Sukses

Ini Respon Hormon pada Otak Jika Bertemu Mantan, Begini Penjelasannya

Neurologis yang mempengaruhi saat kamu saat bertemu dengan mantan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah putus cinta kamu tidak pernah tahu kejadian apa yang akan terjadi di hidup, salah satunya mungkin adalah bertemu dengan mantan. Mantan merupakan masa lalu yang harus kamu lupakan, meskipun pernah memiliki kenangan indah yang pernah dilalui bersama. Terkadang mantan memang tidak berarti apa-apa lagi untuk kamu.

Bahkan jika kamu bertemu sebenarnya tidak ada artinya apa-apa lagi. Tapi herannya tidak sedikit juga orang yang tiba-tiba salting atau bahkan canggung saat bertemu dengan mantan. Itu mengapa bertemu dengan mantan adalah hal yang paling dihindari untuk sebagian orang. Pernahkah kamu penasaran dengan apa yang sedang terjadi saat kamu bertemu mantan?

Biasanya bertemu mantan, pikiranmu seolah dibuat kacau. Salah tingkah, jantung berdegup kencang hingga galau tak beralasan bisa saja kamu alami. Sosok satu itu seolah menyita seluruh pikiran dan perasaanmu. Ternyata itu semua ada kaitannya dengan respon hormon di otak kamu. Hal itu dipicu faktor respon dari neurologis yang mempengaruhi saat kamu saat bertemu dengan mantan, seperti Liputan6.com lansir dari Discover Magazine, Kamis (18/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respon Saraf Otak Saat Bertemu Mantan

Faktor neurologis ini dibuat semakin menjadi dengan munculnya hormon vasopressin dan oksitosin. Hormon ini rupanya  kunci yang menciptakan kedekatan dalam suatu hubungan asmara. Parahnya lagi ketika orang tersebut adalah sosok penting yang membekas di dalam hatimu. Siap-siap pikiranmu makin kacau saat bertemu dengannya.

Menurut studi yang bertakjuk The Journal of Neurophysiology pada tahun 2010 menjelaskan bahwa rasa yang tiba-tiba membuatmu kacau itu dapat memicu sistem dopamine pada otak. Dopamine sendiri merupakan penyebab seseorang ketagihan dan ingin mengulang berbagai hal-hal yang menyenangkan dan nikmat.

Secara otomatis, otak biasanya akan mengumpulkan pengalaman manis tersebut. Jadi tidak heran jika saat kamu tiba-tiba bertemu mantan, pasti langsung teringat sesuatu yang pernah dilewati bersama. Selanjutnya, hormon oksitosin yang bertugas untuk memberikan rasa kedekatan antara pasangan sehingga rasa deg-degan juga ikut datang. Jadi lengkap sudahkan, tak heran kalau kamu langsung salting dan canggung walaupun sudah tidak ada apa-apa lagi.

Menurut Nancy Kalish, seorang psikolog dari California State University mengatakan adanya pikiran untuk menjalin hubungan kembali dengan mantan adalah salah satu penyebab untuk otak membangun kembali perasaan yang sudah lama terkubur tersebut. Bahkan saat kamu melihat foto mantan, seluruh perasaan yang sudah lama berlalu tersebut akan kembali muncul. Jadi jangan pernah coba-coba kepoin mantan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini