Sukses

21 Cara Merawat Kuku Agar Kuat dan Sehat, Tetap Bersih dan Cantik

Kuku yang sehat dan kuat merupakan impian banyak orang karena kuku yang sehat juga mengindikasikan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Kuku yang tampak cantik, sehat dan kuat adalah impian banyak orang orang. Tak heran, cara merawat kuku juga banyak dicari terutama oleh kaum Hawa.

Tidak ada orang yang tidak ingin memiliki kuku yang sedap dipandang. Selain itu, memiliki kuku yang sehat dan kuat juga menjadi tanda memiliki kesehatan yang baik.

Dilansir dari Medical News Today, kondisi kuku yang lemah, lunak atau rapuh dapat mengindikasikan tubuh memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti salah satunya psoriasis. Akan tetapi, seringkali orang-orang justru memiliki kuku yang tidak sesehat dan tidak sekuat yang diinginkan.

Apakah mungkin mengubah hal tersebut? Jawabannya adalah sangat mungkin. Tidak sedikit cara merawat kuku yang bisa Anda terapkan untuk membuat kuku Anda kuat dan sehat. Ini berkaitan dengan gaya hidup yang Anda lakukan.

Menggunakan produk tertentu untuk kuku secara berlebihan, asupan nutrisi yang tidak cukup serta berbagai gaya hidup lainnya mungkin menjadi sebab kuku Anda tidak sehat dan kuat. Oleh karena itu, cara merawat kuku yang pertama dimulai dari mengubah gaya hidup yang tidak sehat yang mungkin berakibat pada kesehatan kuku Anda.

Penting bagi kita semua menjaga kesehatan kuku karena cara merawat kuku mungkin secara langsung berpengaruh terhadap kesehatan dan kekuatan secara keseluruhan. Berikut Liputan6.com rangkum dari Healthline dan berbagai sumber tentang cara merawat kuku agar tetap sehat dan kuat, pada Selasa (18/10/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat

1. Mengkonsumsi Biotin

Cara merawat kuku yang pertama adalah dengan mengkonsumsi Biotin. Biotin atau yang juga disebut dengan vitamin H dan vitamin B7 merupakan vitamin yang dapat membantu menguatkan kuku dan rambut. Selain itu, biotin juga membantu saraf tubuh kita dapat berfungsi dengan baik. Anda bisa mendapatkan biotin secara alami dengan mengkonsumsi beberapa makanan, seperti kacang-kacangan, salmon, telur, sarden. Atau Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen biotin dengan syarat mengkonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter atau profesional.

2. Hindari Paparan Air yang Berlebihan serta Menjaga Kuku Tetap Kering

Cara merawat kuku yang selanjutnya adalah meminimalkan paparan air terhadap kuku Anda. Terlalu lama berendam dalam air atau terlalu banyak paparan air pada kuku dapat menyebabkan kuku lemah dan rapuh dan nantinya membuat kuku menjadi mudah patah. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sarung tangan saat mencuci piring atau menjauhkan tangan saat mandi sebisa mungkin.

3. Menjaga Kuku agar Tetap Terhidrasi

Meminum air dalam jumlah yang cukup penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kuku. Jika tubuh Anda tidak menerima asupan air yang cukup, kuku Anda bisa menjadi rapuh dan mudah terkelupas. Oleh karena itu, cara merawat kuku agar tetap kuat dan lembab juga termasuk dengan meminum air yang cukup.

4. Memiliki Pola Makan yang Baik

Kekurangan vitamin dan mineral akan berpengaruh buruk kepada tubuh secara keseluruhan, termasuk kuku Anda. Oleh karena itu, cara untuk merawat kuku agar tetap sehat dan kuat juga terkait dengan pola makan Anda. Anda harus memakan makanan yang pada nutrisi, bervariasi dan mengkonsumsi multivitamin dengan mineral. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen multivitamin, tetapi dengan berbicara terlebih dahulu kepada dokter atau profesional lainnya.

5. Memperhatikan Penggunaan Produk Penghapus Cat Kuku

Tidak semua perawatan kuku aman digunakan. Banyak perawatan kuku yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak kuku, salah satunya adalah aseton. Oleh karena itu, gunakanlah penghapus cat kuku yang tidak mengandung aseton sebagai bagian dari cara merawat kuku agar tetap sehat dan kuat.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat

6. Hindari Penggunaan Hand Sanitizer dan Pembersih Tangan Lainnya yang Berlebihan

Kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat menyebabkan tangan serta kuku Anda dehidrasi. Menggunakan hand sanitizer begitu sering juga dapat menyebabkan luku lemah serta mudah patah. Gunakanlah dalam jumlah sedikit atau sedang.

7. Gunakan Sarung Tangan saat Menggunakan Produk Pembersih

Jika Anda sedang membersihkan rumah dengan produk pembersih atau tisu pembersih juga lebih baik gunakan sarung tangan, seperti sarung tangan karet karena mereka tidak jarang mengandung bahan kimia yang dapat merapuhkan kuku.

8. Hindari Penggunaan Sampo yang Membuat Kuku Kering

Jenis sampo untuk rambut berminyak mungkin akan membuat kuku Anda kering dan rapuh. Oleh karena itu, Anda dapat mengganti sampo Anda dan lihat beberapa waktu atau minggu untuk melihat perbedaannya.

9. Hindari Penggunaan Gel atau Cat Kuku Akrilik

Penggunaan gel atau cat kuku akrilik secara terus menerus juga dapat menyebabkan kuku mengelupas. Sinar UV yang biasa digunakan untuk mengeringkan cat juga berkaitan dengan kanker kulit dan penuaan dini. Jika memang sangat diperlukan, Skin Cancer Foundation menyarankan untuk mengoleskan tabir surya 20 menit sebelum tangan Anda terpapar UV. Akan tetapi pilihan terbaik dalam cara merawat kuku yang satu ini adalah dengan mengurangi bahkan tidak menggunakan cat atau gel kuku akrilik sama sekali akan membantu kuku Anda sehat dan kuat.

