Sukses

Studi: Kecemasan Terhadap Virus Corona COVID-19 Meningkatkan Insomnia

Masalah insomnia meningkat pada orang yang merasa cemas terhadap COVID-19 yang disebabkan Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta - Cemas akibat COVID-19 yang disebabkan virus Corona mengakibatkan masalah insomnia jadi meningkat.

Direktur Pusat Medis Epilepsi Komprehensif di NYU Langone Health, Alcibiades Rodriguez MD, menyebut, berdasarkan laporan terbaru Express Scripts diketahui bahwa penggunaan obat anti-insomnia, anti-kecemasan, dan antidepresan melonjak selama pandemi COVID-19.

Padahal, kondisi tersebut sempat menurun selama empat tahun berturut-turut, sejak 2015 hingga 2019.

“Situasi COVID-19 belum pernah terjadi sebelumnya dalam hidup kita. Ini memengaruhi semua orang sepanjang waktu,” ujar Alcibiades dikutip dari situs Health pada Sabtu, 7 Agustus 2021.

Dia, mengatakan, hal ini terjadi karena sebagian besar berfokus pada hal-hal negatif, sehingga tingkat kecemasan tinggi serta menyebabkan tidur terfragmentasi atau jadwal tidur yang tidak biasa.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Virus Corona Membuat Orang Jadi Susah Tidur

Di tempat lain, peneliti dari Turner Institute for Brain and MentalHealth di Monash University, Australia, dr Melinda Jackson dan tim turut melakukan penelitian yang secara khusus membahas gejala insomnia selama pandemi COVID-19.

Menurut Jackson, pandemi COVID-19 memiliki dampak ekonomi, kesehatan, dan sosial yang sangat besar. Semuanya dapat memengaruhi cara tidur seseorang.

Hasil awal menunjukkan bahwa mereka yang kebiasaan tidurnya memburuk dan kecemasan yang meningkat, terkait dengan kekhawatiran tentang kesehatan dan orang yang dicintainya bersama dengan kesulitan keuangan dan kehilangan pekerjaan mungkin menjadi faktor utama.

“Terisolasi di rumah juga dapat berdampak pada rutinitas kita yang biasa. Misalnya, sangat penting untuk konsisten dengan waktu bangun Anda, tetapi ini tidak berlaku ketika kita tidak harus bangun untuk perjalanan pagi setiap hari lagi," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Pemicu Insomnia

Dokter Sleep Medicine di Virginia Mason Medical Center Seattle dan penulis Sleep Through Insomnia, Brandon Peters Mathews MD, mengatakan, hubungan antara stres dan masalah tidur memang kompleks, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa stres memengaruhi berbagai neurotransmiter yang memengaruhi otak.

“Peningkatan kortisol yang meningkat sebagai bagian dari respons stres, bahan kimia ini dapat menggeser keseimbangan tidur-bangun di otak, yang dapat meningkatkan fragmentasi tidur dan menyebabkan insomnia (kebiasaan sulit tidur atau ketidakmampuan untuk tidur) dan peningkatan mimpi," katanya.

Sementara itu, Rodriguez mengatakan bahwa insomnia sering terjadi dalam keluarga, tetapi juga terkait erat dengan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan.

“Pandemi dapat memperburuk insomnia pada pasien yang sudah menderita, atau memicu insomnia baru pada orang lain. Selain kecemasan terkait virus Corona, perubahan mendadak dalam aktivitas sehari-hari dan jarak sosial dapat berkontribusi pada perubahan tidur," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.