Sukses

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Janin Terjaga

Liputan6.com, Jakarta Menunggu kelahiran buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi seorang perempuan. Maka, sebagai ibu hamil pasti sangat menjaga kandungannya agar buah hati nantinya terlahir sehat.

Hal lainnya yang juga diperhatikan bagi ibu hamil adalah asupan gizi saat hamil. Selama kehamilan perempuan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Asupan nutrisi tersebut bisa dari makanan berupa nasi, sayur dan ikan, nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Untuk pemilihan makanan juga harus dilakukan dengan sangat baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kandungannya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi makananan yang banyak lemak, gula, mentega, garam dan pengawet maupun penyedap.

Ada beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi setiap harinya. Selain menyehatkan, makanan ini juga enak serta mudah ditemukan. Apa saja makanan tersebut? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019) makanan sehat untuk ibu hamil.

2 dari 6 halaman

1. Sayuran hijau

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah sayuran hijau. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau karena sayuran rendah lemak dan memiliki segudang nutrisi sehat buat tubuh. Sayuran hijau juga membantu tumbuh kembang janin di kandungan bekerja dengan sangat baik. Dibandingkan dengan konsumsi daging, ayam atau sejenisnya, konsumsi sayur lebih menyehatkan dan menutrisi tubuh dengan baik.

Sayuran berdaun hijau terutama bayam mengandung asam folat dan zat besi, yang penting untuk perkembangan bayi. Kekurangan folat atau asam folat selama kehamilan telah terbukti secara ilmiah terkait dengan cacat lahir pada bayi.

Sebelum menelan atau memasak daunnya, pastikan untuk mencuci sayuran dengan baik, dan singkirkan bahan kimia berbahaya yang ada di dalamnya.

3 dari 6 halaman

2. Telur

Telur adalah makanan sehat untuk ibu hamil karena kaya akan protein. Telur merupakan makanan yang baik demi menjaga kuatnya janin dalam kandungan. Satu butir telur mengandung 2 gr lemak jenuh dan sekitar 7 gr protein lengkap dengan nutrisi lainnya bagi kesehatan kandungan.

Pastikan telur yang akan dikonsumsi adalah telur matang. Pasalnya, telur mentah merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Sebaiknya, aneka makanan yang mengandung telur mentah dihindari selama kehamilan karena bisa mengancam kesehatan janin dalam kandungan.

Yang dikhawatirkan dari telur mentah adalah paparan salmonella. Salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif yang bisa menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne.

4 dari 6 halaman

3. Daging

Mengonsumsi daging adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat disarankan. Kandungan zat besinya baik untuk kesehatan. Nah, pastikan memasak daging ini dengan sempurna atau dimasak sampai benar-benar matang.

Pasalnya, daging setengah matang atau yang belum matang sempurna bisa jadi mengandung toxoplasma gondii yang dapat meningkatkan risiko muntah hingga risiko keguguran.

5 dari 6 halaman

4. Buah

Selain sayur-sayuran segar dan hijau, buah-buahan segar juga sangat penting dikonsumsi ibu hamil. Mengkonsumsi buah segar bisa membuat tubuh ternutrisi dengan baik. Ini juga membuat janin di dalam kandungan bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih sehat.

Ditambah sarapan buah bisa bantu ibu hamil yang ingin memiliki bentuk tubuh proporsional selama hamil atau mengandung.

Nah, untuk Anda ibu yang sedang mengandung. Olahan buah seperti salad buah bisa menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Salad juga bisa dibuat camilan saat siang atau pun malam hari.

Namun ingat, saat membuat salad ini Anda harus menggunakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil seperti buah apel, jeruk, alpukat dan pisang. Hindari buah yang bisa membahayakan kandungan seperti buah nanas, durian, nangka hingga anggur.

6 dari 6 halaman

5. Ikan

Ibu hamil harus memenuhi nutrisi lengkap selama masa kehamilan. Bukan hanya untuk dirinya sendiri namun terutama untuk kesehatan perkembangan janin. Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil adalah asam lemak omega-3.

Dilansir dari New Parent, makan ikan sangat penting untuk ibu hamil karena nutrisinya membantu perkembangan bayi yang sehat seperti ikan salmon, ikan kembung dan ikan sebelah.

Dalam penelitian yang dimuat di Archives of Pediatric and Adolescent Medicine menemukan bahwa wanita hamil yang makan paling tidak dua porsi ikan dalam seminggu punya risiko kecil memiliki anak dengan gangguan perilaku ADHD (Attention-deficit/hyperactivity disorder) dibanding wanita yang jarang makan ikan selama hamil.

Namun saat mengonsumsi ikan juga harus waspada terhadap kandungan merkuri di dalamnya. Ikan yang tinggi merkuri seperti ikan todak dan ikan makarel sebaiknya dihindari selama kehamilan. Bila bayi terpapar banyak kandungan merkuri, dia bisa berisiko mengalami kerusakan otak atau proses perkembangannya akan terhambat. Jadi harus lebih hati-hati, hindari jenis ikan yang kandungan merkurinya tinggi.

Nah, di atas adalah 5 makanan sehat untuk ibu hamil yang mudah ditemukan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading