Sukses

Penderita Diabetes Terbanyak Ada di Kalimantan dan Maluku

Orang mungkin beranggapan bahwa penderita diabetes pasti paling banyak ada di Jakarta. Padahal, bila diteliti, kebanyakan penderita diabetes di Indonesia ada di daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa.

Orang mungkin beranggapan bahwa penderita diabetes (diabetesi) pasti paling banyak ada di Jakarta. Padahal, bila diteliti, kebanyakan penderita diabetes di Indonesia ada di daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa.

Dari data survei yang dilakukan tim Perkumpulan Endokrinologi (PERKENI) Pusat, daerah yang penderita diabetesnya cukup banyak ada di Kalimantan Barat (11,1 persen), Maluku Utara (11,1 persen), Riau (10,4 persen), Bangka Belitung (8,6 persen), dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD) (8,5 persen).

"Dari jutaan masyarakat di Jakarta, yang menderita diabetes cuma sekitar 600 ribu orang saja," kata Ketua Perkumpulan Endokrinologi (PERKENI) Pusat Prof Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD dalam Media Briefing bertajuk 'Partnership for Diabetes Control in Indonesia', di Jakarta, Minggu (5/5/2013).

Secara keseluruhan, angka penderita diabetes di Indonesia ada 6.963.000. Jika ini dibiarkan, maka pasien diabetes di Indonesia pada tahun 2030 akan meningkat sebesar 48 persen.

"Sekarang saja sudah sekitar 6 jutaan, tahun 2030 bisa saja sekitar 12 juta pasien," tambahnya.

Agar terhindar dari diabetes, Pradana berharap masyarakat sadar dan mulai bergaya hidup sehat menghindari rokok, mencegah kegemukan, dan mengonsumsi makanan sehat.

"Jumlah perokok di Indonesia sangatlah tinggi. Ini harus dihindari. Kalau tidak, ini yang mendorong masyarakat Indonesia menderita diabetes," tutupnya.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini