Sukses

Ingin Stamina Terjaga? Dokter: Ada 3 Cara

Tanpa sabu, Anda juga bisa menjaga stamina tubuh. Berikut saran dokter.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung mengaku menggunakan sabu lima bulan terakhir untuk menjaga stamina. Padatnya aktivitas di dunia hiburan dari pagi hingga malam bahkan dini hari membuatnya merasa butuh barang haram itu agar lebih berstamina.

Namun, di dunia kedokteran sabu tidak direkomendasikan untuk pengobatan atau menambah stamina. Bila ingin memiliki stamina yang terjaga dokter spesialis kedokteran jiwa Danardi Sosrosumihardjo ada tiga cara.

1. Tidur cukup

"Tidur itu harus, seseorang (usia dewasa) harus tidur 5-6 jam, tidur deep ya," kata Danardi saat dihubungi Health-Liputan6.com ditulis Kamis (25/7/2019).

Jadi, tidak mungkin seseorang menginginkan stamina terjaga dan daya kerja prima bila dalam 24 jam hanya tidur 1-2 jam. "Itu enggak benar," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Premier Jatinegara Jakarta itu. 

Bila memang harus tidur sebentar selama sepekan ketika sedang ujian atau mengerjakan tesis sekitar seminggu, harus dibayar di pekan berikutnya.

"Jadi jika kurang tidur ada mekanisme bayar hutang, bukan setiap hari selama bertahun-tahun kurang tidur," tegasnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Makan dan minum

Perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bisa mengikuti konsep gizi seimbang yang digencarkan Kementerian Kesehatan. Jangan lupa juga minum air putih sekitar delapan gelas setiap hari.

3. Buang air besar dan kecil

Ketika ada makanan dan minuman yang masuk, berarti mesti ada yang keluar. "Nah, kalau ada yang masuk dalam 24 jam harus ada yang dibuang kan," tuturnya.

Jadi, ketika Anda merasa kurang berstamina, coba cek lagi mengenai kecukupan tidur, makanan dan minum serta kebiasaan buang air besar dan kecil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.