Sukses

Mimpi Diselingkuhi Pasangan Punya Banyak Arti, Bisa Jadi Anda Takut Ditelantarkan

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana mimpi Anda semalam? Apakah itu mimpi baik atau mimpi buruk?

Mimpi yang dialami seseorang bervariasi. Terkadang, Anda dapat memiliki lebih dari 1 alur mimpi tiap malamnya. Namun, pernahkah Andah mimpi diselingkuhi pacar?

Jika hanya sekali mungkin bisa dianggap angin lalu. Akan tetapi, jika terjadi terus-menerus tentunya ada yang salah. Bisa jadi Anda khawatir akan sesuatu. Bisa juga mimpi ini merupakan manifestasi perasaan Anda akan hubungan yang telah lampau maupun hubungan saat ini.

Jadi, apa alasan terus mimpi pacar bermain di belakang? Berikut beberapa alasan Anda terus mengalami mimpi tidak menyenangkan ini, dilansir dari situs Bustle.

1. Merasa Tidak Aman

Apakah Anda terus membayangkan hubungan yang gagal atau sang kekasih yang tidak bahagia? Loewenberg mengatakan jenis kekhawatiran ini paling sering membuat Anda bermimpi pacar selingkuh.

Sedikit saja rasa khawatir bahwa hubungan Anda akan berantakan, maka otak akan langsung mengubahnya menjadi mimpi dikhianati sang belahan jiwa dalam skenario terburuk.

Meskipun sulit, Anda perlu memberitahu pasangan akan apa yang membuat khawatir dan tidak nyaman hingga bisa bermimpi seperti itu. Setelah itu, munculkan hal-hal yang dapat Anda berdua lakukan untuk meningkatkan kepercayaan dan dukungan dalam hubungan. Dengan begitu, Anda akan merasa lega.

2. Anda Tidak Setia

Menurut seorang psikologis klinis dan penulis Date Smart Dr. Marie Manly, mimpi selingkuh juga bisa mengindikasikan bahwa Anda tidak setia atau berbuat salah dalam beberapa hal. Mungkin Anda adalah orang yang berselingkuh, menahan diri, atau menyimpan rahasia besar dari pasangan.

Mimpi selingkuh mungkin mewakili bahwa, jauh di lubuk hati, Anda menyadari tindakan yang dilakukan menunjukkan ketidaksetiaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Pernah Diselingkuhi Sebelumnya

Masuk akal jika bermimpi diselingkuhi apabila sang kekasih pernah selingkuh di masa lalu, terutama jika Anda belum memproses apa yang terjadi atau belum siap membangun kembali kepercayaan.

Jika Anda memutuskan untuk tetap bersama, semua tergantung bagaimana cara pasangan untuk bisa membuat Anda merasa lebih aman. Akan tetapi, ia hanya bisa tahu apa yang harus dilakukan jika Anda jujur tentang apa yang dibutuhkan.

Jika mantan berselingkuh di masa lalu, mimpi ini menunjukkan ketakutan jika pasangan Anda saat ini akan melakukan hal yang sama.

"Normal untuk bermimpi berdasarkan ketakutan dan kecemasan dari pengalaman pahit masa lalu yang kita harap tidak akan terulang lagi" ucap terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Katie Ziskind, LMFT.

"Jika Anda pernah diselingkuhi oleh mantan, Anda mungkin membawa ketakutan ini ke hubungan yang sekarang melalui mimpi."

4. Memproses Masa Lalu

Mimpi selingkuh juga bisa berarti Anda akhirnya berdamai dengan fakta pernah diselingkuhi mantan pacar.

"Ini hanya cara otak Anda memproses trauma," kata terapis Cassandra Lange, LCSW, MEd. "Jika ini masalahnya, saya akan membicarakan cara menanganinya dengan terapis atau teman."

3 dari 4 halaman

5. Ada Orang Ketiga

Bahkan jika pasangan Anda tidak selingkuh atau menyukai orang lain, mimpi ini mungkin petunjuk bahwa ada sesuatu yang terjadi di antara Anda berdua.

Mungkin seorang teman, peliharaan baru, atau pekerjaan—apa pun yang dapat membuat Anda merasa seolah pasangan selingkuh dan perhatian serta waktu yang didedikasikan untuk Anda berkurang, kata Loewenberg.

Mimpi ini berfungsi sebagai pesan dari alam bawah sadar bahwa Anda merasa kesepian, ditolak, atau hubungan saat ini tidak seimbang. Sama seperti masalah lainnya, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah berbicara kepada pasangan tentang apa yang dirasakan.

Dengan begitu, Anda dapat mencari solusi untuk memprioritaskan satu sama lain lagi. Anda juga bisa menjadwalkan waktu untuk dihabiskan berdua agar merasa lebih dicintai.

6. Merasa Dikhianati

Mimpi pasangan berselingkuh juga dapat muncul setelah dikhianati. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik argumen atau kesalahpahaman apa yang terjadi baru-baru ini.

Dalam kasus ini, Anda mungkin merasa dicurangi dalam hal pengertian, komunikasi, atau rasa hormat dari pasangan Anda, jelas Loewenberg.

Setelah Anda berbicara empat mata dengan sang kekasih, mimpi ini akan hilang dengan sendirinya.

4 dari 4 halaman

7. Takut Ditelantarkan

 Mimpi diselingkuhi juga dapat menunjukkan ketakutan akan penelantaran, kata psikoterapis Alex Ribbentrop, LCSW-QS, CFTP, CCTP-II.

Anda mungkin khawatir pasangan akan pergi demi orang lain. Anda juga khawatir jika hubungan yang dijalani berantakan tidak tahu harus ke mana atau bagaimana.

Melakukan terapi dapat membantu untuk mencaritahu alasan Anda takut ditinggalkan. Selain itu, mengatakan yang sejujurnya pada kekasih juga bukan hal yang buruk.

"Jujurlah, dan jika Anda merasa seolah-olah tidak bisa jujur maka sudah saatnya untuk menjadikan itu sebagai masalah utama dalam hubungan yang layak dipertimbangkan lebih lanjur, kata Ribbentrop.

8. Tidak Memercayai Satu Sama Lain

"Mimpi merupakan metafora," ujar seorang terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Michael Ceely, LMFT. "Dan mimpi tentang pasangan Anda berselingkuh mewakili pengkhianatan kepercayaan."

Jadi, pikirkan bagian mana dari hubungan di mana Anda berdua tidak sepenuhnya mempercayai satu sama lain. Apakah Anda tidak nyaman dengan dinamika keluarga, rencana masa depan, atau hal lainnya?

Jika merasa memiliki sudut pandang yang berbeda, ada baiknya untuk bersikap terbuka dan jujur satu sama lain untuk memperkuat hubungan Anda.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS