Sukses

6 Pengobatan Rumahan untuk Pasien Bronkitis

Dengan gejala umum batuk, Anda dapat melakukan pengobatan rumahan brokitis. Perhatikan tips di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan. Biasanya, seseorang yang mengidap bronkitis mempunyai lendir-lendir pada saluran pernapasannya.

Hal tersebut yang menimbulkan gejala umum seperti batuk kering ataupun berdahak. Oleh sebab itu, seseorang yang menderita penyakit ini akan sulit bernapas. Anda dapat melakukan perawatan sederhana di rumah dengan mengikuti tips di bawah ini:

1. Menggunakan Pelembab Utama

Menjaga udara di rumah agar tetap lembap akan membantu Anda melonggarkan lendir di saluran udara dan mengurangi batuk. The National Heart, Lung, Blood Institute merekomendasikan uap vaporizer untuk digunakan sebagai pelembab udara di rumah.

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa terapi pelembab dalam jangka waktu yang panjang adalah pengobatan yang efektif untuk seseorang dengan penyakit paru obstruktif kronis (COPD) atau bronkletasis, kondisi di mana saluran udara menjadi lebar tak normal. Pelembab udara ini harus dibersihkan secara teratur, sesuai dengan pedoman untuk membunuh bakteri dan patogen lain yang dapat memperburuk gejala. Penjelasan ini sesuai dengan Medical News Today.

2. Mengonsumsi Minuman yang Hangat

Air, teh, dan minuman hangat lainnya dapat membantu Anda mencairkan lendir sehingga batuk terasa lebih mudah. Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa minuman yang hangat dapat memberikan bantuan yang cepat dan berkelanjutan dari gejala pilek, batuk, bersin, sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan. Anda dapat juga mengonsumsi teh jahe hangat sebagai anti-inflamasi alami.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengenakan Masker Wajah dalam Cuaca Dingin

Menghadapi cuaca yang dingin secara tiba-tiba dapat meningkatkan batuk. Menutupi mulut dan hidup sebelum pergi keluar dalam cuaca yang dingin dapat membantu Anda mengurangi batuk dan sesak napas.

4. Mengonsumsi Madu

Madu sering digunakan sebagai obat alami untuk batuk dan dianggap memiliki sifat antivirus serta antibakteri. Penelitian mengenai efektivitas madu untuk infeksi saluran pernapasan mengindikasi bahwa dengan mengonsumsi madu bisa jadi merupakan pengobatan yang efektif di rumah.

3 dari 3 halaman

5. Istirahat yang Cukup

Ketika Anda melawan infeksi, tubuh sangat membutuhkan waktu untuk beristirahat. "Istirahat adalah tiket penyembuhan yang terlupakan bagi banyak penyakit akut," kata dokter naturopati dan anggota American Association of Naturopathic Psysicians, Amy Rothenberg.

Para ahli mengatakan bahwa penderita penyakit ini perlu tidur yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sebuah studi pada September 2015, yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan bahwa orang yang kurang tidur lebih rentan terhadap virus flu daripada mereka yang tidur tujuh jam. Memiliki kualitas tidur yang baik sangat penting karena flu sering kali merupakan gejala awal dari bronkitis. Hal ini seperti yang dilansir dari Health.

6. Berhenti Merokok

Jika Anda seorang perokok, bantu tuba bronkial Anda yang meradang dengan berhenti merokok. "Kita tahu bahwa merokok akan membuat iritasi dan memperburuk bronkitis," kata dr. Rothenberg, "Ini akan memperpanjang gejala akut," ia menambahkan.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.