Sukses

Hebatnya Minyak Kanola Dibanding yang Lain, Nggak Nyesel Deh!

Salah satu jenis minyak  goreng yang bisa dikategorikan sehat adalah minyak kanola. Canola Oil adalah salah satu jenis minyak nabati yang dihasilkan dari biji buah canola.

Kanola adalah salah satu variasi genetik dari perkembangbiakan rapeseed  di tahun 1960 dengan menggunakan metode tradisional agar rapeseed lebih mudah diolah dan tentu saja menjadi lebih enak.

Semua minyak goreng pada dasarnya mengandung tiga jenis lemak dengan kadar yang berbeda-beda yakni saturated fat atau minyak jenuh, monounsaturated fat atau minyak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fat atau minyak tak jenuh ganda.

Sementara minyak kanola merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, yang bisa digunakan sebagai pengganti mentega dan juga keju sehingga mengurangi kadar kolesterol 'jahat' LDL. Tentu juga bisa menurunkan risiko serangan jantung.

Kanola merupakan minyak goreng terkaya sumber alfa-linolenat, asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Dikutip dari Howstuffworks, Rabu (16/10/2013) minyak kanola memiliki banyak manfaat kesehatan yang diinginkan. Kandungan lemak jenuh hanya 7 persen dan merupakan kandungan terendah dari minyak nabati lain yang beredar di pasaran.

Bila dibandingkan dengan minyak zaitun, yang mengandung 14 persen lemak jenuh, minyak kacang tanah, yaitu 19 persen, minyak canola lebih baik dibandingkan minyak lainnya serta menjadi sumber vitamin E.
 
Selain itu kanola juga memiliki rasa yang netral, cahaya tekstur dan media-tinggi titik didih, sehingga bekerja dengan baik untuk menumis dan memanggang. Sebuah titik didih minyak adalah temperatur di mana ia mulai mengeluarkan asap. Ketika hal itu terjadi, karsinogen penyebab penyakit dan radikal bebas dilepaskan oleh minyak tersebut.

Pemilihan canola oil sebagai minyak sehat saat ini sudah termasuk gaya hidup sehat yang sedang berkembang di masyarakat, kata Direktur PT. Pandurasa Kharisma, Jennifer Lim.

“Saat ini, gaya hidup sehat tengah berkembang di masyarakat Indonesia. Tak hanya olahraga, asupan makanan juga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Karenanya kami mengajak para Ibu di Indonesia untuk menyajikan makanan yang tak hanya lezat namun juga sehat bagi keluarga tercinta.”ujar Lim
 
Untuk itu Jennifer Lim mengajak para ibu untuk tetap mempertahankan gaya hidup sehat ini dengan menggunakan minyak kanola untuk menyajikan makanan lezat dan sehat.

(Mia/Abd)