Sukses

Cara Daftar ShopeeFood sebagai Merchant dan Driver, Perhatikan Persyaratannya

Cara daftar ShopeeFood sebagai merchant atau pedagang dan driver tidak sulit.

Liputan6.com, Jakarta Cara daftar ShopeeFood tentu perlu dipahami oleh merchant atau pedagang dan driver. ShopeeFood menjadi salahs satu layanan yang sangat membantu kamu saat sedang malas keluar membeli makanan. Dengan ShopeeFood, hanya dengan memesan melalui ponsel, kamu bisa makan tanpa keluar rumah.

ShopeeFood adalah fitur terbaru dari aplikasi Shopee yang menawarkan layanan pesan antar Makanan sesuai dengan permintaan Pengguna. Kamu dapat  menemukan ShopeeFood pada halaman utama di aplikasi Shopee dengan memilih ikon ShopeeFood.

Cara daftar ShopeeFood sebagai merchant atau pedagang dan driver tidak sulit. Kamu tinggal menyiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan saja, kemudian mengikuti langkah-langkahnya yang mudah melalui ponsel.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022) tentang cara daftar ShopeeFood.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persyaratan yang Perlu Dipenuhi

Sebelum mengetahui cara daftar ShopeeFood, kamu tentu perlu mengenali persyaratannya. Oleh karena itu, pastikan kamu mendaftarkan usaha sesuai dengan tipe usaha sebagai berikut:

- Usaha milik pribadi atau usaha yang dimiliki secara perseorangan dan belum pernah didaftarkan sebelumnya di ShopeePay/ShopeeFood.

- Usaha milik perusahaan atau usaha yang tidak dimiliki secara perseorangan dan sudah berbadan hukum terpisah (seperti, tapi tidak terbatas pada PT, CV atau Yayasan), maka usaha ini termasuk dalam kategori Mitra Usaha ShopeePay/ShopeeFood Perusahaan.

Kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun saat melakukan pendaftaran sebagai Merchant ShopeePay dan ShopeeFood. Berikut persyaratan yang perlu dilengkapi sebelum lanjut cara daftar ShopeeFood:

Syarat daftar ShopeeFood bagi individual atau usaha belum terdaftar badan hukum:

- Kartu identitas berupa KTP atau KITAS.

- NPWPD.

- SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak)

- Foto buku tabungan pribadi.

Syarat daftar ShopeeFood untuk pelaku bisnis yang terdaftar di badan hukum:

- Kartu identitas berupa KTP atau KITAS.

- NPWP.

- SIUP/TDUP.

- TDP/NB.

- Akta pendirian usaha.

- Surat keterangan domisili.

- Foto buku tabungan aktif

3 dari 4 halaman

Cara Daftar ShopeeFood untuk Merchant

Cara daftar ShopeeFood dilakukan dengan aplikasi Shopee Partner yang bisa kamu download di App Store atau Google Play Store. Setiap tipe usaha memiliki perbedaan dalam syarat pendaftaran dan dokumen yang diperlukan. Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan cara daftar ShopeeFood sesuai dengan tipe usaha. Cara daftar ShopeeFood sebagai merchat yaitu sebagai berikut:

1. Unduh aplikasi Shopee Partner di smartphone kamu.

2. Lakukan pendaftaran akun baru dengan klik “Sign Up”.

3. Pilih pendaftaran yang sesuai dengan bisnis kamu. Formulir pendaftaran ini diperuntukkan bagi bisnis perseorangan dan bisnis yang telah terdaftar sebagai PT/CV.

3. Jenis usaha perseorangan dapat memulai aktivasi dengan memilih "Mulai Aktivasi", lalu pilih tipe bisnis yang ingin kamu daftarkan.

4. Lengkapi data usaha sesuai tipe usaha yang dipilih, dan isi data pemilik atau pengguna sesuai dengan data pemilik (bukan kasir dan karyawan), lalu klik Kirim. 5. Kamu akan diminta mengunggah foto KTP dan verifikasi wajah dengan menempatkan wajah pada area foto.

6. Isi kolom nomor handphone, alamat e-mail, kategori merchant, dan rata-rata pendapatan tahunan. Klik Lanjutkan.

7. Akan muncul halaman Informasi Toko. Isi seluruh data mengenai toko dengan benar, termasuk melampirkan foto tempat usaha.

8. Setelah itu, akan muncul halaman Informasi Rekening Bank dengan mengisi nama bank, nomor rekening, nama pemegang rekening, dan alamat e-mail. Konfirmasi bahwa informasi telah benar.

9. Muncul halaman Pilih Layanan, dan centang kolom ShopeeFood.

10. Terakhir, lakukan verifikasi akun untuk mulai berjualan online. Proses verifikasi membutuhkan waktu 14 hari kerja. Kamu dapat mengecek perkembangan pendaftaran secara berkala melalui aplikasi Shopee Partner atau alamat e-mail.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar ShopeeFood untuk Driver

Cara daftar ShopeeFood sebagai driver yaitu sebagai berikut:

1. KTP dengan ketentuan: berstatus aktif, kewarganegaraan WNI, dan berusia 17-65 tahun pada saat pendaftaran.

2. Harus memiliki SIM C dengan status aktif.

3. Motor yang dimiliki harus STNK dengan tahun pembuatan kendaraan minimal tahun 2013.

4. SKCK (dapat menyusul jika belum ada).

5. Buku tabungan bank dengan ketentuan salah satu pemilik dari rekening Bank BNI, BRI, BCA, atau Mandiri.

6. Nama pemilik rekening harus sesuai dengan KTP yang terdaftar.

7. Alamat email aktif dan nomor handphone yang aktif.

8. Cara daftar ShopeeFood sebagai driver terbagi menjadi 3 bagian sesuai daerah tempat tinggal kamu. Untuk itu, pilih form yang sesuai dengan tempat tinggal kamu berikut ini:

- Jakarta: bit.ly/PendaftaranMitraDriverShopeeFood

- Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi): bit.ly/DaftarMitraDriverShopeeBodetabek

- Luar Jabodetabek: bit.ly/DaftarMitraDriverShopeeFoodIndonesia

Isi formulir sesuai dengan data yang kamu miliki. Jika sudah dikirim, tunggu konfirmasi dari tim ShopeeFood paling lambat 1 bulan setelah pengisian formulir. Konfirmasi akan dilakukan melalui WhatsApp atau email yang kamu daftarkan. Jika kamu tidak dapat hadir di waktu yang sudah dijadwalkan, silakan menunggu undangan berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.