Sukses

Vidi Aldiano Jalani Spa Day dan Berbagi Hasil PET Scan Terbaru, Ada Penambahan Sel Kanker

Vidi Aldiano Kembali Hadapi Kenyataan Pahit Usai Liburan Bersama Keluarga. Balik Spa Day dan Hasil PET Scan yang Mengkhawatirkan

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, penyanyi solo pria Indonesia, Vidi Aldiano, membagikan kisahnya dalam melawan kanker ginjal.

Sepulangnya dari liburan panjang ke Eropa bersama keluarga dan istri tercinta, Sheila Dara Aisha, pelantun tembang 'Nuansa Bening' dihadapkan pada kenyataan pahit. 

Vidi Aldiano mengatakan bahwa dia harus menjalani spa day setiap tiga minggu sebagai bagian dari pengobatan kankernya. 

"Online Journal : Part 5. Kembali ke kemoterapi, hasil PET scan dan menerima kenyataan ini," begitu bunyi keterangan yang ditulisnya.

Di dalam video yang sudah ditonton ratusan ribu kali tersebut, Vidi, mengatakan,"Gua masih harus terus fight dan masih harus terus melakukan ini (spa day) setiap tiga minggu," katanya seperti dikutip Health Liputan6.com pada Rabu, 12 Juni 2024.

Lebih lanjut, penyanyi berumur 34 tahun tersebut mengungkapkan hasil PET scan yang sempat dijalaninya beberapa bulan yang lalu. Dari hasil PET scan yang dilakukannya, terungkap bahwa terdapat pembesaran atau penambahan sel kanker di beberapa titik di tubuhnya.

"Cumanat some spot yang lama ada yang mengecil banget dan ada yang hilang. Jadi kayak, I think for me mungkin it's a win," kata Vidi.

Vidi juga mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu dia baru saja mengonsumsi obat baru yang lebih kuat. Sehingga dia mengkhawatirkan efek sampingnya.

Namun, Vidi tetap merasa bahagia karena baru saja pulang dari liburan bersama dengan sang istri dan keluarga selama 3 minggu ke Eropa.

"Jujur kemarin tiga minggu di situ, mungkin karena gue happy banget dan ada Sheila juga di situ, trus air quality di sana juga bagus banget, jadi gue ngerasa healthy banget di situ."

Selama masa liburan tersebut, Vidi Aldiano tidak merasakan sakit atau pun nyeri apa pun dan merasa sangat sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kenapa Vidi Aldiano Hanya Punya 1 Ginjal?

Sejak lama Vidi Aldiano memang sudah terbuka mengenai kondisi kesehatannya. Pada 2019, Vidi mengumumkan bahwa dirinya didiagnosis dengan kanker ginjal.

Dia pun harus melakukan operasi pengangkatan ginjal di Singapura, kanker kanker ginjal yang diidapnya telah memasuki stadium 3 cukup ganas. 

Dengan begitu, Vidi sekarang hanya bertahan dengan 1 ginjal. Dan, untuk mendukung kondisi tersebut, Vidi Aldiano memutuskan untuk menjadi vegetarian agar tidak memperparah kondisinya, dan membantu kinerja ginjalnya yang sekarang hanya tersisa 1.

3 dari 5 halaman

Vidi Aldiano Memiliki Penyakit Apa?

Vidi Aldiano didiagnosis dengan kanker ginjal sejak 2019, yang mengharuskannya melakukan operasi pengangkatan ginjal lantaran dokter menyatakan bahwa kanker yang diidapnya cukup ganas.

Hingga saat ini, Vidi Aldiano harus rutin menjalani kemoterapi atau spa day sebagai rangkaian proses pengobatan penyakitnya. Meski begitu, baru-baru ini Vidi Aldiano mengungkapkan bahwa beberapa sel kanker di tubuhnya telah sangat mengecil atau bahkan menghilang.

Namun, dia juga mengungkapkan bahwa ada beberapa sel kanker yang muncul di titik baru. Sehingga dia tetap harus menjalankan spa day setiap tiga minggu dan mengonsumsi obat yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Kanker Ginjal Disebabkan Oleh Apa?

Meskipun penyebab pasti kanker ginjal masih belum diketahui, tapi penyakit yang diderita Vidi Aldiano dapat menyerang siapa saja.

Namun, beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap penyakit ini.

Berikut adalah beberapa faktor risiko utama kanker ginjal menurut Cancer Council:

  1. Merokok
  2. Paparan Bahan Kimia Berbahaya
  3. Riwayat Keluarga
  4. Kelebihan Berat Badan atau Obesitas
  5. Tekanan Darah Tinggi
  6. Penyakit Ginjal yang Sudah Parah
  7. Jenis Kelamin Laki-laki
5 dari 5 halaman

Apakah Vidi Aldiano Sembuh?

Dari penjelasan di atas, Vidi aldiano masih harus berjuang untuk sembuh secara total dari kanker ginjal yang diidapnya sejak 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini