Sukses

Anak Kegemukan, Gimana Ngasih Tahu Agar Diet?

Untuk membantu masalah ini, mungkin ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan

Bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia anak obesitas masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Tapi bukan hal yang mudah untuk bicara dengan Anak tentang masalah makannya.

Untuk membantu masalah ini, mungkin ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti dikutip Everydayhealth, Sabtu (2/11/2013):

1. Larang permen

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



Profesor klinis pediatri dan direktur Klinik Gizi di Children's Evaluation and Rehabilitation Center di Albert Einstein College of Medicine di New York, Keith Ayoob , MD mengatakan bahwa memberikan permen bukan cara yang tepat untuk membujuk anak-anak untuk diet.

"Orangtua harus peka terhadap citra diri anaknya dan harus yakin untuk fokus pada penurunan berat badan," kata Ayoob.

2. Ungkapkan rasa sayang Anda
3 dari 4 halaman



Menurut asisten professor di the Frances Payne Bolton School of Nursing di Cleveland,  Elizabeth Click mengatakan bahwa orangtua harus terbuka tentang keprihatinan anaknya yang obesitas. Tapi yang perlu diingat adalah Anda juga harus mendengarkan apa yang anak Anda katakan.

"Orangtua perlu merasa nyaman mendiskusikan berat badan anak dan mendengarkan mereka karena perasaan anak itulah yang penting," kata Click.

3. Ubah kebiasaan makan sehat di rumah
4 dari 4 halaman



"Menjaga pilihan makanan sehat di rumah juga penting. Membuat seluruh keluarga makan sehat akan membantu anak Anda mengubah gaya hidupnya. Jadi anak diet juga bukan karena merasa dihukum," kata Ayoob.

Namun, menurut Ayoob penting untuk tidak melarang makanan yang anak Anda sukai. Jadi mulailah dengan menekankan makanan sehat yang Anak Anda sudah suka, seperti buah-buahan. Selain itu, mungkin dalam prosesnya jangan biarkan anak frustrasi dengan pembatasan makanan," katanya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini