Sukses

`Hai Remaja, Jagalah Aset Pribadimu`

BKKBN terus berusaha membawa remaja kedalam kegiatan-kegiatan yang berdampak positif, salah satunya melalui lomba seni.

Berbagai upaya dilakukan beberapa instansi untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja di Indonesia. Seperti yang diberitakan media, permasalah remaja terus saja terjadi. Salah satunya kasus penyiraman air raksa atau kasus video porno yang dilakukan remaja.

Hal tersebut menurut Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Dr. Sudibyo Alimoeso, MA, karena kurangnya perhatian dan tidak pandai mengelola aset pribadinya.

"Perilaku negatif yang merugikan tersebut harus dikurangi, perlu adanya langkah yang menyadarkan mereka betapa pentingnya mengelola aset pribadi mulai dari menjaga diri sendiri, pergaulan, pendidikan, dan masa depannya," kata Dr. Sudibyo, Kamis (21/11/2013).

Lomba Poster

Menuru Sudibyo, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus berusaha membawa remaja ke dalam kegiatan-kegiatan yang berdampak positif.

"Kami terus berusaha membawa remaja ke dalam kegiatan-kegiatan yang berdampak positif, salah satunya melalui kesenian," ungkapnya.

Sudibyo menambahkan kegiatan tersebut antara lain lomba poster, mural (seni melukis di dinding), dan seni musik. "Kami memilih seni karena remaja lebih mudah didekati lewat seni. Seperti lomba poster sudah empat kali kami melakukanya yang berisi pesan positif untuk lebih peduli terhadap dirinya sendiri dan masa depan," katanya.

Ajang yang mengusung tema `Generasi berencana: yang muda, yang berencana` ini dijadikan sebagai momen untuk lebih peduli masalah remaja dan stop galau pada remaja.

"Dalam lomba poster tersebut, peserta menuliskan pesan positif misalnya menikah di usia ideal di atas 20 tahun bagi wanita dan di atas 25 tahun untuk laki-laki, langkah ini dipilih dengan harapan dapat menangani masalah remaja," kata Sudibyo menjelaskan.

Peserta terbagi atas kategori usia 13 tahun, 14 sampai 17 tahun, dan usia 18-24 tahun dengan format digital, bahan kertas, dan lukisan tangan. "Sampai saat ini kami telah menerima 1.658 poster yang terbanyak berasal dari daerah Jawa Timur yaitu sekitar lebih dari 300 dan sisanya dari semua daerah Indonesia," kata Sudibyo.

Untuk juara pertama panitia memberikan piala bergilir dari ibu Negara RI, piala tetap dari kepala BKKBN, piagam penghargaan dan tabungan pembinaan senilai Rp. 25.000.000.

"Rangkaian pelaksanaan lomba ini telah memasuki proses penjurian yang dilaksanakan pada 18 -19 November 2013, ajang ini kami beri nama `Gebyar 1.001 Poster` supaya diingat terus sepertk cerita 1001 malam yang tidak ada habisnya seperti kasus remaja yang seperti tidak habis-habis," katanya.

Puncak acara dilaksanakan pada 24 November 2013 di Teater Keong Mas TMII yang akan dimeriahkan beberapa artis ternama seperti Sheila On Seven dan Lyla.

Selain lewat seni, Sudibyo mengatakan sedang mengupayakan adanya figur dari kalangan artis yang dianggap mampu membawa dampak positif untuk remaja.

"Sampai saat ini kami berencana mengajak figur entah dari artis yang sedang disukai remaja, untuk memudahkan pendekatan dalam memberikan pesan positif ke remaja," katanya.

(Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.