Sukses

Pentingnya Edukasi Kesehatan Perempuan hingga Kesehatan Reproduksi Bagi Wanita Indonesia

BMHS terus mengedukasi pentingnya pemeriksaan kesehatan perempuan dan kesehatan reproduksi

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan perempuan dan ibu merupakan hal yang perlu mendapat prioritas dan perhatian khusus terus menerus. Terutama kesehatan calon ibu yang sedang mengandung.

Dijelaskan Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Zahra, Palembang, dr Sylvie Dwi Kusuma, kesehatan ibu hamil mempengaruhi kesehatan janin secara langsung.

Oleh sebab itu, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi berbagai risiko kesehatan sejak dini.

Kesehatan Perempuan Turut Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi

Menurut Sylvie, kesehatan reproduksi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik wanita secara keseluruhan. Kondisi-kondisi kesehatan seperti menstruasi, hamil, melahirkan, hingga menopause memiliki dampak cukup signifikan pada kesehatan Kaum Hawa.

"Edukasi dan akses terhadap layanan kesehatan perlu terus diperluas ke setiap perempuan Indonesia. Dan, sebagai bagian dari upaya tersebut, BMHS melalui RSIA Az Zahra Palembang menginisiasi edukasi dan pemeriksaan kesehatan secara gratis khusus perempuan," kata Sylvie dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu, 8 Maret 2023.

"Program tersebut diharapkan dapat turut meningkatkan kualitas kesehatan perempuan sehingga mereka mengoptimalkan perannya dalam menjaga kesehatan keluarganya," dia menambahkan.

Layanan konsultasi yang disediakan oleh BMHS pada kesempatan ini mencakup pemeriksaan konsultasi dengan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, pemeriksaan USG 4D, konsultasi, dan pijat laktasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesehatan Reproduksi Wanita

Selain itu, program ini juga didukung oleh Diagnos Laboratorium untuk pemeriksaan gula darah sewaktu, kolesterol, dan asam urat, serta didukung oleh Morula IVF Indonesia dalam pelaksanaan Fertility Talkshow.

Diagnos Laboratorium dan Morula IVF merupakan unit bisnis yang tergabung dalam ekosistem BMHS.

Sementara itu, kata Sylvie, sebagai penyedia ekosistem layanan kesehatan menyeluruh, BMHS juga terus meningkatkan layanannya di 3 jaringan RSIA yang dimilikinya, yaitu RSIA Bunda Jakarta, RSIA Bunda Ciputat dan RSIA Az Zahra Palembang.

"Lewat ketiga RSIA tersebut, BMHS hadir membantu perkembangan perawatan kesehatan ibu, anak, dan seluruh pasien lewat sejumlah fasilitas unggulan," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Akses Layakanan Khusus Kesehatan Perempuan

Managing Director PT Bundamedik Tbk, Nurhadi Yudiyantho, menjelaskan, pihaknya melihat bahwa perempuan memiliki peran yang sangat krusial dalam mendidik generasi penerus bangsa, sehingga kondisi kesehatan mereka perlu untuk diprioritaskan.

Oleh sebab itu, pihaknya percaya bahwa dengan tersedianya akses layanan kesehatan khusus perempuan, seperti melalui kehadiran RSIA ini, dapat turut meningkatkan kualitas kesehatan perempuan.

"Kedepannya, kami akan terus memperkuat komitmen kami dalam menghadirkan layanan kesehatan berkualitas bagi para perempuan melalui jaringan RSIA kami yang telah tersebar di 3 kota di Indonesia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.