Sukses

7 Cara Sederhana Merawat Kuku agar Sehat dan Berkilau

Liputan6.com, Jakarta - Tak berbeda dengan bagian tubuh yang lain, kuku juga sangat penting untuk dirawat. Kuku perlu dirawat dengan baik agar bersih, sehat, dan berkilau. 

Cara merawat kuku tangan dan kaki dengan baik merupakan hal yang wajib diketahui agar kuku tetap sehat. Tidak selalu perlu perawatan ke salon, Anda juga bisa melakukannya di rumah.

Selama ini, kebanyakan oraang hanya mengandalkan gunting kuku untuk merawatnya. Padahal, ada beberapa cara sederhana lain yang bisa dilakukan, seperti dilansir dari laman Everydayhealth, Selasa, 2 Maret 2021.

1. Meminum Vitamin Biotin

Selama mengonsumsi makan yang sehat dan beragam, Anda tidak perlu suplemen makanan apa pun untuk menjamin kuku yang kuat. Namun, tak semua orang patuh atau mampu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kuku untuk menjadi sehat.

Maka, menurut Dr. Kleinsmith, orang yang memiliki kuku yang rapuh bisa mengonsumsi biotin sebagai suplemen. Biotin telah terbukti membantu memperkuat dan menumbuhkan kuku.

2. Pilih Cat Kuku yang Aman

Cara lain adalah menggunakan cat kuku yang aman. Meskipun Anda mungkin mengoleskan cat kuku secara berkala, tak akan berpengaruh pada kuku.

Cat kuku merupakan bagian dari perawatan manikur yang bisa dilakukan di rumah. Ketika sudah bosan menggunakan cat kuku, pastikan memilih penghapus cat kuku bebas aseton sebelum mengecat kuku dengan warna baru.

2 dari 5 halaman

3. Pelembab Khusus Kuku

Kuku yang kering menyebabkan mudah rusak dan berdarah. Maka, sering-sering lah untuk melembabkan kuku menggunakan pelembab khusus. Hal ini sebagai bagian dari perawatan kuku rutin.

4. Jaga Kuku Tetap Rapi

Tren fesyen saat ini memiliki kuku yang rapi, terlihat alami, dan pendek. Memotong kuku secara teratur membantu menjaga kesehatan kuku dan menghindari cedera patah kuku. Setelahnya, Anda disarankan untuk menggosok dan menghaluskan tepi kuku dengan lembut menggunakan alat kikir.

5. Bersihkan Kotoran Kuku

Banyak orang berisiko terinfeksi kuman penyebab kuku kotor. Cara mengatasinya adalah dengan pembersihan rutin kuku menggunakan alat khusus. Anda bisa melakukannya di rumah dengan hati-hati agar tidak cedera. Perawatan kuku semacam ini untuk menghindari infeksi bakteri atau jamur.

3 dari 5 halaman

6. Manikur Sederhana

Lakukan perawatan manikur sederhana untuk menjaga kesehatan kuku. Anda bisa manikur bersama keluarga di rumah dengan alat manikur khusus kuku. Perawatan manikur di rumah bisa menghemat uang, ketimbang untuk pergi ke salon yang membutuhkan biaya besar.

7. Pergi ke Dokter Spesialis

Apabila terjadi cedera atau patah kuku sebaiknya pergi ke dokter spesialis untuk berkonsultasi. Masalah yang biasa dihadapi ialah infeksi, berjamur, dan bengkak. Anda bisa menanyakan kepada dokter untuk perawatan kuku yang diperlukan agar kuku sehat dan berkilau. (Muhammad Thoifur)

4 dari 5 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: