Sukses

Ini 4 Khasiat Tomat yang Jarang Diketahui

omat merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Pasalnya, buah merah ini mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh, seperti vitamin C, K1, K, B9 (folat), B, dan kalium.

Selain itu, tomat juga memiliki senyawa anti antioksidan yang berguna untuk kesehatan seperti naringenin, asam klorogenik, klorofil, likopen, beta karoten, dan karotenoid. Dengan banyaknya kandungan vitamin, apa saja khasiat tomat bagi tubuh. Dilansir liputan6, berikut penjelasannya.

Menjaga kesehatan jantung

Buah tomat mengandung serat, kalium, vitamin C, dan kolin dapat menunjang manfaat tomat untuk kesehatan tubuh terutama bagian jantung. Asupan zat kalium tinggi dalam tomat beserta mengurangi makanan yang mengandung natrium juga bisa mengurangi risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular.

Selain itu, tomat mengandung asam folat. Zat ini membantu agar kadar homosistein tetap seimbang. Homosistein adalah asam amino yang dihasilkan dari pemecahan protein. Jika kadar homosistein seimbang, bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Mencegah kanker

Tomat memiliki banyak kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas. Seperti halnya banyak disebutkan bahwa radikal bebas merupakan salah satu pemicu kanker.

Berdasarkan studi yang dirilis dalam jurnal Molecular Cancer Research, asupan beta-karoten yang tinggi dengan pencegahan perkembangan tumor pada kanker prostat. Kandungan likopen dan senyawa polifenol yang memberikan warna merah pada tomat ini terbukti bisa mencegah kanker.

Selain itu juga konsumsi beta-karoten yang tinggi dari sayur dan buah lain dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Sehingga manfaat tomat untuk kesehatan tubuh sangat tinggi.

Mengontrol tekanan darah

Selain mengonsumsi garam dan natrium dengan porsi yang ideal, ternyata konsumsi tomat juga bisa mengontrol tekanan darah. Hal ini karena terdapat zat kalium yang tinggi dalam buah tomat.

Kalium dapat melebarkan arteri sehingga aliran darah ke organ vital lebih lancar dan tensi terjaga.

 

Membuat kulit lebih sehat

Selain baik bagi tubuh, tomat juga memiliki manfaat untuk kulit wajah. Dengan mengonsumsi buah tomat, bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah komponen penting untuk kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat. Produksi kolagen dalam tubuh sangat bergantung pada vitamin C.

Vitamin C merupakan bagian dari antioksidan kuat. Jika kulit anda kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kulit keriput, kendur, sampai muncul noda hitam.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.