Sukses

Bunga Kecombrang, Bumbu Dapur yang Bikin Wangi Masakan Ternyata Kaya Antioksidan

Bunga kecombrang kerap jadi bumbu dapur yang bikin wangi masakan, ternyata kaya antioksidan.

Liputan6.com, Jakarta Kecombrang, tanaman yang punya bahasa Latin Etlingera elatior adalah tanaman herba yang berasal dari Asia Tenggara. Ada sebagian orang Indonesia yang menyebut tanaman ini dengan honje di Indonesia, sementara itu di Malaysia menyebutnya dengan bunga kantan.

Nah, dalam beberapa tahun terakhir populer hadir dalam masakan di Indonesia. Bagian bunga kecombrang kerap digunakan sebagai bumbu dapur dalam berbagai masakan. Termasuk digunakan chef Devina Hermawan dalam resep Sambal Udang Kecombrang.

Banyak yang suka dengan aroma pada makanan yang ditambahkan bunga kecombrang. Bagi yang belum tahu, kecombrang ini memiliki aroma yang wangi perpaduan bunga dan buah.

"Rasa kecombrang itu aromanya floral, ada fruity. Rasanya asam, sepet gitu," kata alumni Masterchef Indonesia Season 5 dalam akun YouTube Devina Hermawan yang diunggah setahun lalu.

Kaya Antioksidan

Berbagai studi sudah pernah melakukan penelitian sebelumnya mengenai aktivitas antioksidan kecombrang bagian rimpang dan daun. Namun, pada 2011 peneliti Tan Jackie dan kawan-kawan mencari tahu kandungan oksidan pada bunga kecombrang.

Studi tahap awal menunjukkan ekstrak dari bunga kecombrang memiliki antioksidan yang baik untuk melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh timbal.

"Ekstrak bunga kecombrang tersebut mungkin merupakan agen terapi yang bisa melawan toksisitas timbal," kata Jackie dalam studi yang dipublikasikan BMC Research.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunga Kecombrang Dikonsumsi Masyarakat Thailand dan Malaysia

Mengingat tanaman ini ada di Asia Tenggara, maka negara-negara tetangga Indonesia juga menjadikan bunga tanaman tersebut sebagai bumbu masakan.

Orang-orang Thailand dan Malaysia juga menjadikan bunga kecombrang dalam masakan, bahkan pada beberapa masyarakat dimakan mentah seperti mengutip dari BMC Research.

Di Malaysia, bunga kecombrang biasa hadir untuk menambah cita rasa lezat pada masakan sana seperti laksa Penang, nasi kerabu dan nasi ulam.

3 dari 3 halaman

Orang Malaysia Meyakini Kecombrang untuk Atasi Sakit Telinga

Di Malaysia, orang-orang setempat meyakini kecombrang juga memiliki khasiat untuk kesehatan.Mereka menggunakan rebusan dari kecombrang digunakan untuk mengobati sakit telinga.

Lalu, daun kecombrang diyakini membantu penyembuhan luka oleh masyarakat di sana.

Sebuah studi juga pernah dilakukan oleh Habsha M pada 2005 yang terbit di Malaysian J Med Sci disebutkan bahwa tunas bunga muda E. elatior dilaporkan memiliki sifat antimikroba, sitotoksik dan anti tumor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.