Sukses

Makan Timun Usai Kalap Santap Daging Kurban, Ngefek Nggak Sih untuk Menurunkan Kolesterol?

Untuk mencegah atau mengurangi naiknya kolesterol usai makan daging merah termasuk daging kurban Idul Adha salah satunya dengan juga mengonsumsi serat.

Liputan6.com, Jakarta Timun jadi andalan usai santap banyak daging, terlebih makan sate. Disebut-sebut makan timun bisa menurunkan kolesterol. Benarkah hal itu?

Terkait ini, dokter spesialis gizi klinik konsultan Ida Gunawan dari RS Pondok Indah (RSPI) - Puri Indah menjelaskan bahwa untuk mencegah atau mengurangi naiknya kolesterol usai makan daging merah salah satunya dengan juga mengonsumsi serat. Selain itu, plant stenol atau plant sterol itu juga baik untuk menurunkan kolesterol.

Timun sendiri mengandung serat juga plant sterol. "Kalau mentimun, itu mengandung 2 gram serat dalam 110 gram timun. Juga mengandung 278 mg  plant sterol," jelas Ida Gunawan lewat rekaman ke Health-Liputan6.com.

Namun, berdasarkan penelitian untuk bisa menurunkan kolesterol itu butuh 2 gram plant sterol. 

"Jadi, cara mudahnya untuk bantu menurunkan risiko naiknya kolesterol usai makan daging merah ya dengan banyak makan sayur beraneka ragam, bisa juga tambahkan plant sterol atau plant stanol," katanya.

Kandungan Kolesterol pada Daging Kurban

Diantara jenis-jenis daging kurban Idul Adha, kambing lebih sedikit kolesterol dari sapi dan domba. Pada 100 gram daging kambing, di dalamnya terdapat 75 mg kolesterol. Sementara itu, daging domba dengan berat yang sama mengandung 110 mg kolesterol.

Lalu, bagaimana dengan daging sapi yang juga jadi daging kurban Idul Adha?

Ida Gunawan menjelaskan bahwa dalam 100 gram daging sapi bagian sirloin mengandung 90 mg kolesterol. Sirloin adalah potongan daging yang berasal dari punggung sapi. Potongan daging bertekstur lebih alot dibandingkan tenderloin lantara lemak lebih sedikit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kadar Kolesterol Daging Kambing Lebih Rendah dari Sapi

Bila menilik data di atas, artinya daging kambing memiliki kolesterol yang lebih rendah dari sapi dan domba.

"Ini artinya daging kambing malah punya kandungan kolesterol lebih rendah dibandingkan daging sapi potongan sirloin dan daging domba," kata Ida Gunawan. 

Jika Anda kemarin atau hari ini menyantap daging kambing Idul Adha dalam jumlah secukupnya, seharusnya tidak membuat kadar kolesterol dalam tubuh melonjak.

"Jadi, kalau mengonsumsi daging kambing tidak berlebihan seharusnya tidak meningkatkan kolesterol ya," lanjutnya. 

3 dari 3 halaman

Batas Maksimal Konsumsi Daging Merah

Menurut World Cancer Research Fund, daging merah boleh dikonsumsi orang dewasa sebanyak 3 porsi atau sekitar 350 - 500 gram dalam seminggu. 

Pembatasan konsumsi daging merah perlu dilakukan mengingat sumber pangan satu ini kaya akan lemak jenuh dan kolesterol. Bila berlebihan mengonsumsinya bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

"Hal ini bisa menimbulkan penyakit kardiovaskular serta ikut menningkatkan risiko kanker kolorektal," kata Ida Gunawan lagi.

Meski begitu, daging merah juga salah satu sumber protein yang dibutuhkan tubuh. Selain itu mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.