Sukses

8 Wisata Ujung Kulon Paling Populer, Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Ujung Kulon merupakan salah satu destinasi yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Ada banyak destinasi wisata seperti pantai, pulau, sungai dan juga penangkaran satwa.

Salah satunya adalah destinasi yang terletak di kawasan wisata Ujung Kulon, Banten. Tempat wisata ujung kulon memiliki sejumlah atraksi dan aktivitas lengkap, yang dapat menghibur para wisatawan yang mengunjunginya.

Tempat wisata Ujung Kulon merupakan Kawasan Taman Nasional yang terletak di ujung barat pulau Jawa. Disini selain keindahan alamnya, wisatawan juga bisa mengunjungi badak Jawa yang sangat terkenal dan terancam punah.

Untuk referensi bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Ujung Kulon, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022). Rekomendasi tempat wisata Ujung Kulon yang wajib dikunjungi selama berkunjung ke Ujung Kulon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Ujung Kulon Paling Populer

1. Pulau Peucang

Tempat wisata Ujung Kulon yang pertama adalah pulau Peucang. Disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai cantik yang sayang untuk dilewatkan. Pulau yang terletak di Ujung Kulon, Banten ini menyuguhkan panorama yang sangat memanjakan mata.

Terdapat banyak paket trip yang ditawarkan untuk dapat berkemah di pantai peucang. Rata-rata paket pulau peucang adalah sekitar Rp 750.000 per orang. Anda mendapatkan fasilitas berupa penginapan untuk bermalam, makan 5 kali sehari, barbeque, air mineral, fasilitas snorkeling, dan foto dokumentasi.

 

2. Pulau Badul

Pulau ini juga masih termasuk dalam wilayah yang sama dengan pulau peucang. Pulau ini memiliki ukuran yang sangat mini. Saat berada di sini, pengunjung akan merasakan sensasi memiliki pulau pribadi. Sensasi ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Untuk menuju pulau ini anda harus menyewa speedboat. Setelah mendekati pulau ini anda harus menghentikan speedboat karena pulau ini dipenuhi dengan terumbu karang, Selanjutnya, setidaknya anda harus berenang sekitar 25 meter untuk sampai ke pulau badul.

3 dari 5 halaman

Wisata Ujung Kulon Paling Populer

3. Pulau Oar

Pulau Oar merupakan salah satu pulau yang masih memiliki keasliannya. Tidak ada tangan manusia yang menyentuh pulau itu. Jika anda berkunjung ke pulau ini, dijamin anda tidak akan kecewa karena pemandangannya benar-benar akan membuat anda betah.

Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, bahwa untuk mencapai pulau tersebut kita harus masuk ke Desa Sumur dan menyewa perahu nelayan lokal. Yang perlu disediakan untuk perjalanan perahu adalah sekitar Rp 200.000. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan biaya tambahan untuk snorkeling setidaknya Rp 500.000.

 

4. Pantai Daplangu

Pantai Daplangu menjadi destinasi wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini dekat dengan pintu masuk menuju perjalanan wisata Ujung Kulon, tepatnya di Desa Sumur. Untuk mencapai pantai ini anda tidak perlu menyewa perahu karena lokasinya sangat dekat.

Ada sebuah villa di dekatnya, yaitu Villa Sarang Badak. Untuk kenyamanan anda, anda bisa menyewa untuk menginap di villa tersebut. Jangan khawatir karena harganya yang murah dan terjangkau untuk kamu backpacker. Untuk mencapai tujuan kita di pantai Daplangu hanya perlu berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

4 dari 5 halaman

Wisata Ujung Kulon Paling Populer

5. Sungai Cigenter

Wisata Ujung Kulon yang selanjutnya adalah sungai cigenter. Menggunakan sampan di sungai Cigenter bisa menjadi pilihan utama bagi anda yang menyukai wisata yang memacu adrenalin. Untuk menuju kesana anda perlu memasuki sebuah desa bernama Desa Paniis di Kabupaten Pandeglang.

Untuk mencapai sungai cigenter anda harus menyewa perahu lokal dengan harga Rp 1.500.000 untuk pulang pergi. Yang mana perahu ini dapat ditumpangi oleh 20 penumpang. Setelah perjalanan perahu, anda harus menyewa sampan untuk menjelajahi sungai cigenter.

Anda bisa merasakan sensasi berpetualang melintasi sungai seperti di hutan Amazon. Selama perjalanan anda sepanjang kurang lebih 12 mil, anda akan menjumpai ular di pepohonan di sepanjang sungai, bahkan akan ada beberapa hewan liar lainnya seperti buaya dan kijang.

 

6. Padang Cidaon

Wisata ujung kulon yang selanjutnya adalah Padang Savana Cidaon. Di kawasan sabana yang luasnya kurang lebih 4 hektar ini anda akan disuguhi pemandangan flora dan fauna satwa liar. Di sini anda akan dapat melihat beberapa fauna seperti sapi, kerbau dan burung merak

Tidak ketinggalan, badak bercula satu, spesies badak asli Jawa yang merupakan spesies yang tergolong sangat langka, juga salah satu hewan yang masuk dalam daftar satwa yang dilindungi di Taman Wisata Ujung Kulon.

5 dari 5 halaman

Wisata Ujung Kulon Paling Populer

7. Kepulauan Handeuleum

Kepulauan Handeuleum menjadi wisata Ujung Kulon yang wajib dikunjungi selanjutnya. Pulau-pulau ini terdiri dari tiga pulau, yaitu Handeleum Besar, Handeleum Tengah, dan Handeleum Kecil. Ketiga pulau ini memiliki ekosistem yang berbeda.

Salah satunya adalah hutan mangrove yang menjadi rumah bagi beberapa jenis burung dan reptil. Ada juga beberapa sungai yang bisa anda jelajahi, seperti Sungai Cigenter. Beberapa wisatawan datang ke sini untuk berkano di sepanjang sungai ini dan menikmati pemandangan alam.

 

8. Pulau Umang

Tempat wisata Ujung Kulon yang terakhir adalah pulau umang. Pulau dengan pasir putih yang bersih dan halus ini dilengkapi dengan air lautnya yang bening seperti kristal. Terletak di sebelah pulau Oar, anda dapat mengunjungi kedua pulau ini bergantian untuk menikmati liburan yang menyenangkan.

Ombak di pulau ini relative tenang, sehingga aman untuk dijadikan tempat berenang dan menyelam. Pulau umang cocok untuk dikunjungi bagi anda yang lelah dengan hiruk pikuk keramaian kota. Keindahan pulang umang juga dapat memberikan ketenangan pikiran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS