Sukses

Umur Berapa Anak Kucing Mulai Bisa Dimandikan?

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga anak-anak bulu tetap bersih dan sehat perlu dilakukan. Namun, usia berapa anak kucing bisa mulai dimandikan?

Beberapa kucing yang berbulu pendek mungkin tidak perlu sering mandi, sementara kucing dengan bulu panjang sering membutuhkan lebih banyak bantuan dalam hal kebersihan.

Memandikan kucing terlalu sering dapat mengeringkan kulit, jadi cobalah untuk menghindari sesuatu yang lebih sering dari setiap 4-6 minggu atau lebih.

Ada dua hal yang patut diperhatikan terkait kebiasaan memandikan kucing. 

1. Anak kucing paling mudah dimandikan, jadi mulailah segera setelah Anda mengadopsinya, selama usianya minimal 4 minggu.

Sementara itu, menurut Animal Compassion Network, Anda bisa memandikan anak kucing yang berusia minimal 8 minggu dengan shampo kitten. Jangan pernah menggunakan sampo yang dibuat untuk orang atau kucing dari segala usia. Produk perawatan yang dibuat untuk manusia terlalu agresif untuk kucing, terutama anak kucing kecil.

Pilihlah sampo khusus anak kucing yang lembut. Berhati-hatilah untuk memastikan bahwa Anda tidak pernah membiarkan air atau sampo anak kucing masuk ke dalam mulut, telinga, atau mata si kecil.

2 Mereka mungkin stres karena mandi, jadi ikuti rekomendasi dokter hewan Anda dalam kasus ini.

Aktivitas memandikan kucing bisa sangat menantang. Sebelum membasahi kucing, sikat bulunya dengan saksama. Sedangkan untuk Anda, kenakan pakaian lama dan bersiaplah untuk basah.

Sebelum mulai memandikan kucing, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Diantaranya yakni menyiapkan peralatan mandi serta kondisi lokasi memandikan kucing. Mungkin ini terdengar sedikit merepotkan, namun menyiapkan hal-hal berikut ini akan memudahkan pemilik anabul dalam proses kucing mandi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Perlengkapan Mandi Anabul

Area mandi harus hangat dan bebas angin. Bak mandi bisa digunakan, tetapi Anda akan lebih nyaman jika bisa memandikan kucing di wastafel setinggi pinggang. Jauhkan semua barang pecah belah dari jangkauan dan jauhkan tirai atau tirai kamar mandi. Hindari apa pun (aroma kuat, benda menakutkan, cermin) yang berpotensi menakuti kucing, agar kucing bisa mandi senyaman mungkin.

Siapkan sampo, beberapa handuk, dan waslap di dekat wastafel atau bak mandi, dan alirkan air hangat sebelum Anda membawa kucing. Suhu mandi kucing harus sekitar suhu tubuh, dengan kata lain cukup hangat tapi tidak terlalu panas sehingga tidak nyaman.

Tempatkan handuk atau alas karet di dasar bak atau bak cuci. Kucing membenci pijakan yang tidak aman pada permukaan yang licin dan ini akan membuatnya tidak terlalu stres. Atau, coba berdirikan kucing di atas peti susu plastik agar kucing Anda dapat mencengkeramnya dengan cakarnya. Ini juga memungkinkan Anda untuk lebih mudah mencuci kucing dari atas dan bawah.

Tutup pintu ke area tempat memandikan kucing, atau Anda berisiko kucing yang bersabun melarikan diri.

3 dari 4 halaman

Hindari Menuangkan Sampo Langsung pada Anak Kucing

Kucing memiliki indra penciuman yang kuat, kata Bales. Bagi mereka, sampo beraroma bisa terasa seperti "dibuang ke dalam botol parfum," jelas Dr. Liz Bales, seorang dokter hewan dan pendiri Feline Environmental Enrichment Design Company.

Hindari meletakkan sabun langsung pada anak kucing. Bales menyarankan untuk mencampur sampo dan air dalam piring kecil dan menggunakan busa untuk memandikan kucing.

Kedua dokter menyarankan untuk tidak memakai sarung tangan selama proses tersebut.

“Saat Anda memakai sarung tangan, Anda kehilangan indra peraba yang sensitif,” kata Dr. Anne Lorkowski, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Hewan Norco di Norco, California.

"Sulit untuk mengatakan seberapa kuat Anda saat memegang anak kucing itu."

Jika kucing sedang tidak bersenang-senang dan Anda takut akan tercakar, biarkan kucing pergi. Bahkan jika itu membuat berantakan.

“Lebih mudah membersihkan air daripada pergi ke dokter,” katanya, dlansir PetMD.

4 dari 4 halaman

Hindari Area Wajah Anak Kucing

Hindari penggunaan sabun dan air di sekitar wajah dan mata. Hanya kain lap basah yang Anda butuhkan di sini. Anda juga ingin menghindari menggosok area dubur, karena dapat menyebabkan iritasi.

Lorkowski merekomendasikan untuk membilas kucing tiga kali agar sabun tidak menempel di kulit dan menyebabkan iritasi.

Saat waktu mandi selesai, tepuk-tepuk anak kucing hingga kering dengan handuk baru dari pengering. Meskipun penting untuk mengeringkan dan menghangatkan kucing sesegera mungkin, jangan tergoda untuk menggunakan pengering rambut; hembusan udara panas bisa membakar kulit halusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.