Sukses

Nadiem: Konsistensi Ayah Bersama Anak Elemen Penting Parenting

Liputan6.com, Jakarta Menjaga keutuhan keluarga dengan bermain bersama anak bukan saja dilakukan oleh ibu. Ayah juga memiliki peran yang penting dalam membesarkan anak.

Begitu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada Deddy Corbuzier di chanel YouTube.

"Bagi saya, semua ayah wajib berpartisipasi dalam menggedekan anaknya. Sisakan 30 persen saja waktunya diberikan pada anak, dibacain dongeng atau buku dalam satu hari 1 jam saja akan terasa dampaknya," kata Nadiem.

Nadiem berujar, kebiasaannya bersama dengan anak bukan karena anaknya yang masih kecil, tapi menjaga konsistensi kebersamaan dengan anak akan membuat anak bisa belajar lebih baik.

"Menyempatkan waktu, main dulu. Biasanya saya balik pukul 6.30 sore, nidurin anak dulu, baru kerja lagi. Ritual ini membuat perasaan aman untuk anak. Ketika dia aman, dia nggak anxious, dia bisa belajar lebih banyak, lebih pede dan merasa disayang. Itu suatu elemen yang kurang ditekankan dalam parenting," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Waktu lebih penting daripada mainan

Menurut Nadiem, memiliki waktu bersama dengan anak jauh lebih penting daripada sekadar membelikannya mainan. "(Waktu) Nggak bisa digantiin dengan hal lain. Semua kebiasaan kita akan merubah attitude mereka, cara mereka memandang orang lain, cara mereka melihat tantangan hidup," katanya.

Dengan memberikan waktu berkualitas pada anak, lanjut Nadiem, juga akan membuatnya lebih kuat. "Apapun yang mereka hadapi nanti, mereka akan merasa lebih aman. Mereka juga bisa ambil risiko lebih besar karena ada follback (keluarga) lebih besar," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: