Sukses

22 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Ampuh Hasil Permanen

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan ketombe secara alami mungkin tidak akan memberikan hasil dengan cepat. Namun cara menghilangkan ketombe secara alami jelas tidak memiliki risiko yang membuat rambut rusak atau ketombe kembali lagi jika perawatan dihentikan.

Ketombe memang masalah yang umum pada kulit kepala. Bahkan hampir semua orang mengalami hal ini. Keramas teratur biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah ketombe. Hanya saja, ada beberapa orang yang memiliki masalah ketombe yang begitu parah sehingga sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri.

Sementara itu, banyak produk di pasaran yang menjanjikan dapat, menghilangkan ketombe dengan cepat. Namun, setiap kali perawatan dengan produk tersebut dihentikan, ketombe akan datang lagi. Oleh karena itu, wajar jika banyak orang mulai melirik cara menghilangkan ketombe secara alami.

Meski cara menghilangkan ketombe secara alami tidak menunjukkan hasil yang cepat, cara ini tidak menimbulkan risiko kerusakan rambut. Bahkan jika perawatan dihentikan, masalah ketombe tidak akan datang lagi.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu acetogenin. Kandungan acetogenin pada daun sirsak merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di mana berfungsi untuk membunuh racun yang ada dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat). ATP tersebut merupakan energi yang dibutuhkan sel kanker agar dapat berkembang.

Dengan adanya acetogenin yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menempel di area reseptor dinding sel kemudian merusak ATP yang berada di dinding mitokondria. Tapi selain bagi kesehatan tubuh bagian dalam, daun sirsak juga ampuh membasmi parasit dan jamur. Jadi tidak heran apabila daun sirsak ampuh jika digunakan menghambat serta membasmi kutu dan ketombe. Cara penggunaannya cukup mudah, berikut tahapannya:

a. Siapkan beberapa lembar daun sirsak.

b. Tumbuk hingga halus.

c. Tambahkan air sedikit.

d. Oles merata di seluruh bagian rambut.

e. Diamkan 30 menit.

f. Bilas menggunakan air bersih.

2. Minyak Zaitun

Selain jenis minyak kemiri, cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun ternyata cukup ampuh dan efektif menghilangkan ketombe yang sudah cukup membandel. Cara menghilangkan ketombe membandel dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut:

a. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala hingga merata.

b. Pijat ringan seluruh area kulit kepala supaya minyak zaitun meresap.

c. Kemudian diamkan selama 30 menit.

d. Bilas bersih menggunakan air hangat.

3. Cuka

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika cuka bisa menjadi cara menghilangkan ketombe membandel yang efektif, mengingat cuka biasanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Cara menghilangkan ketombe membandel dengan cuka terbilang mudah, namun jangan menggunakan cuka terlalu banyak. Berikut ini cara menghilangkan ketombe membandel dengan cuka:

a. Siapkan 1 sdt cuka.

b. Oles secara merata ke seluruh kulit kepala.

c. Diamkan dahulu selama beberapa saat.

d. Bilas menggunakan air hingga bersih.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

4. Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya dengan menggunakan baking soda. Cara ini sangat aman dan efektif. Di bawah ini langkah mudah penggunaannya:

a. Siapkan 1/2 sdt baking soda.

b. Larutkan dengan air hingga kental.

c. Oleskan merata pada kulit kepala.

d. Biarkan beberapa saat.

e. Bilas dengan air bersih.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat kaya kandungan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, asam sitrat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Dengan berbagai nutrisi tersebut jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan membantu menebalkan rambut agar terhindar dari kebotakan. Selain menjaga kondisi rambut agar selalu sehat dan lebat, penggunaan jeruk nipis pada kulit kepala secara teratur juga berguna untuk menghilangkan ketombe. Berikut ini cara menghilangkan ketombe membandel dengan jeruk nipis:

a. Peras jeruk nipis.

b. Campur air jeruk nipis dengan air bersih secukupnya.

c. Oleskan rata pada rambut.

d. Diamkan sebentar hingga meresap di kulit kepala.

e. Bilas menggunakan air bersih.

6. Minyak Kemiri

Selain digunakan sebagai penyubur rambut, minyak kemiri dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel. Berikut langkah-langkah mudahnya:

a. Aplikasikan minyak kemiri sebelum keramas.

b. Diamkan selama 30 menit.

c. Bilas hingga bersih.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal akan manfaatnya bagi rambut. Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Selain terkenal ampuh membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe membandel dengan alami. Berikut ini tahapannya:

a. Haluskan daging lidah buaya.

b. Oleskan merata pada permukaan kulit kepala.

c. Pijit lembut kulit kepala.

d. Diamkan 30 menit.

e. Bilas hingga bersih.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

8. Minyak kelapa

Efek pelembap dari minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kering secara bersamaan. Minyak kelapa menembus ke bawah epidermis dan bertindak sebagai penghalang untuk membantu melindungi dari kekeringan dan peradangan lebih lanjut. Cukup mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan sisir ke seluruh rambut. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan minyak meresap ke rambut dan kulit, lalu bilas hingga bersih.

9. Minyak argan

Minyak argan memiliki sifat anti jamur yang membantu dalam cara menghilangkan ketombe yang disebabkan oleh jamur. Minyak argan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kulit kepala seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. Minyak argan bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala, dicampur ke dalam masker rambut, sampo, atau kondisioner.

