Sukses

20 Tempat Wisata di Papua yang Terkenal dengan Alam Menakjubkan, Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di papua terdiri dari alam yang memesona.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di papua bisa menjadi tujuan utama liburan kamu. Bagaimana tidak, pulau paling timur Indonesia ini memiliki beragam destinasi yang memanjakan mata. Keindahan alam Papua memang tiada duanya.

Papua menawarkan destinasi wisata alam yang lengkap, mulai dari pantai, alam bawah laut, hingga perbukitan. Salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Papua yaitu Raja Ampat, yang namanya sudah harum hampir di seluruh dunia.

Tempat wisata di papua terdiri dari alam yang memesona. Namun, wisata Papua juga menawarkan kearifan budaya lokal yang menarik bagi pengunjung karena keunikannya. Kamu tentunya akan menikmati ketenangan dan kenyamanan saat berlibur ke Papua.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022) tentang tempat wisata di Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Papua

Raja Ampat

Tempat wisata di Papua yang pertama dan paling populer tentunya adalah Raja Ampat. Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang sangat elok dengan keindahannya. Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati saat menyelam. Selama menyelam, kamu akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu laut.

Air Terjun Wafsarak

Air Terjun Wafsarak berada di Kota Biak Numfor, Papua Barat. Tempat wisata di Papua ini memiliki air berwarna biru kehijauan yang bersih dan jernih. Wisatawan bisa menyaksikan air yang jatuh dari tebing langsung mengalir di sungai yang ada di bawahnya. Dipadu dengan keindahan alam dan panorama di sekitar air terjun yang tenang, tempat ini dapat membuat kamu merasa nyaman.

Taman Nasional Lorentz

Kawasan ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas kawasan 2,4 Juta Hektar. TNL juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1999. Di Kawasan TNL juga terdapat operasi pertambangan berskala besar yang masih aktif. Di Asia Pasifik, TNL merupakan kawasan konservasi dengan ekosistem yang terluas dan terlengkap.

Keunikan dari tempat wisata di Papua ini adalah adanya gletser atau bongkahan salju di daerah tropis. Selain itu TN Lorentz merupakan kawasan yang jadi ruang hidup dari masyarakat Suku Dani, Suku Lani, Suku Yani, dan Suku Asmat.

Danau Paniai

Danau Paniai merupakan sebuah danau yang berada di distrik Paniai Timur. Tempat wisata di Papua ini terletak pada ketinggian 1.700 mdpl, sehingga udara di sekitar danau ini terasa sejuk. Luas Danau Paniai sekitar 14,500 hektar. Dengan pemandangan di sekelilingnya berupa pegunungan yang tinggi, Danau Paniai juga memiliki kekhasan pada air danaunya yang berwarna biru tua. Selain itu juga tampak jernih dengan ikan-ikan di dalamnya.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Papua

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Tempat wisata di Papua selanjutnya adalah Taman Nasional Teluk Cenderawasih, yang hampir seluruh wilayahnya berupa perairan. Maka enggak heran kalau Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka diving. Pasalnya, di sini terdapat beragam flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu, dan lumba-lumba ikut menemani kamu saat menyelam.

Tidak hanya menikmati keindahan alam bawah lautnya saja, di sini kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Kamu bisa ke Pulau Mioswaar, yang merupakan salah satu pulau yang memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang yang layak untuk dikunjungi. Tak hanya Pulau Mioswaar, ada juga Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi, dan pulau-pulau lainnya yang enggak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi.

Danau Sentani

Tempat wisata di Papua lainnya yaitu Danau Sentani. Merupakan danau terbesar yang ada di Papua, Danau Sentani menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Di kawasan ini, sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berenang, memancing, menyantap kuliner, hingga berkeliling danau dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan warga sekitarnya.

Pantai Bosnik

Keindahan alam Papua juga terletak pada pantainya. Salah satunya adalah Pantai Bosnik. Pantai ini terletak di Desa Woniki sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Biak. Tempat wisata di Papua ini menyuguhkan pemandangan indah dengan hamparan pasir putih yang luas, juga air laut berwarna biru jernih, keindahan bawah laut yang dipenuhi dengan koral-koral indah dan dilengkapi dengan deretan pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai dapat membuat pemandangan menjadi lebih menawan.

Desa Wisata Sauwandarek

Desa Wisata Sauwandarek adalah salah satu tempat wisata di Papua yang terkenal dengan keramahan penduduknya. Masyarakatnya juga dikenal terampil menganyam daun pandan laut membentuk topi, tas, yang akan dipasarkan dengan harga ekonomis. Selain itu, pengunjung bisa menikmati keindahan bawah lautnya, terumbu karang yang yang begitu indah serta bisa bermain langsung dengan anak-anak setempat. 

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Papua

Pulau Biak

Pulau Biak dan Pulau Numfor merupakan satu kesatuan yang membentuk kabupaten Biak. Pulau yang terletak di teluk Cenderawasih ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Di Biak Utara, kamu bisa mengunjungi Kampung Amoi yang terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Selain itu, ada juga Museum Cenderawasih yang memiliki banyak koleksi pada zaman Perang Dunia II. Saat ke sini, jangan lupa untuk mencoba makanan khas di daerah Biak, yaitu Singkong Marapen. Objek wisata di Biak lainnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Burung dan Taman Anggrek yang terletak di daerah Bosnik. Di sini kamu bisa melihat koleksi burung dan tanaman yang cukup beragam dan lengkap dengan informasinya.

