Sukses

AS Kirim 500 Ventilator untuk RS yang Tangani COVID-19 di Indonesia

Sebanyak 500 ventilator dari AS akan didistribusikan ke sejumlah RS yang menangani COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menerima bantuan 500 ventilator tipe LTV 2200 series dan aksesoris lengkap dari Amerika Serikat. Bantuan tersebut merupakan tahap kedua dari total 1.000 ventilator hibah Pemerintah Amerika Serikat.

Serah terima bantuan dilaksanakan secara simbolis oleh Duta Besar AS Heather Variava kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Minggu, 30 Agustus 2020.

“Hari ini hadir di Bandara Halim untuk menyambut datangnya tambahan 500 ventilator baru dan canggih di Indonesia. Tentunya bantuan ini bagian dari total 1000 ventilator buatan Amerika yang kami donasikan kepada kawan-kawan kami di Indonesia,” kata Heather di Terminal Selatan Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, ditulis Selasa (1/9/2020).

Heather berharap ventilator produksi perusahaan AS Vyaire Medical dapat memberikan Indonesia fleksibilitas yang lebih besar dalam merawat para pasien COVID-19.

“Kami terus berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah dan rakyat Indonesia dalam menyelamatkan nyawa dan berupaya menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia secara aman,” imbuhnya sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Ke-500 ventilator akan didistribusikan sesuai kebutuhan rumah sakit yang merawat pasien COVID-19 di seluruh provinsi.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Persahabatan dan Solidaritas

Menhan Prabowo menyampaikan, ucapan terima kasihnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah AS atas komitmennya membantu Indonesia mengendalikan COVID-19. Upaya ini sebagai bukti hubungan kedua negara berjalan dengan sangat baik.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk persahabatan, kerjasama, empati, dan solidaritas kepada seluruh warga AS atas konsistensinya untuk membantu melawan COVID-19 di Indonesia,” ujarnya.

Setelah diterima Prabowo, ventilator diserahkan kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yang diwakili oleh Oscar.

3 dari 3 halaman

Alokasi Ventilator untuk DKI Jakarta

Pada kesempatan yang sama, Oscar menyerahkan secara simbolis sejumlah ventilator yang dialokasikan untuk Provinsi DKI Jakarta.

Bantuan ventilator membuat Kemenkes bergerak cepat melakukan penguatan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan operasionalisasi ventilator bagi 60 tenaga kesehatan, baik dokter ICU, perawat ICU dan tenaga teknisi elektromedik dari 16 rumah sakit penerima ventilator.

Pelatihan telah dilakukan pada 24 Agustus 2020 di Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan 28 Agustus 2020 di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Pada 22 Juli 2020, 100 unit ventilator pengiriman pertama dari AS tiba di Bandara Soekarno Hatta dan dilakukan Berita Acara Serah Terima antara Kepala Pusat Krisis Kesehatan Budi Silvana dan Direktur USAID Pamela Foster.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.