Sukses

Kulit Wajah Jadi Cerah dan Berseri dengan 10 Bahan Alami Ini, Sudah Pernah Coba?

Berikut ini bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah yang cerah dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Akan tetapi, merawat kulit wajah adalah suatu hal yang susah susah gampang. Pasalnya, ada beberapa kondisi eksternal yang tidak dapat dihindarkan dan membuat wajah menjadi kusam dan terlihat tidak terawat. 

Salah satu yang berperan penting dalam membuat kulit wajah dalam kondisi yang tidak baik adalah sinar matahari. Ya, jika Anda menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar ultraviolet tidak bisa dihindari. 

Sinar ultraviolet dapat membuat kulit wajah menjadi kering, timbulnya flek hitam, kusam, hingga yang paling parah adalah kanker kulit. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir paparan sinar UV, salah duanya dengan memakai pelindung wajah atau menggunakan sunscreen jika beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi dokter kecantikan untuk mendapatkan beberapa treatment dan perlengkapan perawatan wajah yang lengkap.

Jika tidak memiliki biaya yang cukup untuk pergi ke dokter kecantikan, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang dapat membuat kulit wajah menjadi cerah dan sehat.

Bahan-Bahan tersebut bisa Anda jadikan sebagai masker wajah dan diaplikasikan sehari-hari. Mau tahu apa saja bahan alami yang dapat mencerahkan dan menyehatkan wajah? Lihat daftarnya berikut ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Bahan Alami Cerahkan Kulit Wajah

Dari sekian banyak buah-buahan dan sayuran, terdapat beberapa bahan alami yang dapat mencerahkan kulit wajah Anda. Apa saja?

Putih Telur

Bahan alami satu ini mengandung protein yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, dapat meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan diganti sel kulit baru lebih sehat.

Selain mencerahkan kulit wajah, putih telur juga dapat mengencangkan kulit wajah, mengangkat komedo, menyerap kembali minyak di wajah, membersihkan kotoran di pori-pori wajah, hingga mencegah jerawat.

Lemon

Buah satu ini memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. 

Lemon juga mencegah penuaan dini terjadi, mencegah hiperpigmentasi kulit, hingga mencegah kanker kulit. Ternyata, selain mencerahkan kulit wajah, lemon juga memiliki manfaat besar lainnya, bukan?

Bengkoang

Kulit wajah juga dapat dicerahkan dengan menggunakan bengkoang. Seperti yang diketahui, telah banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai pemutih wajah.

Bagaimana tidak? Pasalnya, bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berperan penting dalam mencerahkan kulit wajah. Selain itu, vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi dengan baik.

Tomat

Senyawa antioksidan (lycopene) yang terdapat pada tomat telah terbukti dapat menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut dapat membantu kulit wajah Anda menjadi cerah dan berseri. Tak hanya itu, tomat juga dapat menjadi tabir surya alami guna memperkecil kerusakan di kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

Alpukat

Tidak hanya menjadi santapan pelengkap saat makan saja, alpukat ternyata dapat mencerahkan kulit wajah Anda, lho. Selain itu, alpukat juga dapat membuat Anda terhindar dari keriput dan mencegah penuaan dini.

Hal tersebut dimungkinkan karena alpukat kaya akan karotenoid antioksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin C dalam alpukat dapat membuat elastin dan kolagen pada tubuh terjaga. Sementara vitamin E berguna untuk mencegah penuaan dini akibat paparan sinar ultraviolet. 

3 dari 3 halaman

Salah Satunya Lobak Putih

Lobak Putih

Sayuran satu ini juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah anda, lho. Lobak putih kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B Kompleks, fosfor dan zinc. Semua kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Selain itu, lobak putih juga dapat membuat kulit tetap lembap dan sehat.

Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain yang berguna untuk meregenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E menjadi antioksidan yang dapat menutrisi kelembapan kulit wajah Anda.

Jeruk Nipis

Buah satu ini dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat dan mengeringkannya dengan cepat. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mencerahkan kulit wajah Anda, lho.

Pasalnya, jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. 

Minyak Zaitun

Selain bermanfaat untuk rambut, minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk kulit wajah, lho. Minyak zaitun memiliki kandungan zat linolenic acid yang bisa menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Selain itu, jenis minyak satu ini mengandung antioksidan polifenol yang bertujuan melindungi sel-sel di kulit dari peradangan atau kerusakan.

Lidah Buaya

Selain untuk menjaga kesehatan rambut, lidah buaya juga mengandung aloesin, yaitu zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap.

Dengan kandungan tersebut, lidah buaya banyak dimasukkan ke dalam komposisi dari berbagai produsen obat pencerah kulit. Anda bisa mencoba lidah buaya untuk diaplikasikan ke wajah dalam bentuk masker, ya. 

Nah, itulah 10 bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mencerahkan kulit wajah tanpa harus pergi ke dokter kecantikan. Anda harus ingat, rutin merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang mengandung Ekstrak Lemon dan Vitamin C. Dengan kedua kandungan tersebut, Anda dapat mencerahkan wajah secara maksimal. Selain itu, Anda juga dapat mencari masker wajah yang mengandung Hyaluronic Acid untuk melembapkan kulit, ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.