Sukses

Jadi Peminjam Buku Terlama, Koleksi Perpustakaan Ini Dikembalikan Setelah 84 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Meski tren meminjam buku di perpustakaan makin padam, namun sumber pengetahuan masih tersimpan baik di berbagai perpustakaan. Hingga kini pelayanan meminjam buku masih tersedia. Terlebih di tempat pusat pendidikan seperti sekolah hingga universitas. Selayaknya meminjam, buku koleksi perpustakaan harus segera dikembalikan sesuai jadwa.

Agar tidak terjadi seperti kisah yang belakangan jadi sorotan. Sebuah buku dikabarkan baru dikembalikan setelah 84 tahun lamanya. Hampir 1 abad, buku koleksi perpustakaan Komunitas Earlsdon Carnegie di Coventry, Inggris. Buku berjudul “Rusa Merah” karya Richard Jefferies itu dikembalikan seorang pria bernama Paddy Riordan. 

Namun, pria paruh baya itu pada dasarnya punya niat baik. Ia bukanlah si peminjam buku terlama. Melainkan sang kakek, telah meminjam buku itu setelah teregistrasi di tahun 1934 silam. 

“Inilah sesuatu yang tidak Anda lihat setiap hari... salinan Rusa Merah oleh Richard Jefferies telah dikembalikan kepada kami - hanya 84 tahun dan dua minggu terlambat! Paddy Riordan mengembalikan buku itu kepada kami,” tulis laman resmi Instagram @earlsdoncommunitylibrary.

Menariknya, niat baik Jefferies ini harus mendapat imbalan berupa denda keterlambatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kena Denda Selama 84 Tahun Keterlambatan

Melansir dari UPI, (31/10/2022), buku itu telah diperiksa 84 tahun sebelumnya oleh kakek Riordan, William Harrison. Riordan mengatakan kepada petugas perpustakaan bahwa dia menemukan buku itu di antara barang-barang milik ibunya yang baru saja meninggal.

Perpustakaan mengatakan Riordan memberikan sumbangan ke fasilitas sebesar Rp 300 ribu jumlah biaya keterlambatan buku akan terakumulasi pada tingkat yang digunakan pada tahun 1938. Mengesankannya, Riordan dengan sukarela mentaati peraturan denda keterlambatan atas peminjaman buku sang kakek.

“Dengan baik hati menyumbangkan denda yang dihitung dengan tarif 1 hari per minggu, dengan total £18,27 dalam uang hari ini,” lanjut dalam keterangannya. 

3 dari 3 halaman

Jadi Catatan Peminjam Buku Perpustakaan Terlama

Kejadian peminjaman buku oleh kakek Riordan ini menambah daftar peminjam buku terlama. Siapa sangka ada kejadian serupa yang mencuri perhatian tersendiri. Sebelumnya, melansir dari Metro UK, ada beberapa catatan peminjam buku terlama yang pernah diketahui. 

Seperti lelaki dari Amerika Serikat bernama James Phillips, meminjam buku 'Sejarah Perang Salib' sejak 1967 dari perpustakaan Universitas Dayton Ohio. Buku itu baru dikembalikan lagi ke kampus pekan lalu setelah nyaris setengah abad.

Ada juga seorang nenek di Selandia Baru didenda oleh perpustakaan sebesar 11,000 (setara Rp 212 juta) karena meminjam sebuah buku selama 67 tahun.

Seorang peminjam misterius baru mengembalikan sebuah buku yang telah disewanya di perpustakaan Navan, Irlandia selama 80 tahun. Ia diyakini mengembalikannya secara diam-diam melalui kotak surat yang ada di gedung perpustakaan akhir pekan lalu.

Buku tersebut telah dipinjam sejak tahun 1932. Jika aturan denda masih diberlakukan, maka seharusnya peminjam misterius itu dikenakan denda seharga 4.160 euro (Rp 65 juta) karena sudah terlambat selama 80 tahun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS