Sukses

5 Cara Lakukan Yoga Mata untuk Bantu Atasi Kelelahan

Tak hanya bisa untuk memperbaiki postur tubuh, yoga pun kini ada yang dikhususkan untuk mata.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya bisa untuk memperbaiki postur tubuh, yoga pun kini ada yang dikhususkan untuk mata. Terutama bagi mereka yang ingin atau harus menatap layar komputer sepanjang hari.

"Anda bekerja sekitar delapan jam di depan layar, kemudian bermain media sosial sebelum tidur. Tidak jarang orang menghabiskan waktu 13 jam atau lebih melihat layar setiap harinya," ujar dokter spesialis mata Selina McGee dikutip Bustle, Minggu (19/12/2021).

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine mengungkapkan bahwa tingkat kedipan menurun dari 20 kedipan per menit menjadi hanya tujuh kedipan saat seseorang fokus menatap layarnya.

"Ketika Anda berkedip, Anda juga jarang berkedip sepenuhnya. Itulah yang menyebabkan mata kehilangan hidrasinya yang sebenarnya sangat dibutuhkan, yang kemudian menyebabkan mata kering, terbakar, iritasi, dan tidak nyaman," kata Selina.

Tak hanya itu, mata pun bisa mengalami ketegangan. Dokter mata Norman Shedlo menjelaskan, menatap layar sepanjang hari terutama tepat di depan wajah apalagi jika Anda harus bekerja lembur untuk tetap fokus dapat menyebabkan kelelahan otot pada mata.

Norman menambahkan, jika seseorang tidak beristirahat secara teratur saat menatap layar, maka itu dapat menyebabkan masalah seperti rabun jauh.

Itulah mengapa penting untuk melakukan yoga mata terutama bagi mereka yang sering menatap layar. Lalu, bagaimana melakukannya? Berikut penjelasannya.

1. Palming

Guru yoga dan meditasi Phoebe Greenacre, menyarankan untuk melakukan gerakan yoga mata pertama yang disebut palming. Gosoklah kedua telapak tangan Anda selama 10 detik dan tutuplah mata menggunakan telapak tangan tersebut.

Lihatlah ke dalam kegelapan dan ambil napas dalam-dalam beberapa kali. Kehangatan dan kegelapan dinilai bisa membantu mengendurkan otot-otot mata Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berkedip cepat

"Studi menunjukkan bahwa aktivitas sederhana seperti lebih banyak berkedip saat kerja di depan komputer atau handphone dapat membantu mengurangi kelelahan otot mata," ujar Norman.

Phoebe sendiri menyarankan untuk duduk tegak di kursi Anda dan kedipkan mata dengan cepat selama 10 hingga 15 detik. Ulangi proses ini setiap jam untuk memastikan mata Anda tetap dalam keadaan baik dan lembab.

3. Zooming

Gerakan yoga mata satu ini mengharuskan Anda untuk duduk di kursi dan membiarkan mata berfokus pada objek di seberang ruangan selama beberapa detik. Selanjutnya, fokuslah pada sesuatu yang lebih dekat.

Lalu, fokus kembali pada sesuatu yang ada di depan Anda. Ulangilah proses tersebut selama dua menit. Melihat objek yang jauh selama beberapa detik setiap 20 hingga 30 menit dapat mengurangi gejala kelelahan mata.

"Ini melemaskan otot-otot fokus di mata dan membantu mengurangi ketegangan," kata Norman.

 

3 dari 4 halaman

4. Gambar delapan

Menggambar pola angka delapan lewat gerakan mata dinilai dapat meregangkan otot-otot mata. Phoebe menyarankan untuk mengangkat tangan setinggi mata, gunakan ibu jari, dan fokus padanya.

Bentuklah angka delapan dengan mata yang mengikuti. Lakukanlah selama 30 detik sambil berganti arah.

5. Memutar mata

Phoebe mengungkapkan, memutar mata atau eye rolling juga dapat membantu mengendurkan dan memperkuat otot-otot mata Anda. Ketika mencobanya, berdirilah atau duduk dengan tegak, rilekskan bahu, dan arahkan pandangan ke depan.

Tanpa menggerakan kepala, lihatlah ke kanan, lalu perlahan alihkan ke langit-langit. Lalu lihat ke kiri, kemudian turun ke lantai, dan lakukan secara dua arah.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.