Sukses

12 Wisata Alam Jawa Tengah Paling Populer, Punya Panorama Menakjubkan

Wisata alam Jawa Tengah ada beragam mulai dari pantai, air terjun, danau, telaga, hingga pegunungan dapat kamu nikmati.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam Jawa Tengah dapat dijadikan referensi untuk berlibur bersama keluarga maupun teman. Dengan menikmati panorama alam yang indah dan mempesona, akan cepat melepas penatmu.

Wisata alam Jawa Tengah ada beragam mulai dari pantai, air terjun, danau, telaga, hingga pegunungan dapat kamu nikmati. Semua tempat wisata alam Jawa Tengah menyuguhkan keindahan yang tak jauh berbeda dengan wisata luar negeri.

Tempat wisata alam Jawa Tengah menawarkan pemandangan yang memikat, menyejukkan, dan menenangkan hati serta pikiran. Jika kamu sedang berada di Jawa Tengah dan berencana untuk berlibur, wajib mengunjungi tempat wisata alam Jawa Tengah.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata alam Jawa Tengah paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Jawa Tengah Paling Populer berupa Pantai

1. Pantai Banyutowo, Wonogiri

Tempat wisata alam Jawa Tengah paling populer adalah Pantai Banyutowo. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya yang tidak asin. Hal ini karena Pantai Banyuwoto merupakan muara atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan air laut. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

2. Pantai Pulau Panjang, Jepara

Tempat wisata alam Jawa Tengah paling populer selanjutnya adalah Pantai Pulau Panjang. Pulau Panjang ini memiliki pasir pantai putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu naik kapal dari Pantai Kartini.

Di bagian tengah pulau adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang dengan perdu dan semak yang dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak.

3. Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa merupakan destinasi bahari terkenal di Jawa Tengah. Di sini terdapat Taman Nasional Karimunjawa yang merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa.

Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat di sini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Wisata alam Jawa Tengah ini menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Jawa Tengah Paling Populer berupa Pegunungan

4. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Wisata alam Jawa Tengah paling populer selanjutnya adalah Dataran Tinggi Dieng. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang sukses bikin berdecak kagum para wisatawan. Dieng Plateu merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Ada beberapa destinasi wisata di Dieng yang terkenal seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki legenda yang sangat menarik.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

5. Ketep Pass, Magelang

Ketep Pass merupakan wisata alam Jawa Tengah yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Ada lagi teropong lainnya, yang difungsikan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati. Lokasinya berada di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. 

6. Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu menjadi salah satu wisata alam Jawa Tengah paling populer para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo. Pemandangan alam di sini tentu tak perlu diragukan lagi.

Gunung Merbabu juga terkenal dengan padang sabana luas dan indah yang biasa dijadikan spot beristirahat para pengunjung. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Jawa Tengah Paling Populer berupa Air Terjun

7. Kawasan Wisata Baturaden, Banyumas

Dari area Baturaden kamu bisa melihat kota Purwokerto dan juga pantai-pantai yang berada di Cilacap. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung, karena ada pemandian air panas.

Tidak jauh dari situ, tepatnya di lereng gunung Slamet, ada tempat wisata alam Jawa Tengah yang namanya Wana Wisata Baturaden. Wisata alam Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang suka berkemah. Jarak tempat wisata ini dari Baturaden sekitar 2 kilometer saja. Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas ini menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejuk.

8. Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu

Air terjun Grojogan Sewu dinamakan dengan Grojogan Sewu karena jumlah anak tangga yang harus dilalui sejumlah 1000. Tempat wisata alam Jawa Tengah ini berlokasi di jalan raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar

Untuk tiket masuknya sekitar Rp25.000 saja. Di wisata ini juga dilengkapi dengan spot yang menarik seperti flying fox. Pesona keindahan air terjun ini tidak kalah indahnya dengan air terjun lainnya. Di sini juga dapat ditemukan kera-kera yang berkeliaran ke sana ke mari jadi kamu harus tetap berhati-hati.

9. Curug Sewu, Kendal

Tempat wisata alam Jawa Tengah yang berikutnya adalah Curug Sewu yang terletak di Kendal. Tempat wisata alam Jawa Tengah ini merupakan air terjun tingkat tiga yang tingginya mencapai 80 meter yang disebut-sebut sebagai Air Terjun Niagara mini.

10. Air Terjun Jumog, Karanganyar

Wisata alam Jawa Tengah berupa air terjun ini terletak di lereng kaki Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Air terjun Jumog, memiliki air yang sangat jernih dan segar, bahkan tak jarang ada wisatawan yang mengonsumsi air ini dengan meminumnya secara langsung. Selain berenang di arus sungai dan kolam air terjun, pengunjung juga bisa berenang di kolam buatan pengelola.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam Jawa Tengah Paling Populer berupa Danau dan Telaga

11. Telaga Sunyi, Purwokerto

Tempat wisata alam Jawa Tengah paling populer berikutnya adalah Telaga Sunyi. Beralamat di Limpakuwus, Sumbang, Banyumas lokasi wisata ini tak jauh dari wisata Baturaden. Tiket masuk sekitar Rp25.000 saja. Telaga ini memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter. Sesuai namanya, tempat ini masih sunyi karena jauh dari keramaian perkotaan. Mata air dari telaga sunyi ini dapat diminum langsung karena masih bersih, segar, dan belum tercemari polusi.

12. Rawa Pening, Semarang

Rawa Pening memiliki daya tarik sendiri karena rawa ini dikelilingi tiga gunung sekaligus, yaitu Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. Untuk memasuki wisata ini dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Hampir seluruh permukaan Rawa Pening tertutupi oleh eceng gondok. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Pantai ini berada di 4 Kabupaten Semarang, yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.