Sukses

11 Doa untuk Orang Sakit, Mohon Kesembuhan dan Ampunan

Sakit merupakan bentuk ujian dari Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Doa untuk orang sakit bisa dipanjatkan untuk memohon kesembuhan. Sakit merupakan bentuk ujian dari Allah SWT. Doa untuk orang sakit menjadi permohonan pada Allah yang Maha Kuasa untuk memohon ampunan dan kesembuhan.

Sebagai orang yang beriman, sudah semestinya untuk senantiasi berdoa dalam keadaan apapun. llah berfirman dalam surah Al Mu'minin ayat 60. “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Doa untuk orang sakit bisa dibaca ketika menjenguk orang sakit. Selain untuk orang lain, doa untuk orang sakit juga bisa berlaku untuk diri sendiri yang sedang sakit. Membaca doa untuk orang sakit menjadi wujud berserah pada Allah.

Ada banyak doa untuk orang sakit yang bisa dipanjatkan. Berikut doa orang sakit dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(13/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa untuk orang sakit

Doa yang pertama merupakan doa yang bisa dibacakan ketika sedang menjenguk orang sakit. Doa ini juga bisa diberikan ketika tidak dapat menjenguknya. Doa untuk orang sakit merupakan doa yang disunahkan oleh Rasulullah. Berikut doa untuk orang sakit:

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’si Isyfi Antas syafi Laa syafiya illa anta syifa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: "Yaa Allah, Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakit. Sembuhkanlah, Engkaulah penyembuh. Tak ada penawar selain dari penawar-Mu, penawar yang menghabiskansakit dan penyakit."

Doa kedua bisa dibacakan untuk memohon kesembuhan pada orang yang sedang sakit. Berikut doa orang sakit:

Amsihil ba’sa rabbannaasi biyadikas syifaa’u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya: "Hilangkanlah penyakit wahai Tuhan segala manusia. Di tangan-Mu kesembuhan. Tak ada yang menghilangkan penyakit, selain dari pada-Mu sendiri."

Dalam Kitab Al Adzkar karangan Imam Nawawi, berikut doa lain untuk mendoakan orang sakit di hadapan kita:

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaasyifa lahu illaa anta.

Artinya:

“ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau."

3 dari 6 halaman

Doa untuk orang sakit

Selain doa di atas, ada doa untuk kesembuhan orang sakit lainnya. Doa ini juga berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi. Bahwa Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa berikut ini di hadapan orang sakit sebanyak 7 kali. Berikut doa orang sakit selanjutnya:

As’alu allahal adzhiima rabbal ‘arsyil ‘adzhiimi an yassfiyaka.

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

Rasulullah SAW membaca doa untuk orang sakit berikut ini ketika menjenguk Salman Al-Farisi RA. Doa ini juga bisa kamu baca untuk mendoakan orang sakit yang sedang dijenguk:

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya:

" Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

4 dari 6 halaman

Doa untuk orang sakit

Doa untuk kesembuhan orang sakit masih ada lagi. Seperti ketika menjenguk Sa'ad bin Abi Waqash sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW membaca doa untuk kesembuhan orang sakit berikut ini:

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya:

“ Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

Doa untuk orang sakit lainnya juga meliputi:

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: “ Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

5 dari 6 halaman

Doa saat sakit

Jika diri sendiri sedang sakit, maka bisa membaca doa untuk orang sakit berikut:

Bismillah, bismillah, bismillah. U'idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal 'adhima rabbal 'arsyil 'adhim an yasyfiyaka.

Artinya:

"Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu."

Doa sakit ringan

Ketika tubuh dilanda sakit ringan, dianjurkan memohon kesembuhan dengan doa ini. Doa tersebut tercantuk dalam hadis riwayat Imam Ibnu Sunni dari Abu Abbas RA, dari Rasulullah Muhammad SAW. Berikut doanya:

Bismillahil kabiri, a'udzu billahil 'azhimi min syarri kulli 'irqin na'arin wa min syarri harrin nari.

Artinya,

"Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka."

6 dari 6 halaman

Doa saat sakit

Doa menghilangkan nyeri

Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Imam Muslim, dari Usman bin Al Ash, dari Rasulullah Muhammad SAW. Berikut doanya:

A'udzubillahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhadzir.

Artinya,

"Aku berlindung kepada Allah dengan kemuliaan dan kekuasaan-Nya dari segala keburukan yang kudapatkan dan kukhawatirkan."

Doa memohon kesembuhan

Berikut doa memohon kesembuhan:

"Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.