Sukses

8 Kelemahan Honda Freed dan Kelebihannya, Berikut Ulasan Lengkapnya

Selain dari sisi kelebihan, adapula kelemahan Honda Freed yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Sangat disayangkan penjualan Honda Freed di Indonesia harus diakhiri sejak 2017 lalu. Namun, MPV pintu geser ini ternyata masih menarik perhatian pecinta roda empat. Pasalnya, desain mewah serta kualitas produksi yang baik khas Honda, jadi alasan tersendiri mengapa masih cukup banyak pecinta roda empat yang berburu Honda Freed bekas.

Meski begitu, perlu rasanya untuk mengetahui apa saja kelebihan serta kelemahan Honda Freed tersebut. Hal ini untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin muncul sesaat setelah membeli Honda Freed dalam keadaan bekas.

Kendati demikian, apabila dilihat dari kelemahan Honda Freed, masih dalam taraf wajar. Mungkin, tidak ada kelemahan Honda Freed yang pada akhirnya menjadi masalah serius dan dengan mudah bisa diatasi langsung tanpa mengeluarkan biaya berlebih.

Untuk lebih jauh mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan Honda Freed, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (24/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelebihan Honda Freed

1. Desain Mewah

Honda Freed sudah didukung penggunaan headlamp punya desain sipit sehingga terlihat sangat mewah. Lalu, tampilan grill depan Honda Freed terdiri dari tiga baris yang dikolaborasikan dua headlamp, sehingga menambah kesan mewah tersebut.

Selanjutnya, Honda Freed juga sudah dilengkapi lampu kabut berdesain minimalis diletakkan pada bumper. Penambahan lampu kabut tersebut semakin menambah mewah tampilan Honda Freed.

Bergeser ke bagian samping Honda Freed, spion Honda Freed bahkan sudah dilengkapi dengan lampu sein. Kemudian pada bagian bodi samping Honda Freed, ada aksen gelombang dari ujung depan ke bagian ujung belakang yang menambah cantik tampilannya.

Terakhir dari bagian belakang Honda Freed, ada tampilan mewah dengan tambahan lampu yang desainnya mengikuti alur badan mobil.

 

2. Irit serta Ramah Lingkungan

Selanjutnya, Honda Freed punya kelebihan dari sisi konsumsi bahan bakar. Mobil ini sangat irit jika dibandingkan dengan MPV lainnya. Bagi penggunaan dalam kota, Honda Freed bisa menempuh jarak sampai 12 km per liter.

Lalu bagi penggunaan rute luar kota, konsumsi bensin Honda Freed bisa mencapai 13 km per liter. Apabila mesin Honda Freed dipacu konstan dengan kecepatan 100 km/jam, maka konsumsi bensinnya mampu tembus hingga angka 17 km per liter.

Selain konsumsi bahan bakar yang irit, Honda Freed juga diklaim efisien bahan bakar. Hal ini tidak lain karena standar Euro-4 dan fitur ECO yang disematkan pada Honda Freed. Adanya fitur tersebut, turut memmbuat proses pembakaran Honda Freed jadi sangat optimal. Bahkan emisi gas buang yang dihasilkan Honda Freed sangat ramah bagi lingkungan.

 

3. Nyaman Dikendarai

Honda Freed sudah dibekali transmisi otomatis dengan 5 percepatan, sehingga kenyamanan mengendari Honda Freed semakin bertambah. Transmisi Honda Freed ini sangat mampu diandalkan untuk melewati berbagai kondisi jalan dan kebutuhan, seperti kebutuhan untuk akselerasi cepat di jalanan menanjak.

Kenyamanan mengendarai Honda Freed juga semakin lengkap dengan dukungan beragam fitur lainnya, seperti suspensi depan dan belakang yang sudah menggunakan McPherson Strut with stabilizer dan H-Shape Torsion Beam.

Setir kemudi Honda Freed juga terasa sangat ringan, baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Usut punya usut, kelebihan Honda Freed ini dikarenakan hadirnya fitur electric power steering. Selanjutnya, sebagai mobil keluarga dengan bodi cukup bongsor, Honda Freed dibekali radius putar cukup lebar, yaitu, 5,2 meter.

 

4. Kelengkapan Fitur Keamanan

Selain tiga kelebihan di atas, Honda Freed juga dikenal dengan berbagai fitur keamanan yang lengkap. Hal ini tentu jadi nilai plus tersendiri bagi mobil keluaran Honda tersebut. Mengingat, fitur keamanan yang baik dari Honda Freed mampu menekan angka kematian akibat kecelakaan di jalanan.

Honda Freed telah dilengkapi penggunaan sabuk pengaman berteknologi pretensioner dan load limiter. Hadirnya teknologi tersebut bisa meminimalisir tekanan di bagian dada sehingga tidak menyebabkan cedera ketika terjadi pengereman mendadak atau bahkan tabrakan.

Fitur keselamatan lainnya pada Honda Freed yaitu dilengkapi dengan dual SRS front airbags pada bagian pengemudi dan penumpang. Teknologi kantong udara tersebut akan meminimalisir dampak buruk yang bisa timbul akibat kecelakaan.

Kemudian Honda Freed selaku mobil keluarga, turut memberikan jaminan keamanan yang tentu lebih baik dengan penggunaan struktur ACETM + G-CON. Struktur Honda Freed tersebut diklaim mampu meminimalisir kerusakan di area kabin ketiak terjadi tabrakan.

 

5. AC Dingin

Meski AC dari Honda Freed belum menggungakan double blower, namun hembusan angin single blower yang diusung mobil ini bisa cepat merata bahkan sampai ke tempat duduk baris paling belakang. Penggunaan AC single blower ini semakin efektif dalam mendinginkan kabin, apabila kondisi kaca mobil sudah diberi lapisan kaca film yang bisa menangkal panas matahari yang berlebihan.

3 dari 5 halaman

Kelemahan Honda Freed

1. Bagasi Kurang Luas

Sayang sekali, di bagian bagasi jadi salah satu kelemahan Honda Freed. Mengapa menjadi kelemahan? Mengingat Honda Freed sebagai mobil MPV, tentunya sangat identik denga area bagasi yang lebar dan juga luas.

Namun hal tersebut tidak ditemukan pada Honda Freed, hingga akhirnya menjadi pertimbangan besar bagi calon konsumen yang mendambakan MPV dengan volume angkut barang cukup besar. Sebab, meskipun kursi belakang sudah dilipat, bagasi dari Honda Freed tetap tidak seluas mobil MPV pada umumnya.

 

2. Fasilitas Hiburan Kurang Lengkap

Meski Honda Freed terkesan mewah dan mahal, sayangnya dari sisi fasilitas hiburan tidak lengkap. Memang, bagi beberapa konsumen hal ini mungkin cukup mengecewakan. Kendati demikian, perihal fasilitas hiburan ini masih bisa diatasi dengan memasang perangkat hiburan tambahan di toko aksesoris mobil yang harganya bisa disesuaikan dengan budget.

 

3. Sliding Door Sering Bunyi

Kemudian, penggunaan sliding door sendiri memiliki menjadi salah satu kelemahan Honda Freed. Sebab sliding door atau pintu geser tersebut pada beberapa kasus timbul bunyi-bunyi aneh ketika melewati jalan tidak rata. Biasanya penyakit ini perlu diperhatikan terutama jika ingin meminang Honda Freed dengan kondisi bekas.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Honda Freed

Mesin

Tipe Mesin: 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW + TBR

Kapasitas Mesin: 1497 cc

Silinder: 4

Transmisi: Otomatis

Tipe Transmisi: 5 Kecepatan

Tenaga Maksimal: 87 Kw (118 PS) / 6.600 rpm

Torsi Maksimal: 14,9 kg.m (146Nm) / 4.800 rpm

Bahan Bakar: Bensin

 

Dimensi

Panjang: 4215 mm

Lebar: 1700 mm

Tinggi: 1740 mm

Jarak Poros Roda: 2740 mm

Kapasitas Tangki: 42 L

 

Sasis

Suspensi Depan: MacPherson Strut

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam

ABS: Ada

EBD: Ada

5 dari 5 halaman

Daftar Eksterior, Interior, dan Fitur Keamanan

Eksterior

Lampu Depan: Halogen Headlight

Fog Lamp: All Type

Door Mirror : Body Color (With Tuning Signal)

Tailgate Spoiler: All Type

LED Mount stop Lamp: All Type

LED Hight Mount Stop Lamp: All Type

 

Interior

Power Sliding Door Button: Left Side (Type S), Both Side (Type E)

Audio: Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD  Player + USB Port + AUX Input + Made For iPhone

Interior Color: Black

ECO Assist: All Type

Audio Steering Switch: All Type

Power Window: All Type

Front & Rear Seat reclining: All Type

Auto A/C with Smart Touch: Type E

Heater: Type E

 

Fitur Keamanan              

Struktur kerangka body: G-CON + ACE

Dual Front Air bags: All Type

Pedestrian Protection: All Type

ABS + EBD:  All Type

Pretensioner with load Limiter Seatbelt: All type

Sabuk Keselamatan (Front): Seatbelt 3P ELR (x2)

Sabuk Keselamatan (Rear): Seatbelt 3P ELR (x2)

ISOFIX dan Tether: All type

Key Type: Wave Key

Keyless entry: All Type

Immobilizer: All Type

Alarm System: All Type

Auto Door Lock by speed: All Type

Smart Entry System: All Type

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.