Sukses

Faktor yang Bikin Jerawat Tak Mereda meski Sudah ke Dokter

Durasi penanganan jerawat pada setiap orang berbeda-beda.

Liputan6.com, Tangerang Durasi penanganan jerawat pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan waktu hitungan minggu tapi ada juga lebih dari itu.

"Berdasarkan pengalaman, beda-beda ya respons pasien terhadap pengobatan," kata skin expert ERHA dokter Purnama Sari.

Rata-rata pada pengobatan jerawat yang sudah parah seperti nodul atau jerawat kistik (ditandai dengan jerawat besar dan bengkak) dalam waktu dua minggu sudah terlihat hasilnya. Paling tidak peradangan sudah mereda.

"Bila pasien memakai seluruh perawatan yang dianjurkan biasanya sudah membaik (dalam dua minggu), paling tidak peradangan sudah kempes," kata Purnama ditemui di AEON BSD Tangerang beberapa waktu lalu.

Sayangnya, ada pasien bandel yang tidak memakai krim yang sudah diresepkan atau tidak rutin mengonsumsi obat yang diberikan.

"Dokter udah resepin krim tapi enggak dipakai, obat kadang minum kadang enggak. Banyak lho kasus yang seperti ini," kata Purnama.

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Pakai Makeup

Dalam beberapa kasus jerawat yang parah, dokter mengajurkan agar pasien tidak memakai makeup untuk sementara waktu. Namun, pasien tetap memakai.

"Ada pasien yang mengatakan, 'Aduh saya enggak bisa, saya harus nutupin pakai concealer.' Padahal kalau sudah parah, dokter terpaksa menyarankan stop dulu pakai makeup kalau enggak nanti makin meradang," cerita Purnama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.