Sukses

Jangan Disepelekan, Ini 5 Penyakit yang Disebabkan dari Asam Urat Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Asam urat merupakan kristal yang dihasilkan oleh tubuh secara alami yang berguna untuk mengurai zat purin dalam makanan. Purin biasanya terdapat di dalam sayur, buah dan kacang-kacangan, maupun dari hewan (daging, jeroan). Pada kondisi normal, asam urat yang tidak terpakai akan langsung dibuang tubuh melalui urine dan feses.

Namun, apabila produksi asam urat terlalu banyak dan ginjal tidak mampu membuangnya maka akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Ya, pada kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya kristal padat di sendi.

Hal ini akan menimbulkan peradangan dan penyakit asam urat. Apabila kondisi ini tidak segera diobati, maka kristal padat dapat menyebabkan berbagai penyakit atau kondisi berbahaya.

Berikut Liputan6.com, Selasa (27/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber bahaya asam urat yang bisa terjadi jika kondisinya tidak segera diobati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Penyakit Batu Ginjal

Penyakit yang bisa muncul akibat asam urat tinggi yang tidak segera diatasi adalah memungkinkan munculnya penyakit ginjal. Ya, penyakit ginjal ini diakibatkan oleh asam urat atau penumpukan kristal urat dapat terjadi melalui beberapa mekanisme yang berbeda.

Pada mekanisme yang pertama, kadar kristal urat yang tinggi dapat mengendap pada jaringan ginjal dan pada akhirnya menyebabkan cedera langsung pada ginjal. Selain itu, kadar asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan pengendapan dan membentuk batu ginjal, sehingga terjadi gangguan aliran pada ginjal.

Batu ginjal akan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk buang air kecil dan merasakan sensasi sakit yang luar biasa saat melakukan aktivitas.

3 dari 6 halaman

Gout atau Penyakit Persendian

Bahaya asam urat selanjutnya adalah kerusakan sendi. Kondisi ini bisa terjadi apabila kadar asam urat di dalam darah sudah tidak terkontrol, sehingga menyebabkan jaringan sendi menjadi rusak secara permanen. Gangguan kesehatan ini merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan akut dari sendi dan biasanya terjadi pada sendi jempol kaki.

Penyakit gout dapat muncul dalam berbagai bentuk, walaupun yang paling umum muncul adalah dalam bentuk peradangan sendi. Rasa nyeri biasanya muncul pada malam hari, yang ditandai dengan penurunan suhu tubuh.

4 dari 6 halaman

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Asam urat yang tinggi juga erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyumbatan kristal asam urat di pembuluh darah yang dibawa oleh darah. Jantung akan kesulitan untuk mengalirkan darah ke penjuru tubuh sehingga akan bekerja lebih keras.

Nah, hal ini akan membuat jantung rentan mengalami kerusakan sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

5 dari 6 halaman

Diabetes

Pada asam urat yang dibiarkan tanpa pengobatan juga diketahui memiliki kaitan terhadap terjadinya diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar asam urat yang tinggi di dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 20 persen.

6 dari 6 halaman

Tophi atau Benjolan di Lapisan Bawah Kulit

Bahaya asam urat yang tidak segera diobati adalah penumpukan kristal padat di bawah kulit, hingga akhirnya membentuk benjolan kecil berwarna putih yang disebut tophi. Nah, di dalam tophi ini terdapat cairan yang berbentuk seperti pasta gigi.

Tophi biasanya muncul di ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki. Ketika serangan asam urat muncul, tophi bisa meradang, membengkak, dan terasa menyakitkan hingga membuat penderitanya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS