Sukses

4 Cara Bikin Kucing Senang meski Pemilik Sedang Pergi

Sebagai manusia yang memiliki kesibukan tentu pemiliki kucing tak bisa menemani anabul secara terus menerus. Bagaimana cara membuat kucing tetap senang walau pemilik sedang pergi?

Liputan6.com, Jakarta - Saat pergi dan meninggalkan kucing peliharaan di rumah sepanjang hari, Anda mungkin sering merasa khawatir dan bersalah karena meninggalkan hewan kesayangan sendirian.

Punya kesibukan di luar rumah, tentunya tak bisa menemani kucing peliharaan di rumah secara terus menerus.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara lain untuk membantu kucing tetap berkegiatan dan terhibur saat Anda pergi, karena mereka tidak bisa tidur terus menerus sepanjang hari.

Apa saja aktivitas kucing yang dapat dilakukan agar mereka tetap merasa senang, meski pemiliknya sedang pergi?

Teman Baru

Jika kucing merupakan satu-satunya hewan peliharaan, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengadopsi kucing lain sebagai teman barunya.

Namun, perlu diingat bahwa sulit mengenalkan dua hewan baru di dalam satu rumah. 

Bagi hewan peliharaan yang baru, pindah ke tempat baru bisa membuatnya merasa tegang. Sementara hewan peliharaan yang sudah lama tinggal di sana mungkin merasa wilayahnya terancam, seperti melansir PetMD.

Menurut aktivis kesejahteraan hewan Hester Pommerening, kita harus memberikan waktu pada dua kucing untuk saling mengenal dengan tenang dan tidak memaksakan mereka untuk bertemu. 

“Dalam hal ini, kucing tidak harus bertemu, tetapi diperbolehkan untuk terbiasa dengan aroma satu sama lain terlebih dahulu,” kata Pommerening kepada The Star.

Jika perlahan-lahan berhasil, usaha ini sangat berharga bagi kucing Anda karena mendapat teman yang dapat dia sayangi dan ajak main bersama.

Dua kucing atau lebih dapat menciptakan permainan baru meski ketika Anda tidak berada di rumah untuk menyaksikannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikan Tempat Khusus Bermain

Semua kucing tentu suka bermain. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk punya tempat khusus untuk bermain.

Anda bisa menyiapkan sudut ruangan atau jendela sebagai tempat bermain. Sediakan juga pohon kucing dan penggaruk kucing khusus untuk melatih cakar kucing.

Kucing juga akan senang jika ada tempat duduknya yang menghadap ke luar rumah. 

Menurut ahli perilaku hewan dan co-founder dari Feline Minds, Mikel Delgado, memberikan penggaruk kucing, tempat duduk di jendela, dan pohon kucing dapat membuat mereka merasa lebih aman dan bisa mengawasi lingkungannya.

Anda bisa menaruh makanan burung di luar jendela untuk memberikan mainan hiburan, seperti bola atau tikus berbulu, untuk mereka mainkan. 

3 dari 4 halaman

Makan dengan Puzzle Feeders

Jika kucing Anda suka makanan camilan, ada mainan makanan teka-teki yang bisa membuatnya sibuk.

Alat puzzle feeders merupakan alat makan dengan teka-teki, bisa berupa mainan bola sederhana yang mengeluarkan makanan kucing ketika dipukul.

Namun, makanan hanya akan keluar jika kucing Anda bisa memecahkan teka-teki atau memutar mainan dengan benar.

Mainan ini akan membantu merangsang otak dan otot kucing Anda.

Untuk menghindari kucing Anda makan terlalu banyak camilan, Anda bisa menggunakan makanan kucing yang di dehidrasi atau beku untuk mengisi mainan interaktif kucing, sehingga asupannya dapat terkontrol dengan baik.

4 dari 4 halaman

Suara yang Menenangkan

Penyair William Congreve pernah menulis bahwa "musik dapat menenangkan jiwa yang liar." Ini tak hanya berlaku di manusia, tetapi juga untuk hewan peliharaan.

Jika kucing Anda terbukti merespons dengan baik pada jenis musik tertentu, Anda bisa mengumpulkan lebih banyak musik serupa dan memutar volume rendah di rumah ketika Anda pergi.

Jika tidak yakin, Anda bisa memilih musik klasik yang lembut. Adapun pilihan musik meditasi yang membuat kucing merasa tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.