10. Minyak peppermint

Minyak peppermint efektif untuk membantu mengatasi masalah kulit kepala yang kering dan gatal. Sifat antiseptik dan anti-inflamasi membantu mengatasi ketombe. Efeknya yang mendinginkan kulit bisa menenangkan rasa gatal di kepala. Minyak peppermint bisa diaplikasikan bersama minyak kelapa ke kulit kepala sambil dipijat.

11. Air lemon

Cara menghilangkan ketombe juga bisa dilakukan dengan menggunakan air lemon. Air lemon mengandung asam sitrat yang tinggi. Sampo atau agen berbasis asam sitrat dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Ini dapat membantu mengurangi munculnya ketombe di kulit kepala.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

12. Tea tree oil

Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Menggunakan tea tree oil dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Tea tree oil bisa diteteskan ke sampo dan digunakan untuk keramas seperti biasa. Pastikan untuk selalu mengencerkan tea tree oil terlebih dulu sebelum menggunakannya sebagai cara menghilangkan ketombe. Mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam.

13. Minyak jojoba

Asam oleat dan vitamin E minyak jojoba membantu mencegah kulit kepala kering dan mengelupas. Ini menjadikannya obat alami yang baik untuk ketombe dan psoriasis pada kulit kepala. Minyak ini juga mampu memperkuat folikel rambut. Minyak jojoba bisa diaplikasikan langsung ke kulit atau dicampurkan pada sampo.

14. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki sifat mengurangi peradangan. Minyak ini bisa efektif untuk ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Selain itu, mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala akan membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi dan dapat membantu mengurangi pengelupasan. Minyak jarak bisa diencerkan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

15. Baby oil

Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa. Baby oil cocok digunakan untuk masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit jamur, ragi, atau kulit kepala kering. Baby oil bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Menggunakan baby oil sebagai pelembap mampu mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.

16. Minyak serai

Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Seperti tea tree oil, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang mengoleskannya langsung ke kulit. Minyak serai harus diencerkan terlebih dahulu atau dicampur dengan sampo atau kondisioner untuk digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

17. Garam dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung banyak vitamin E yang baik untuk pertumbuhan rambut serta kulit kepala. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan ketombe namun tetap ingin memberikan vitamin pada rambut. Caranya mudah saja.

a. Cukup campurkan minyak kelapa dengan garam.

b. Pijat dengan perlahan pada kulit kepala.

c. Diamkan selama beberapa saatd. Bilas menggunakan air bersih atau shampo berbahan dasar ringan untuk menghilangkan sisa minyak dan garam pada kulit kepala.

18. Larutan Garam

Larutan garam

Larutan garam juga dapat menghilangkan ketombe, khususnya jenis ketombe kering. Adapun cara menggunakan larutan garam untuk menghilangkan ketombe yaitu:

a. Siapkan 2-5 sendok makan garam dapur.

b. Larutkan ke dalam air hangat

c. Gosokan larutan garam tersebut ke kulit kepala menggunakan kedua tangan.

d. Diamkan kurang lebih 15 menit sambil memijat perlahan kulit kepala.

e. Basuhlah kulit kepala dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa garam dan ketombe hingga bersih.

19. Garam dan Air Lemon

Dengan mencampurkan garam dengan air perasan lemon mampu mengurangi minyak berlebihan pada kulit kepala dan membunuh bakteri penyebab timbulnya ketombe.

a. Mencampurkan 2 sendok makan garam laut dengan perasan air lemon.

b. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.

c. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.

d. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

20. Garam dan Cuka Apel

Kamu dapat membuat scrub berbahan dasar garam dan cuka apel. Dengan perpaduan garam dan cuka apel kulit kepala akan terhindar dari ketombe dan kelembaban kulit kepala juga dapat terjaga, caranya:

a. Kamu cukup hanya mencampurkan sedikit garam dan cuka apel hingga membentuk scrub

b. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe.

c. Lalu diamkan beberapa saat

d. Bilas dengan air bersih

21. Garam dan minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan garam, jika kamu memiliki kulit kepala yang kering, kamu bisa mencobanya dengan mencampurkan garam dengan minyak zaitun. Dengan adanya sifat garam yang mampu menyerap minyak dan minyak zaitun yang esensial merupakan kombinasi yang ampuh untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang kering. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

a. Mencampurkan 2 sendok makan garam laut dengan seperempat minyak zaitun hangat.

b. Campurkan keduanya hingga merata dengan baik.

c. Pijat kulit kepala menggunakan ramuan ini dan biarkan meresap selama 15 – 20 menit.

d. Cuci bersih seluruh permukaan kulit kepala menggunakan shampo berbahan dasar ringan.

22. Garam dan Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya telah terkenal akan khasiatnya untuk rambut. Mencampurkan aloevera dengan garam, kandungan garam akan menghilangkan ketombe dan minyak lalu aloevera akan melindungi helaian rambut dari efek samping penggunaan garam tersebut. Caranya cukup mudah,

a. Kamu hanya perlu menaburkan garam pada batang aloevera

b. Gosokkan secara perlahan pada kulit kepala. Cara ini terbukti ampuh jika dilakukan secara rutin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS