Sukses

11 Penyebab Rambut Rontok Parah Secara Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Mengalami rambut rontok parah secara tiba-tiba, tidak boleh dianggap sepele. Terutama ketika kerontokan rambut parah ini sampai memengaruhi kepercayaan diri pemiliknya. Apa penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba?

Ahli Dermatologi, Jennifer T. Haley, MD, FAAD melansir dari WebMD, pada Senin (11/7/2022) menjelaskan penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah terdiri dari lima hal paling utama. Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah pengeluaran telogen, alopesia areata, masalah medis lain, pengaruh obat-obatan tertentu, dan masalah nutrisi.

Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok parah secara tiba-tiba ini? Dr. Haley menegaskan untuk mengatasi kerontokan rambut yang parah jangan menunggu terlalu lama, lakukan pencegahan dengan menghindari penyebab dan konsultasikan dengan ahli secepatnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba dan penjelasannya, Senin (11/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah Secara Tiba-Tiba

1. Pengeluaran Telogen

Memahami penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah pengeluaran telogen. Ini kondisi yang sama dengan pertumbuhan rambut yang terputus atau terhampat secara tiba-tiba.

Dijelaskan oleh Mayo Clinic, penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba karena telogen, dapat terjadi atau benar-benar berdampak sekitar tiga hingga enam bulan setelah mengalami sesuatu yang membuat stres.

American Academy of Dermatology mengatakan penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba ini dapat mencakup:

- Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah operasi.

- Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah melahirkan.

- Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah bercerai atau kehilangan pekerjaan.

- Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah demam tinggi.

- Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah sembuh dari penyakit.

2. Alopesia Areata

Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah alopesia areata. Dijelaskan, penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba jenis ini, sering muncul sebagai tambalan botak bulat.

Adanya penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba seperti alopesia areata ini dijelaskan NYU Langone Health. penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba, terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang folikel rambut.

“Rambut dapat tumbuh kembali dengan sendirinya atau dengan perawatan,” dijelaskan American Academy of Dermatology.

3. Masalah medis lainnya

Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah ada masalah medis tetentu. Profesor dermatologi Yale, David J. Leffell, MD, menjelaskan penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba dari tulisannya. Bahwa penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah kondisi tiroid dan penyakit usus.

4. Obat-obatan Tertentu

Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah ketika seseorang mengonsumsi atau pengaruh obat-obatan tertentu. Dijelaskan, penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah pengencer darah atau obat kemoterapi. Lakukan konsultasi dengan ahli agar risiko kerontokan bisa dihindari.

5. Masalah Nutrisi

Penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah masalah nutrisi. Dijelaskan, penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba ini termasuk ketika seseorang mendapatkan terlalu sedikit zat besi atau terlalu banyak vitamin A.

3 dari 3 halaman

Penyebab Rambut Rontok Parah Lainnya

Selain yang sudah disebutkan, penyebab rambut rontok parah bisa dipengaruhi hal-hal lainnya. Ini penyebab rambut rontok parah lainnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

6. Penuaan

Penyebab rambut rontok parah adalah proses penuaan. Kerontokan rambut bisa menjadi salah satu tanda penuaan pada kulit kepala. Proses penuaan ditandai dengan pergantian sel yang semakin lambat.

7. Riwayat Keluarga

Penyebab rambut rontok parah adalah faktor genetik atau keturunan. Ini merupakan faktor paling umum yang diturunkan oleh gen orang tua.

Pada kasus penyebab rambut rontok parah karena genetik, setiap rambut baru akan memiliki tekstur yang semakin halus dan tipis, karena folikel rambutnya mengecil dan lama-kelamaan berhenti tumbuh sama sekali.

8. Kekurangan Protein

Penyebab rambut rontok parah yang harus diwaspadai berikutnya adalah kebiasaan menjalani diet rendah protein. Protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Asupan protein yang terlalu rendah, sekaligus dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Penyebab rambut rontok parah karena kekurangan protein, biasanya mulai terlihat setelah 2-3 bulan setelah penurunan asupan protein.

9. Perawatan Rambut Salah

Penggunaan hairdryer dan catokan dapat memicu kerusakan pada rambut, apalagi jika digunakan dengan suhu yang terlalu panas. Pada akhirnya, rambut akan menjadi rusak, kering, dan bercabang.

10. Kurang Tidur

Kelelahan karena kurangnya waktu istirahat dapat menjadi penyebab rambut rontok parah. Kurang tidur beberapa jam dalam sehari bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini kekurangan waktu tidur bisa menimbulkan berbagai kondisi seperti insomnia, narkolepsi, serta munculnya gejala kebotakan.

11. Perubahan Musim

Perubahan musim juga menjadi penyebab rambut rontok parah. Saat musim panas, rambut mudah patah dan rontok karena kulit kepala menjadi lebih kering. Pada saat memasuki musim dingin, kondisi ini otomatis berubah dan jumlah kerontokan akan semakin berkurang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS