Sukses

Buah Anggur Bisa Jadi Obat Insomnia

Buah anggur memiliki berbagai warna, seperti warna merah, hitam, dan hijau. Dibalik rasanya yang lezat, anggur memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Anggur adalah buah yang banyak digemari oleh semua usia. Anggur tidak perlu diolah menjadi berbagai macam hidangan, cukup dengan mencuci kemudian Anda dapat menyantapnya.

Anggur memiliki cita rasa yang enak dan menyegarkan. Namun, tak hanya itu saja, anggur juga memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang dapat Anda dapatkan ketika menyantap anggur:

1. Anggur Kaya Nutrisi

Seperti yang dilansir dari Health, anggur menyediakan sekitar seperempat vitamin C, 20% vitamin K, dan 10% tembaga untuk kebutuhan harian Anda. Vitamin C diperlukan untuk perbaikan DNA dan produksi kolagen serta serotonin. Vitamin K diperlukan untuk pembentukan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Sedangkan tembaga diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah.

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Anggur memiliki sifat antimikroba alami yang berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Anggur juga memiliki kandungan air yang banyak, satu cangkir anggur mengandung sekitar dua setengah ons air. Kandungan air tersebut berguna untuk menghidrasi dan sirkulasi serta aliran darah menjadi sehat.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengandung Antioksidan untuk Mencegah Penuaan

Anggur mengandung beberapa antioksidan, termasuk yang berperan untuk mengurangi peradangan dan mendukung aliran darah sehat. Antioksidan pada anggur juga terkait dengan fungsi otak yang lebih baik, antipenuaan, dan umur panjang.

4. Membantu Tidur Menjadi Nyenyak

Melatonin alami dalam anggur dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik. Oleh karena itu, anggur dapat menjadi salah satu buah yang dapat dinikmati bagi mereka yang mengidap insomnia.

3 dari 3 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berdasarkan lansiran dari Medical News Today, anggur mengandung serat dan potasium yang berperan untuk mendukung kesehatan jantung. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan peningkatan asupan kalium dan mengurangi konsumsi natrium untuk meningkatkan tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular.

Asupan kalium yang tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot dan kepadatan mineral tulang.

6. Melindungi Kesehatan Mata

Anggur memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk melindungi retina dan lensa mata. Anggur dapat meningkatkan jangkauan visual, mengurangi ketidaknyamanan dari silau cahaya, dan meningkatkan kontras visual. Lutein dan zeaxanthin juga dapa membantu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.