10. Membiarkan Kuku Beristirahat dari Cat

Meskipun menggunakan cat kuku akan selalu membuat kuku Anda tampak cantik, tetapi penting untuk membiarkan kuku Anda bernapas sejenak. Menggunakan cat bahkan cat kuku yang nontoksik sekalipun secara terus menerus akan melemahkan kuku. Setelah menggunakan cat kuku selama seminggu, lalu hapus dengan penghapus yang bebas aseton dan biarkan kuku tanpa cat selama seminggu.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat

11. Membuat Kuku Tetap Pendek

Memiliki kuku panjang sering menyulitkan, seperti menjadi lebih mudah patah, retak dan tersangkut pada benda-benda di sekitarnya. Sedangkan kuku yang lebih pendek cenderung lebih kuat karena tidak mudah terkelupas dan retak. Kuku yang pendek juga mungkin lebih sedikit patogen atau kotoran yang menumpuk di bawahnya, daripada kuku yang lebih panjang. Adapaun cara memotong kuku yang disarankan oleh American Academy of Dermatology Association (AAD), yaitu dengan memotong kuku lurus melintang. Anda dapat menggunakan gunting kuku untuk membulatkan kuku sedikit di ujungnya. Cara merawat kuku ini sangat sederhana, tetapi tidak sedikit orang yang terlalu malas memotong kuku dan akhirnya membuatnya lebih panjang dan tidak terawat.

12. Tidak Menggunakan Kuku untuk Melakukan Hal-Hal Berat

Tugas kuku adalah untuk melindungi bagian yang lebih rentan dan lemah di bawahnya, bukan untuk melakukan tugas-tugas berat pilihan Anda. Jika Anda suka memanfaatkan kuku Anda untuk membuka kaleng minuman bersoda atau mencabut klip kertas lebih baik mengurangi atau menghentikannya. Menggunakan kuku Anda untuk kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat kuku Anda rusak dan lemah.

Mengibaskan kuku Anda maju mundur seperti gergaji juga dapat melemahkan kuku Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda menggosoknya dalam satu arah.

13. Menggunakan Lotion Atau Pelembab

Mengaplikasikan pelembab atau lotion pada tangan dan kuku Anda akan menjaga kuku tetap terhidrasi. Anda dapat menggunakan pelembab setelah mencuci tangan atau menghilangkan cat kuku untuk mengembalikan kelembaban kuku.

14. Mengkonsumsi Protein dalam Jumlah yang Cukup

Cara merawat kuku yang selanjutnya adalah dengan memberikan asupan protein yang cukup untuk tubuh Anda. Hal ini karena protein sangat penting dalam kesehatan kuku. Kuku seseorang tidak akan tumbuh sekuat itu tanpa protein yang cukup. Anda dapat menjaga asupan protein Anda dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur dan kacang-kacangan.

15. Memeriksa Obat-Obatan yang Dikonsumsi

Beberapa obat-obatan tertentu, seperti diuretik dapat membuat kuku dehidrasi. Jika ini terjadi, maka Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter Anda tentang kemungkinan mengubah obat untuk menghindari efek samping tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat

16. Hindari Menggigit Kuku atau Melepas Kutikula

Kebiasaan menggigit kuku dan atau melepaskan kutikula bukanlah kebiasaan yang baik bagi kuku Anda. Kebiasaan yang satu ini sangat mungkin merusak kuku Anda. Bahkan luka kecil di samping kuku juga dapat membuat jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi masuk. Jadi, lebih baik bagi Anda untuk menghindari menggigit kuku atau melepas kutikula Anda.

17. Merendam Kuku Kaki yang Sulit Dipotong

Jika kuku kaki Anda tebal dan sulit dipotong, maka Anda dapat mencoba cara dengan merendamnya dalam air hangat. Jangan terlalu memaksa memotong kuku yang tebal dan sulit tersebut. Anda dapat memilih opsi untuk merendamnya terlebih dahulu pada campuran satu sendok the garam per liter air selama lima hingga sepuluh menit.

18. Hindari “Menggali” Kuku Kaki yang Tumbuh ke Dalam

Tidak jarang ditemui kondisi kuku kaki yang mungkin tumbuh ke dalam dan membuat tidak nyaman. Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk menggali kuku kaki yang tumbuh ke dalam, terutama jika mereka terinfeksi atau sakit. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka lebih baik bagi Anda untuk menemui dokter daripada merusak kuku Anda sendiri.

19. Menggunakan Sepatu yang Pas

Untuk menjaga kuku tetap sehat, Anda juga perlu mengenakan sepatu yang pas dan tidak akan merugikan kuku Anda. Selain itu, AAD juga menyarankan untuk mengganti sepatu yang digunakan setiap harinya.

20. Menggunakan Sandal Jepit di Kolam Renang atau Kamar Mandi Umum

Lebih lanjut AAD juga menyarankan untuk menggunakan sandal jepit di kolam renang dan kamar mandi umum sebagai bagian dari cara membuat kuku tetap sehat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi yang disebabkan oleh jamur yang dapat masuk ke kuku kaki Anda.

21. Berbicara dengan Dokter

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk membuat kuku sehat dan kuat, tetapi tidak ada perubahan dan mungkin malah kuku Anda menjadi semakin parah, maka Anda perlu datang ke dokter. Dokter mungkin akan menyarankan perawatan atau meresepkan sesuatu yang bisa mengatasi kondisi kuku Anda.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.