Sukses

Rekomendasi Bahan Alami yang Manjur Sembuhkan Batuk Berdahak, Sudah Mencobanya?

Mau tahu apa saja bahan-bahan alami yang ampuh sembuhkan batuk berdahak? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca nggak menentu yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia ternyata membawakan dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu penyakit batuk berdahak, yang menyerang banyak orang dari berbagai usia. Penyakit seperti ini umum terjadi. Namun, jika tak segera diobati, tentu saja akan menguras energi dalam diri kamu.

Oleh karena itulah, sebelum bertambah parah, wajib banget mengatasi penyakit tersebut dengan cara yang tepat. Kamu bisa mencoba bahan-bahan alami untuk diolah menjadi obat batuk berdahak yang manjur dan mudah dibuat. Sejumlah obat alami batuk ini pun juga dipercaya dapat mengurangi dahak berlebih dan meredakan sensasi gatal di tenggorokan. Mau tahu apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jahe

Khasiat jahe memang ada banyak sekali. Salah satunya yaitu melegakan tenggorokan yang terkena batuk berdahak. Jahe memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung zat analgesik (pereda nyeri) di dalamnya. Dengan berbagai kebaikan tersebut, jahe bisa menjadi obat alami yang ampuh untuk meredakan batuk berdahak yang mengganggu. 

Untuk caranya, kamu bisa menyeduh jahe dengan air putih atau teh. Sensasi hangat dari jahe tersebut akan bisa mengencerkan dahak di saluran pernapasan dan melemaskan otot-otot tenggorokan yang menegang. Sehingga, batuk berdahak bisa berkurang dan tenggorokan terasa lebih nyaman.

3 dari 5 halaman

2. Air Garam Hangat

Garam yang dilarutkan di air hangat juga bisa menjadi obat alami batuk berdahak. Cara ini dapat mengurangi sensasi gatal pada tenggorokan ketika mengalami batuk. Selain itu, air garam hangat juga mampu menghambat perkembangan bakteri pada tenggorokan. Sehingga, batuk yang kamu alami jadi tak semakin parah.

Bila ingin menggunakan tips ini, kamu hanya perlu kumur-kumur saja air garam hangat setiap hari hingga batuk berdahak mereda. Untuk membuat larutannya, cukup masukkan ½ sdt garam ke dalam 250 ml air hangat. Lalu, aduk hingga merata dan mulailah berkumur.

4 dari 5 halaman

3. Madu

Madu pun bisa menjadi solusi alami meredakan batuk berdahak. Tahukah kamu bahwa di dalam madu sendiri terdapat efek antioksidan, antiinflamasi, dan demulcent, yang dapat melawan virus dan bakteri serta menenangkan peradangan pada saluran pernafasan. Bahan alami satu ini juga berkhasiat untuk meredakan sensasi nyeri pada tenggorokan akibat batuk berdahak yang dialami.

Buat yang ingin mencoba pengobatan alami ini, cukup campur saja 2 sdm madu ke dalam air hangat biasa atau teh hangat. Sensasi hangat yang dihasilkan biasanya akan sanggup bikin tenggorokan lebih lega dan mengurangi batuk yang dialami.

5 dari 5 halaman

4. Daun Mint

Bahan alami terakhir yang bisa dicoba untuk mengobati batuk berdahak adalah daun mint. Tumbuhan satu ini bermanfaat untuk melegakan tenggorokan berkat sensasi dingin pada kandungan menthol di dalamnya. 

Nah, untuk memanfaatkannya, kamu bisa langsung saja memasukkan beberapa lembar daun mint yang dihancurkan ke dalam gelas. Lalu, tambahkan air hangat dan aduk hingga merata. Minum campuran daun mint dan air hangat ini agar khasiat yang didapatkan bisa maksimal.

Itu tadi beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk berdahak. Ingat ya, berbagai cara ini bisa kamu gunakan sebagai penanganan pertama yang tepat. Dan catat pula bahwa efek yang diberikan pun bisa berbeda dari satu orang ke lainnya. Akan tetapi, jika sudah mencoba sejumlah tips di atas dan kondisimu tak kunjung membaik, ada baiknya bila segera berkonsultasi dengan pihak medis terdekat. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.