Sukses

Konsumsi 4 Makanan Ini Saat Kamu Jalani Diet Sehat

Untuk mencapai diet sehat juga harus bisa menyeimbangkan asupan kalori dengan kalori yang dibakar tubuh. Selain itu, diet yang sehat juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral.

Liputan6.com, Jakarta Diet seringkali dianggap sebagai metode untuk mencapai berat badan yang ideal. Diet sehat yang efektif tidak selalu berkaitan dengan penundaan waktu makan atau puasa seperti yang dikenal dalam pola makan tertentu. 

Untuk mencapai diet sehat juga harus bisa menyeimbangkan asupan kalori dengan kalori yang dibakar tubuh. Selain itu, diet yang sehat juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral.

Penting untuk memperhatikan kualitas dan jenis makanan yang dikonsumsi serta mengatur porsi makanan dan waktu makan dengan bijak. Beberapa strategi yang dapat membantu mencapai pola makan sehat termasuk memilih makanan yang kaya akan serat, protein, vitamin dan mineral, serta memperhatikan pilihan karbohidrat kompleks yang tidak hanya akan memberikan energi yang cukup, tetapi juga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Dr, Anant Vinjamoori, Chief Medical Officer dari Modern Ages mengatakan asupan protein juga sangat penting bagi kesehatan tubuh. 

“Protein memiliki fungsi untuk membangun dan mempertahankan massa otot yang memiliki jangka panjang pada waktu penuaan,” ujarnya. 

Asupan protein diketahui dapat membantu membentuk sel imun dalam tubuh dan memelihara jaringan otot. Selain protein yang dapat yang memegang peranan besar untuk semua sel tubuh, ketika diet kamu juga harus memperhatikan nutrisi lain yang bisa didapatkan dari makanan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kacang

Kacang merupakan salah satu makanan yang sering menjadi alternatif untuk diet sehat bagi banyak orang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine menunjukan bahwa orang yang makan kacang, sperti almond, pistachio, dan semua jenis kacang memiliki risiko kematian lebih rendah akibat penyakit apapun. 

3 dari 5 halaman

2. Bawang Merah

Bawang merah mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, serat, dan kalium. Bawang merah juga mengandung senyawa allicin yang memberikan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

Tidak hanya itu, bawang merah juga cocok untuk diet sehat karena rendah kalori dan rendah lemak serta mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan membantu menjaga perut kenyang lebih lama. Kandungan serat pada bawang merah juga membantu mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

4 dari 5 halaman

3. Kunyit

Kunyit telah dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kunyit juga kaya akan zat besi, vitamin C, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Zat besi diperlukan untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah, sedangkan vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit kronis seperti kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung

Dengan mengonsumsi kunyit sebagai bagian dari diet sehat, kamu dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan kronis dan kondisi kesehatan lainnya. Kunyit dapat diolah menjadi banyak bentuk, mulai dari rempah-rempah yang digunakan dalam masakan, sampai minuman dan suplemen kesehatan. Namun, sebelum memulai program diet atau mengonsumsi kunyit dalam bentuk apapun, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

5 dari 5 halaman

4. Delima

Buah delima, atau juga dikenal dengan nama Punica granatum, adalah buah yang kaya akan nutrisi dan serat yang sangat baik untuk program diet sehat. Buah delima juga mengandung senyawa polifenol yang tinggi, seperti punicalagin dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

Senyawa-senyawa ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Dalam konsumsi buah delima, kamu dapat memakannya secara langsung, diiris menjadi salad buah, dijadikan jus atau sirup, dan bahkan digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. 

Diet sehat dengan konsumsi 4 makanan ini memang dapat membantu kamu meningkatkan kualitas hidup lebih lama. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi makanan sehat saja tidak cukup, kamu juga perlu menjaga gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan mengurangi stres untuk mendapatkan manfaat yang optimal. 

Selain itu, pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jumlah dan cara konsumsi makanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian kamu.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini