Sukses

Punya Alergi tapi Ingin Memelihara Kucing, Ini Saran Dokter Hewan

Dokter hewan dapat merekomendasikan jenis hewan peliharaan yang cocok ngan kondisi dan riwayat kesehatan pemilik. Termasuk yang punya alergi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang memiliki alergi tapi punya keinginan kuat untuk memiliki hewan peliharaan kucing bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan. 

Menurut dokter hewan, Radhiyan Fadiar Sahistya, ada peran dokter hewan yang jarang diketahui masyarakat umum, yakni dapat merekomendasikan jenis hewan peliharaan yang kompatibel dengan kondisi dan riwayat kesehatan calon-calon pemiliknya.

“Sebenarnya setiap orang bisa datang ke dokter hewan untuk berkonsultasi jika hendak memilih jenis hewan peliharaan yang sesuai dengan kondisi riwayat kesehatan,” kata dokter hewan lulusan Universitas Gadjah Mada itu mengutip Antara.

Radhiyan menyebut, bagi seseorang yang alergi terhadap bulu, dapat mengadopsi kucing hairless alias tidak berbulu seperti jenis Sphynx.

 Kucing Sphynx merupakan salah satu ras kucing yang sangat unik karena tidak memiliki bulu, kondisi ini lah yang juga membuat mereka hipoalergenik (tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi).

Tanpa bulu, protein dalam air liurnya tidak memiliki sesuatu untuk ditempelkan saat mereka membersihkan diri. Kurangnya bulu membuat mereka harus dimandikan secara teratur untuk mencegah potensi penumpukan atau masalah kulit.

Tidak Semua Orang Suka Kucing Sphynx

Radhiyan sadar bahwa tidak semua orang menyukai kucing tersebut. Namun masih ada opsi lain yakni kucing berambut pendek (short hair), seperti Devon Rex dan Cornish Rex.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengenal Kucing Devon Rex

Devon Rex memiliki bulu yang pendek, terutama di dekat kepala, telinga, leher, kaki, dada, dan perut. Jenis kucing ini dapat ditemui dengan berbagai warna, mereka juga dapat memiliki pola bulu tortoiseshell, calico, hingga tabby.

Kucing Devon Rex dikenal cerdas, ramah terhadap anak-anak, dan senang berada di sekitar orang-orang maupun hewan peliharaan lain.

 

3 dari 3 halaman

Kucing Cornish Rex

Sementara kucing Cornish Rex, cenderung memiliki lapisan rambutnya yang ikal, namun lembut ketika disentuh. Lapisan ini tidak memiliki helai yang panjang, namun tetap terlihat bergelombang dan beriak. Jenis kucing Cornish memiliki aroma tersendiri, yang sering dideskripsikan “seperti keju”.

“Cornish Rex itu termasuk kategori kucing hipoalergenik, artinya, risiko atau tingkat penyebab alerginya sangat rendah,” kata Radhiyan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini