Sukses

15 Wisata Sumedang Yang Wajib Dikunjungi Lengkap Dengan Harga Tiket

Berikut rekomendasi wisata Sumedang yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lengkap dengan harga tiket masuknya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Sumedang menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi untuk mengisi waktu saat liburan tiba. Sumedang tidak hanya terkenal dengan kuliner tahunya, namun juga memiliki sejumlah destinasi wisata Sumedang yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Wisata Sumedang menyediakan banyak pilihan destinasi wisata Sumedang yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, mulai dari wisata kuliner, alam, edukasi hingga budaya. Menjadi salah satu kabupaten di Jawa Barat, Sumedang merupakan wilayah pegunungan yang memiliki udara sejuk dan pemandangan yang masih asri.

Tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lainnya seperti Bandung dan Jogja, Destinasi Wisata Sumedang juga memiliki banyak tempat wisata yang keren seperti situs budaya, situs bersejarah, spot foto instagramable hingga wisata alam yang menenangkan.

Sebagai rekomendasi bagi para wisatawan yang ingin berlibur di wisata Sumedang. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi wisata Sumedang mulai dari wisata sejarah, edukasi hingga alam yang wajib dikunjungi. Rabu (13/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Sumedang Bertema Alam

1. Air Terjun Kembar Curug Cinulang

Objek wisata Sumedang dengan nuansa alam pertama yang bisa dikunjungi adalah Air Terjun Kembar Curug Cinung. Berlokasi di Cicalengka Sindangwangi, Sindulang,Cimanggung,Sumedang, Jawa Barat. Tempat ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki 2 air terjun yang mengalir berdampingan. Selain itu area di sekitar air terjun juga masih sangat tenang dengan pemandangan alam yang dapat menenangkan hati. Untuk masuk pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000/orang.

2. Perkebunan Teh Margawindu

Destinasi wisata sumedang berikutnya yang cocok untuk wisatawan yang suka dengan wisata alam adalah Perkebunan Teh Margawindu. Terletak di Citengah Sumedang Jawa Barat terletak di Citengah, Sumedang Sel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Anda cukup menempuh waktu 30 menit saja dari Kota Sumedang untuk dapat menikmati pemandangan hijau perkebunan the yang membentang luas. Selain itu untuk masuk pengunjung cukup hanya perlu membayar tiket parkir saja sebesar Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil.

3. Taman Hutan Raya Gunung Kunci

Wisata Sumedang yang kaya akan keindahan alam berikutnya adalah Taman Hutan Raya Gunung Kunci. Dimana pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang mempesona beserta menjelajahi situs sejarah berupa bunker yang pernah digunakan sebagai penjara untuk tawanan perang. Terletak di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung cukup membayar Rp.5.000/orang untuk masuk ke area Taman Hutan Raya Gunung Kunci.

4. Puncak Damar Baros

Tempat wisata Sumedang dengan tema wisata alam selanjutnya adalah Puncak Damar Baros. Dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan berupa waduk yang dikelilingi oleh perbukitan yang memanjakan mata. Selain itu pengunjung juga dapat camping di area sekitar waduk. Terletak di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pengunjung cukup membayar Rp.5.000 untuk dapat masuk ke area Puncak Damar Baros.

5. Situ Biru Cilembang

Wisata Sumedang dengan nuansa alam yang wajib dikunjungi lainnya adalah Danau Biru Situ Cilembang. Objek wisata ini memberikan sensasi lain dari alam Sumedang, dimana danau ini dikenal dengan airnya yang berwarna biru jernih dan sempat viral di media sosial karena keindahannya. Berlokasi di Hariang, Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung cukup membayar Rp.10.000 untuk tiket masuknya.

3 dari 4 halaman

Wisata Sumedang Yang Cocok Untuk Memacu Adrenalin

6. Arung Jeram Pangcalikan

Tempat wisata Sumedang selanjutnya adalah Arum Jeram Pangcalikan yang terletak di Sungai Cipeles, Desa Citepus, Sumedang, Jawa Barat. Disini pengunjung dapat mencoba wahana yang cocok memacu adrenalin yaitu arum jeram, pengunjung akan diajak untuk merasakan suasana petualangan melewati arus deras sungai cipelas dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Untuk masuk dan mencoba arum jeram pengunjung cukup membayar Rp.225.000/orang.

7. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Wisata Sumedang berikutnya yang cocok untuk anda yang suka memacu adrenalin berikutnya adalah Paralayang Batu Dua Gunung Lingga. Disini pengunjung dapat terbang dengan paralayang dengan kecepatan hingga 930 mdpl dan melihat indahnya pemandangan Kota Sumedang.

Terletak di Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tiket masuk yang dibayarkan pun terbilang murah yaitu hanya Rp.30.000/orang dan untuk tiket paralayang tergantung dari paket yang akan dipilih nanti.

8. Wisata Air Gajah Depa

Masih dengan wisata Sumedang yang memacu adrenalin, wisata Sumedang selanjutnya adalah Wisata Air Gajah Depa. Destinasi ini berkonsep waterpark dengan berbagai macam wahana air seperti water ball, water capsule, hand boat spiral slide hingga spill bucket. Terletak di Jl. Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung cukup membayar Rp.25.000/orang untuk tiket masuk.

9. Kampung Wisata Toga

Tempat wisata Sumedang juga menyediakan wisata lengkap untuk berbagai aktivitas, salah satunya ada di Kampung Wisata Toga yang terletak di Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn. Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Disini pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti memancing, berenang, bersepeda dan kegiatan lainnya. Tiket masuk yang dikenakan untuk pengunjung juga terbilang sangat murah yaitu Rp.5.000/orang.

10. Nangorak Camp

Wisata Sumedang dengan paket kegiatan lengkap lainnya adalah Nangorak Camp. Disini tersedia berbagai fasilitas dan kegiatan untuk lebih mengenal alam seperti memancing, camping di alam terbuka, beternak hingga menanam. Terletak di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Untuk kunjungan wisatawan cukup membayar Rp. 5.000/orang, dan untuk camping membayar Rp. 15.000/orang.

4 dari 4 halaman

Wisata Sumedang Terbaru

11. Kampung Ciherang

Wisata Sumedang dengan paket lengkap berikutnya adalah kampung Ciherang. Destinasi wisata Sumedang ini merupakan lingkungan yang dikelilingi oleh hutan pinus dengan wahana outbound yang terbilang lengkap seperti flying fox. Berlokasi di Cijambu, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung cukup membayar Rp.40.000/orang untuk tiket masuknya.

12. Cipanas Sekarwangi

Wisata Sumedang dengan paket lengkap berikutnya adalah Cipanas Sekarwangi. Wisata Sumedang ini terkenal dengan pemandian air panasnya yang mampu mengobati rasa lelah pada tubuh. Selain pemandian air panas terdapat juga penginapan dengan harga yang terjangkau untuk para wisatawan beristirahat. Terletak di Sekarwangi, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tiket masuk ke area Cipanas Sekarwangi hanya Rp.10.000/orang.

13. Museum Prabu Geusan Ulun

Wisata Sumedang juga mencangkup wisata edukasi. Yaitu Museum Prabu Geusan Ulun yang merupakan museum untuk mengetahui tentang sejarah leluhur di Sumedang. Terletak di Jl. Prabu Geusan Ulun, Sumedang, Jawa barat. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.3.000/orang.

14. Tahura Gunung Kunci

Wisata Sumedang juga memiliki wisata sejarah berupa Tahura Gunung Kunci. Tahura Gunung Kunci merupakan benteng peninggalan belanda yang dibangun pada tahun 1914 hingga 1917 dengan luas 2.600meter persegi. Berada dekat dengan Alun-Alun Sumedang tepatnya di Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung cukup membayar Rp.7000/orang untuk tiket masuknya.

15. Balong Geulis

Wisata Sumedang yang masih terbilang baru dan masih jarang dikunjungi adalah Balong Geulis. Baling Geulis menawarkan konsep berenang di atas awan dengan dikelilingi keindahan alam sumedang. Selain itu area Balong Geulis juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Terletak di Dusun Cibubur, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengunjung hanya perlu membayar Rp.20.000 untuk tiket masuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.