Sukses

Cara Efektif Mempersiapkan Badan Sebelum Tidur

Banyak orang mengalami kesulitan untuk tidur. Cobalah beberapa kegiatan berikut agar bisa tertidur lebih cepat dan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang seringkali mengalami kesulitan untuk memiliki kualitas tidur yang cukup. Kabar baiknya, terdapat beberapa kegiatan yang bisa Anda coba agar bisa tertidur lebih cepat dan mudah.

Studi yang dilakukan New York Hospital-Cornell Medical Center menyatakan, suhu tubuh manusia mengalami penurunan di malam hari, dan berendam menggunakan air hangat dapat membantu untuk Anda menaikkan suhu tubuh.

"Berendamlah dua jam sebelum tidur selama 20-30 menit," ucap profesor New York University School of Medicine, Joyce Walsleben dikutip Health, Rabu (11/8/2021).

Periode pendinginan yang terjadi setelahnya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk tertidur lebih lelap.

Meredupkan cahaya juga bisa memberikan sinyal pada tubuh untuk tertidur. Pada malam hari, kadar melatonin dalam tubuh akan meningkat dan membuat Anda mengantuk.

"Melatonin hanya akan terlepas jika tubuh menerima isyarat dari lingkungan sekitar. Ciptakan suasana yang redup dapat agar tubuh memahami sudah waktunya untuk tertidur," ucap Walsleben.

Anda bisa coba menggunakan lampu tidur untuk menggantikan lampu utama. Agar terciptanya suasana yang mendukung untuk beristirahat. Begitu juga cahaya dari TV atau laptop.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buatlah kegiatan wajib

"Kami menyarankan agar orang membuat rutinitas malam sebelum tidur untuk mengalihkan pikiran ke mode tidur. Misalnya, sikat gigi, gunakan baju tidur, kaos kaki, dan selimut," ucap direktur Sleep Disorder Institute New York, Gary Zammit.

Karena dengan menerapkan rutinitas lewat kegiatan-kegiatan tersebut, tubuh dapat mengenali dan memiliki sinyal kalau waktu tidur sudah tiba.

Tidak minum kopi setelah makan siang

"Saya juga tidak menyarankan orang-orang untuk meminum kopi pada siang hari jika mereka kurang tidur, karena itu bisa bertahan lama pada sistem tubuh," jelas Walsleben.

Menghindari minum kopi bahkan ketika masih siang hari dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Mengingat kafein bisa menjadi pemicu.

Batasi makanan dan minuman

Mengonsumsi makanan berat dapat membuat sistem tubuh bekerja lebih untuk memprosesnya. Meminum banyak air sebelum tidur juga penting, namun itu berpotensi membangunkan Anda di tengah tidur.

"Kebanyakan orang dewasa dan paruh baya terbangun untuk buang air kecil di malam hari. Jadi, mengurangi cairan sebelum tidur juga dapat membantu," tutup profesor Standford University, William C. Dement.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.