Sukses

StartUp di Bidang Kesehatan Gandeng Pemprov Banten Dirikan Sentra Vaksinasi COVID-19 di Mal

Liputan6.com, Tangerang - Perusahaan rintisan (startup) penyedia layanan kesehatan digital, SehatQ, menggandeng Pemerintah Provinsi Banten dalam menghadirkan sentra vaksinasi COVID-19 di pusat perbelanjaan QBig, BSD City. Kolaborasi ini merupakan bentuk akselerasi program vaksinasi untuk masyarakat yang lebih luas.

Head of Medical Service SehatQ, dr Jolinda Johary M Med, mengatakan, program vaksinasi COVID-19 bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Kecamatan Pagedangan berlangsung pada Selasa, 6 April 2021, untuk pemberian dosis pertama dan pada 20 April 2021 untuk dosis kedua.

"Kedua dosis vaksin Corona tersebut diperuntukkan warga non-lansia (lanjut usia)," kata Jolinda dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu, 14 April 2021.

Lebih lanjut, warga lansia bisa memeroleh vaksin Corona dosis kedua di Puskesmas Pagedangan, terhitung 28 hari setelah pemberian dosis pertama.

“Selain lansia, program vaksinasi COVID-19 ini juga diperuntukkan para pekerja publik," ujarnya.

Jolinda, melanjutkan, pihaknya juga akan menambah program vaksinasi keliling terutama bagi zona merah atau wilayah yang menjadi prioritas atau rentan mengalami penyebaran Virus Corona atau SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dengan cepat.

Melalui kerja sama ini, SehatQ memberikan kontribusi dalam bentuk layanan pendaftaran calon penerima vaksin Corona serta tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan menjelang vaksinasi COVID-19, sekaligus pemantauan potensi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

2 dari 3 halaman

Kerjasama untuk Meningkatkan Jumlah Penerima Vaksin COVID-19

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus., S.E., M.Si menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang mengapresiasi program vaksinasi COVID-19 di wilayahnya tersebut.

“Persiapan dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang rapi dan lancar bersama SehatQ ini bisa menjadi contoh bagi program-program vaksinasi yang akan datang di berbagai lokasi lainnya,” ujarnya. 

Kegiatan vaksinasi COVID-19 pun harus dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan 4M secara ketat, yaitu menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan rutin.

Jolinda menekankan bahwa SehatQ senantiasa mengupayakan sinergi dengan berbagai jajaran, mulai dari tingkat nasional hingga kecamatan guna mendukung pemerintah dalam akselerasi atau percepatan program vaksinasi COVID-19.

Dengan demikian, akan ada semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin Corona guna menghentikan rantai penyebaran infeksi virus yang telah menyebabkan pandemi selama lebih dari setahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini