Sukses

Waspada Penyakit Bronkitis, Ini Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobatinya

Liputan6.com, Jakarta Mungkin bagi sebagian orang banyak yang belum paham atau baru mengenal nama penyakit bronkitis. Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronkus) (saluran udara di dalam paru-paru). Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernapasan menahun.

Penyakit bronkitis biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius.

Ada beberapa jenis penyakit brokitis yang harus diketahui. Pertama, Bronkitis infeksiosa, penyakit ini disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia). Kedua, bronkitis iritatif yang disebabkan oleh berbagai jenis debu, asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang penyakit bronkitis ini. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019) tentang gejala, penyebab penyakit bronkitis serta bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan.

2 dari 4 halaman

Gejala penyakit bronkitis

Gejala bronkitis umumnya mirip dengan infeksi paru-paru atau pneumonia. Penderita penyakit bronkitis ini akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut. Alergi, pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak. Bronkitis infeksiosa seringkali dimulai dengan gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan dan nyeri tenggorokan. Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis.

Gejala umum kondisi ini adalah: Batuk, batuk berdahak, yang mungkin bercampur dengan darah. Napas pendek atau sesak nafas, dada terasa nyeri. Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.

Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjadi demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu. Sesak napas terjadi jika saluran udara tersumbat. Sering ditemukan bunyi napas mengi, terutama setelah batuk. Bisa terjadi pneumonia. Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan gejala, terutama dari adanya lendir.

Pada pemeriksaan dengan menggunakan stetoskop akan terdengar bunyi ronki atau bunyi pernapasan yang abnormal. Pemeriksaan lainnya yang biasa dilakukan: Tes fungsi paru-paru, Gas darah arteri dan Rontgen dada.

3 dari 4 halaman

Cara mengobati penyakit bronkitis secara alami

Saat masih dalam tahap tidak terlalu mengkhawatirkan, ternyata bronkitis bisa diobati dengan makanan alami nan sederhana. Salah satunya adalah dengan makan pisang. Kamu hanya perlu mencampur pisang, dua sendok makan madu, dan air secukupnya. Setelah itu minumlah ramuan tersebut.

Tak hanya air hangat yang dicampur dengan pisang, berikut adalah beberapa ramuan alami lainnya untuk sembuhkan bronkitis.

1. Bawang putih adalah obat alami yang baik untuk mengobati bronkitis. Sebabnya bawang putih memiliki sifat antibiotik alami serta mengandung sifat antivirus.

2. Minum air kunyit juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati bronkitis karena kunyit mengandung sifat anti inflamasi yang membantu dalam menyingkirkan kelebihan lendir.

3. Vitamin C sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga minum air jeruk bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dari serangan penyakit bronkitis.

4. Jahe juga mengandung sifat anti inflamasi. Minum air jahe sebanyak 2-3 kali dalam sehari bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan Anda.

5. Lendir yang ada di membran bronkus dapat dibersihkan dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Sehingga berkumur air garam hangat berkhasiat untuk sembuhkan bronkitis.

6. Madu dapat memberikan efek menenangkan di tenggorokan Anda karena sifat anti bakteri yang terkandung di dalamnya. Makan madu juga berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Basil seringkali dikenal memiliki ciri yang mirip dengan kemangi. Tanaman ini sering digunakan untuk mengobati peradangan paru-paru di negara India. Untuk mengobati bronkitis, cobalah makan daun basil dalam keadaan yang mentah agar hasilnya bisa lebih maksimal.

4 dari 4 halaman

Artis dunia yang pernah menderita penyakit bronkitis

1. Pembalap Lorenzo

Pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo pernah mengalami penyakit bronkitis pada tahun 2015 lalu di yang ia derita di Austin, Texas.

2. Mariah Carey

Penyanyi terkenal dunia Mariah Carey pernah membuat penggemarnya kecewa saat sang diva harus membatalkan konsernya di The Colosseum Caesar's Palace pada tanggal 13 mei tahun 2015 lalu dikarenakan menderita Bronkitis.

3. Jennifer Lopez

Penyanyi yang biasa disapa J-Lo ini 'membajak' panggung American Idol tahun 2014 untuk mempromosikan single terbarunya I Luh Ya Papi. Saat itu Jennifer Lopez sedang menderita penyakit bronkitis dan membuatnya makin nervous untuk bernyanyi.

4. Barbara Bush

Mantan ibu negara Amerika Serikat, Barbara Bush atau Istri mantan Presiden George H. W. Bush dirawat di rumah sakit beberapa kali tahun lalu akibat bronkitis dan radang paru-paru.

5. Spyair

Band rock asal Jepang Spyair pernah kehilangan seorang personelnya yaitu Ike, sang vokalis yang akhirnya memutuskan untuk keluar dari lingkaran rekan-rekannya karena menderita penyakit bronkitis.

Aksi Sekelompok Orang Pukul Buaya dengan Palu
Loading