 40 macam wahana permainan. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Wisata Taman Matahari terbagi menjadi empat wahana, yaitu Wahana Wisata Air, Wahana Permainan, Wahana Petualangan, dan Wahana Wisata Edukasi.

Wisata Air

Wahana wisata air menyediakan Waterpark, Waterplay, Waterball, Paddle Boat, Perahu Naga, Perahu Motor, Perahu Karet, Terapi Ikan dan lain-lain

Wahana Permainan

Di wahana permainan anak-anak bisa menikmati Fantasy Land, Dino Park, Citra Land dan wahana Trampolin Park dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Wisata Petualangan 

Di wahana petualangan pengunjung bisa bermain Flying Fox, Paint Ball, Motor ATV, Gocart dan lain-lain. Semuanya juga dapat dinikmati dengan harga sangat terjangkau.

Wahana Edukasi

Di wahana wisata edukasi terdapat wahana Agro Sawah, Agro Sayur, Wisata Pesawat Terbang, Outbound for Kids dan lain-lain.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS