Sukses

Relawan Juga Harus Lindungi Diri dan Jaga Kesehatan

Saat ini tenaga relawan sangat dibutuhkan untuk menolong para korban banjir. Agar tidak mudah sakit para relawan harus melindungi diri

Saat ini tenaga relawan sangat dibutuhkan untuk menolong para korban banjir. Agar tidak mudah sakit para relawan harus melindungi diri sendiri terlebih dulu sebelum terjun langsung menolong para korban.

Demikianlah disampaikan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Zaenal Abidin, MH. Kes, dalam acara 'Penyediaan Air Bersih oleh PB-IDI' di Sekretariat PB IDI, Jakarta, ditulis Kamis (23/1/2014).

"Saya menyarankan para relawan jangan turun ke tempat banjir kalau tidak melindungi diri sendiri," kata Zaenal memberi pesan.

Pesan ini disampaikan Zaenal bukan tanpa sebab. Selama ini, kata dia, banyak relawan yang mengeluh gatal di bagian kaki setelah menolong langsung para korban banjir. Tak hanya itu, relawan juga ada yang mengabaikan keselamatan kakinya dengan tidak memakai alas kaki, dan akibatnya kakinya mengalami luka-luka.

"Luka-luka karena terkena batu atau pecahan kaca. Kalau sudah seperti ini, bukannya menolong malah menambah masalah baru," kat a Zaenal menjelaskan.

Maka itu, agar para relawan aman selama menolong para korban banjir, Zaenal berpesan untuk tidak mengabaikan keselamatan kakinya, yaitu mengenakan sepatu boot.

"Airnya keruh, habis itu banyak jamurnya. Untuk itu, pakailah sepatu boot agar kaki terhindar dari benda tajam dan gatal-gatal," kata Zaenal lagi.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.