Sukses

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Tidur Tak Nyenyak, Perhatikan Ya!

Tidur Tak Nyenyak? 5 Kebiasaan Ini yang Jadi Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Masalah tidur rentan dialami oleh orang dewasa. Banyak faktor yang membuat seseorang sulit tidur di malam hari, seperti banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

Padahal, terganggunya waktu tidur bisa menunjang risiko penyakit berbahaya, seperti jantung dan penyakit kronis lainnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, istirahat yang cukup lebih dari tujuh jam membuat tubuh lebih sehat.

Sementara The National Institute of Health menyebut bahwa kurang tidur apalagi sulit mendapatkan tidur nyenyak bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh serta fungksi otak.

Dampak paling parah akibat tidak memperoleh tidur berkualitas, mood menjadi acak-acakan hingga memperburuk kondisi mental.

Agar kualitas hidup lebih baik, cobalah perbaiki kualitas tidur dengan tidak melakukan kebiasaan buruk sebelum tidur. dari New York Post, 

Tips Dari Ahli Biar Tidur Nyenyak

Karan Rajan, seorang ahli bedah di Layanan Kesehatan Nasional Inggris yang memiliki jutaan pengikut di media sosial membagikan lima kebiasaan buruk yang mengganggu tidur.

1. Makan Sebelum Tidur

Tidak disarankan untuk melakukan ini sebelum tidur, karena bisa meningkatkan gangguan pencernaan di tengah malam atau dini hari.

"Dibutuhkan waktu 90 menit agar 50 persen lambung Anda bermuara ke usus halus, sehingga semakin kenyang lambung maka semakin tinggi kemungkinan terjadinya refluks asam," katanya dikutip dari New York Post pada Minggu 3 September 2023.

Rajan, menyarankan, setelah makan dengan porsi yang besar, lebih baik menunggu dua hingga tiga jam sebelum tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minuman Turut Memengaruhi Kualitas Tidur

2. Meminum Air Sebelum Tidur

Banyak orang yang berpikir bahwa minum sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Kenyataannya, di beberapa orang yang melakukan ini sebelum tidur, membuat mereka terbangun di malam hari, untuk buang air kecil.

Hal tersebut disebabkan tubuh meningkatkan produksi hormon ADH saat tidur.

"Jika Anda minum banyak air sebelum tidur, hal itu dapat menekan produksi ADH (hormon) sehingga Anda lebih sering buang air kecil, lebih sering terbangun, dan mengganggu tidur Anda," katanya.

3. Meminum Alkohol

Minum alkohol bisa mengacaukan siklus tidur. Sebab, ketika meminum alkohol, kondisi tubuh secara tiba-tiba pingsan dan bangun di waktu yang tidak tertentu.

Menurut The Cleveland Clinic, dalam siklus tidur seharusnya bermimpi bukan 'pingsan'.

Disebabkan alkohol menyebabkan pingsan, membuat seseorang terbangun di waktu yang tidak biasa di malam hari, sehingga mengganggu siklus tidur.  

3 dari 3 halaman

Penyebab Lain dari Kualitas Tidur yang Buruk

4. Tempat Tidur Telalu Panas

Biasanya kondisi cuaca panas mempengaruhi ruangan dan benda disekitar menjadi panas. 

Rajan menunjukkan grafik puncak suhu tubuh biasanya terjadi pada pukul 7 malam, setelah itu muncul rasa kantuk.

Namun, jika ruangan dan tempat tidur terlalu panas, hal ini dapat mengganggu siklus tidur.

"Ada peningkatan produksi melatonin. Pada dasarnya, tubuh kita perlu menjadi lebih sejuk agar bisa tidur lebih cepat," ujarnya.

5. Mengonsumsi Kafein

Minum kopi sebelum tidur tidak disarankan. Sebab, kafein dapat memblokir neurotransmitter yang disebut adenosin, yaitu molekul yang membuat Anda merasa lelah.

"Kafein tidak membuat Anda lebih waspada, hanya membuat Anda kurang mengantuk, karena mencegah penumpukan molekul tidur," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini