Sukses

Merasa Kurang Cukup Tidur, Berikut 4 Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Baik orang dewasa maupun remaja cenderung meremehkan pentingnya kualitas dan kuantitas tidur. Tidak jarang tidur kurang dari waktu yang seharusnya malah dianggap sesuatu yang biasa saja.

Asisten Profesor Kedokteran Klinis Divisi Paru dan Perawatan Kritis, dr Raj Dasgupta, mengatakan, tidur selama tujuh hingga sembilan jam adalah waktu terbaik bagi orang dewasa muda.

"Jika Anda seorang night owl, tetapi pekerjaan mengharuskan Anda berada di kantor pada pukul 7.00 pagi, ketidaksejajaran ini kurang ideal untuk kesehatan fisik dan mental Anda," katanya dikutip dari situs Health pada Rabu, 4 Agustus 2021.

Lalu bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur? Berikut tips dari Raj:

 

2 dari 7 halaman

1. Buatlah Jadwal Tetap

Cobalah untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Anda bahkan dapat membuat jurnal untuk mencatat waktu tidur ini dan seberapa sering Anda bangun di malam hari, kata Raj.

Anda juga harus memastikan kamar Anda gelap, sejuk, dan nyaman saat Anda akan tidur.

 

3 dari 7 halaman

2. Matikan Perangkat Elektronik

Lakukan ini sedini mungkin sebelum tidur, karena paparan cahaya dapat memengaruhi siklus tidur-bangun tubuh Anda.

"Terutama jika Anda bertujuan untuk tertidur lebih awal, penting untuk mengekspos diri Anda pada cahaya alami yang terang sedini mungkin di siang hari, dan untuk membatasi paparan cahaya pada jam-jam sebelum tidur," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa perangkat elektronik memicu banyak gelombang yang memberi isyarat agar tubuh Anda tetap terjaga.

 

4 dari 7 halaman

3. Cobalah Teknik Mindfulness

Studi terbarunya menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness membantu anak-anak tidur lebih dari satu jam per malam. Latihan pernapasan, meditasi, dan yoga juga dapat mendukung tidur.

 

5 dari 7 halaman

4. Atur Makanan yang Baik dan Kebiasaan Olahraga

Menurut Dasgupta, makanan yang sehat dan menjaga rejimen kebugaran harian dapat mendukung tidur yang lebih baik di malam hari

“Selalu usahakan untuk konsisten berolahraga di siang hari,” ujarnya.

Olahraga dapat menghilangkan stres, tentunya itu dapat membantu Anda untuk terdorong tidur di malam hari, disebabkan tubuh Anda pada siang hari sudah mengeluarkan banyak energi.

6 dari 7 halaman

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan COVID-19

7 dari 7 halaman

Simak Video Berikut Ini