Kampung Saporkren

Tempat wisata di Papua selanjutnya yang cukup populer berlokasi di barat Pulau Waigeo, di mana Kampung Saporkren dibangun dengan kawasan konservasi Cagar Alam. Tempat ini bersih dan airnya jernih, membuat pengunjung bisa berenang bebas hingga 100 meter dari bibir pantai. Pasir putih yang membentang sepanjang pantai menambah keindahan dan pesona pantai yang dikelola masyarakat setempat. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mengabadikan momen indahmu. 

Pantai Waisai Torang Cinta (WTC)

Pantai Waisai Torang Cinta adalah tempat wisata di Papua yang berbeda dari pantai pada umumnya, karena tempat ini menawarkan sensasi liburan secara elegan dengan berbagai fasilitas mewah. Terdapat juga banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi. Keindahan alam yang ada di sini masih begitu asri dan belum banyak diusik oleh tangan-tangan manusia. 

Pianemo

Pianemo adalah salah tempat wisata di Papua yang cukup populer, karena menyuguhkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Terdapat spot foto yang bisa kamu incar untuk membuat orang lain iri dengan hasil fotonya. Keindahan dari gugusan batu karang dan birunya laut di tempat wisata ini akan membuat pengunjung tak tahan untuk tidak memotretnya. Dari ketinggian Pianemo para wisatawan bisa menikmati keindahan Raja Ampat. 

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Papua

Lembah Baliem

Kalau kamu ingin mengenal lebih dekat bagaimana warga Papua, kamu bisa berkunjung ke Lembah Baliem. Tempat wisata di Papua ini merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali, dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Di sini kamu bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya. Pemandangan di sekitar Lembah Baliem menggambarkan peradaban pada zaman batu, dan kebanyakan tempat hanya bisa diakses dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Pantai Harlem

Selain Pantai Bosnik, Papua juga memiliki pantai yang sangat ekostis. Namanya Pantai Harlem, yang bisa ditemukan di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, tepatnya di Desa Tablanusu. Pantai ini disebut sebagai surga tersembunyi yang masih terjaga keasriannya di Papua. Selain letaknya yang lumayan tersembunyi, tempat wisata di Papua ini juga memiliki keindahan yang menawan dengan pasir putih yang membentang di sepanjang pesisir pantainya. Pantai Harlem juga memiliki perairan yang dangkal dan aman untuk berenang.

Teluk Toran

Tempat wisata di Papua yang satu ini tak kalah indahnya dengan Kepulauan Raja Ampat. Namanya Teluk Toran yang berlokasi di Fakfak, Papua Barat. Di teluk ini terdapat karst yang membentuk pulau dan dihiasi dengan anggrek Papua. Teluk Toran terletak di kaki Gunung Bay, distrik Karas. Untuk menuju ke sini harus menggunakan speed boat atau bisa juga longboat. Teluk Toran sangat menarik untuk dikunjungi karena ada banyak hal yang bisa dieksplor. Mulai dari wisata pantai, alam bawah laut, ekowisata anggrek Papua, memancing, ekowisata burung, hingga Gunung Bay.

Cape Kri

Pulau Kri adalah salah satu tempat wisata di Papua yang terkenal karena keasrian serta pemandangan yang memanjakan mata. Tempat ini cukup dekat dari Sorong juga Waisai. Tersedia juga banyak penginapan yang bisa kamu temui di sini untuk beristirahat. 

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Papua

Desa Sawinggrai

Desa sawinggrai juga merupakan tempat wisata di Papua, yang pengunjungnya bisa melihat dan langsung juga menyelam bersama ikan-ikan. Laut yang ada Desa Sawinggrai, sangat jernih, sehingga pengunjung bisa melihat langsung ribuan ikan yang ada di dalamnya. Di sini juga terkenal dengan habitatnya burung cendrawasih. 

Teluk Mayalibit

Teluk mayalibit adalah destinasi wisata yang ada di Papua Barat. Untuk mengakses ke lokasi ini, pengunjung harus menyewa sebuah perahu untuk bisa menelusuri Mayalibit. Untuk menyewa satu perahu bisa menampung 10-12 orang.

Star Lagoon

Star Lagoon adalah salah satu tempat wisata di Papua yang populer, di mana terdapat sebuah laguna yang berbentuk bintang. Untuk melihat pesona ini, kamu harus mendaki bukit terlebih dahulu, sehingga bentuk bintang akan jelas terlihat dari atas. Tempat wisata ini juga menyuguhkan pemandangan bawah air yang cukup menakjubkan. Karena keindahan bentuk dan juga pemandangan yang ditawarkan, membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama menikmati pesona wisata yang ada di sini. 

Taman Nasional Wasur

Taman Nasional Wasur (TNW) merupakan taman nasional yang sering disebut dengan serengetinya Papua. Adapun luas dari TNW ini sekitar 413.810 hektare, dan merupakan lahan basah yang terluas di Indonesia. Di dalam TNW, terdapat tempat persinggahan bagi satwa migrasi, dan masuk ke dalam situs Ramsar. TNW juga adalah taman nasional yang memiliki dua kawasan koservasi. Pertama adalah kawasan Suaka Marga Satwa Wasur. Kawasan ini berfungsi sebagai tempat perlindungan satwa. Kedua adalah cagar alam Rawa Biru yang berfungsi sebagai sumber air minum bagi masyarakat setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.