Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Ingin Stamina Terjaga? Dokter: Ada 3 Cara

Liputan6.com, Jakarta Komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung mengaku menggunakan sabu lima bulan terakhir untuk menjaga stamina. Padatnya aktivitas di dunia hiburan dari pagi hingga malam bahkan dini hari membuatnya merasa butuh barang haram itu agar lebih berstamina.

Namun, di dunia kedokteran sabu tidak direkomendasikan untuk pengobatan atau menambah stamina. Bila ingin memiliki stamina yang terjaga dokter spesialis kedokteran jiwa Danardi Sosrosumihardjo ada tiga cara.

1. Tidur cukup

"Tidur itu harus, seseorang (usia dewasa) harus tidur 5-6 jam, tidur deep ya," kata Danardi saat dihubungi Health-Liputan6.com ditulis Kamis (25/7/2019).

Jadi, tidak mungkin seseorang menginginkan stamina terjaga dan daya kerja prima bila dalam 24 jam hanya tidur 1-2 jam. "Itu enggak benar," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Premier Jatinegara Jakarta itu. 

Bila memang harus tidur sebentar selama sepekan ketika sedang ujian atau mengerjakan tesis sekitar seminggu, harus dibayar di pekan berikutnya.

"Jadi jika kurang tidur ada mekanisme bayar hutang, bukan setiap hari selama bertahun-tahun kurang tidur," tegasnya.

2 dari 3 halaman

2. Makan dan minum

Perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bisa mengikuti konsep gizi seimbang yang digencarkan Kementerian Kesehatan. Jangan lupa juga minum air putih sekitar delapan gelas setiap hari.

3. Buang air besar dan kecil

Ketika ada makanan dan minuman yang masuk, berarti mesti ada yang keluar. "Nah, kalau ada yang masuk dalam 24 jam harus ada yang dibuang kan," tuturnya.

Jadi, ketika Anda merasa kurang berstamina, coba cek lagi mengenai kecukupan tidur, makanan dan minum serta kebiasaan buang air besar dan kecil.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Nunung Srimulat Merenungi Nasib Bersama Jefri Nichol dan Rio Reifan
Artikel Selanjutnya
Mengaku Bodoh karena Pakai Narkoba, Nunung Srimulat Ingin Cium Kaki Ibunya