Sukses

Bedah Robotik di Indonesia Paling Murah Dibanding Negara Lain

Dibandingkan negara lain, bedah robotik di Indonesia disebut-sebut paling murah.

Dibandingkan negara lain, bedah robotik di Indonesia disebut-sebut paling murah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pasien yang berasal dari luar negeri yang ingin melakukan bedah robotik di Indonesia.
 
"Dari 50 pasien yang berhasil dilakukan tindakan melalui bedah robotik, dua diantaranya berasal dari Timor Timur dan India," jelas dokter robotik berlisensi pertama di Indonesia Dr. Ivan Rizal Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG saat jumpa pers 'Pencapaian 50 Kasus Pertama Badah Robotik di Indonesia', Kamis 27 Juni.
 
Menurutnya, harga yang ditawarkan RS Bunda untuk bedah robotik sekitar Rp 80 - Rp 100 juta. Harga ini jauh lebih hemat dibanding beberapa RS negara tetangga seperti Singapura yang mencapai Rp 250 juta atau Malaysia yang menawarkan Rp 150 juta.
 
" Jangan khawatir, harga murah bukan berarti tidak bagus. Kami dilatih secara profesional dan mungkin karena pajak di sana lebih besar jadi lebih mahal. Kami melakukan diskusi panjang juga untuk menentukan harga ini. Dilihat dari aspek teknologi, akses, kemampuan masyarakat kita dan sebagainya. Jadi saya rasa harga ini paling murah dibanding negara lain,"jelasnya.
 
(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.