Sukses

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita, dari Kesehatan hingga Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Sirsak merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini ditanam untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, dan paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda, Zuurzak yang berarti kantung yang asam. 

Walaupun berasal dari Karibia, namun buah sirsak dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Buah dengan nama latin Annona Muricata L ini memiliki rasa yang manis dan asam yang  menyegarkan.

Pada daging buah sirsak sendiri mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak. Setiap 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari.

Tetapi Anda tidak bisa mengonsumi biji pada buah sirsak. Karena biji pada buah sirsak beracun, jadi hanya dapat digunakan sebagai insektisida alami, seperti biji srikaya. Namun, ada bagian dari buah sirsak yang bisa dikonsumsi selain buahnya, yaitu daunnya.

Ya, daun dari buah sirsak mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kebanyakan orang mengenal manfaat daun sirsak untuk anti kanker atau anti tumor yang sangat kuat.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dijelaskan bahwa daun sirsak termasuk salah satu jenis tanaman herbal. Sehingga Anda bisa menjadikan daun sirsak sebagai pengobatan herbal dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Tanaman herbal yang diolah dengan benar dan dikonsumsi secara cukup sesuai dengan anjuran medis, maka tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap tubuh.

Nah, berikut Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019) telah merangkum dari kanal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia manfaat daun sirsak untuk kesehatan:

2 dari 6 halaman

Kanker dan wasir

1. Kanker

Daun sirsak dapat berfungsi untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa di dalam buah sirsak ada suatu zat yang bisa melawan sel kanker.

Zat ini dapat mengurangi jumlah sel kanker hingga dapat membunuh sel kanker tersebut. Bahkan zat ini juga mempunyai semacam kepekaan untuk membedakan antara sel yang berbahaya dan sel yang diperlukan oleh tubuh.

Sehingga sel berbahaya seperti sel kanker dapat dideteksi dan dibunuh secepatnya. Karenanya, manfaat daun sirsak untuk kesehatan lebih ampuh dan efektif untuk menyembuhkan kanker daripada pengobatan konvensional seperti kemoterapi dan semacamnya. 

2. Wasir

Wasir merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan anus. Penyakit ini menyebabkan terjadinya pembengkakan pada anus. Orang yang mengalami penyakit ini akan merasakan nyeri pada bagian anus.

Kalau sudah sampai parah, selain rasa nyeri juga bisa keluar darah dari anus penderita. Penyakit wasir bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan herbal seperti daun sirsak yang terdapat kandungan yang efektif untuk mengobati wasir.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dapat membuat pendarahan yang ada pada anus berhenti. Juga bisa menjadikan otor pada anus tidak tegang atau menjadi rileks, yang akan berdampak positing pada berkurangnya pembengkakan di sekitar anus.

3 dari 6 halaman

Kolesterol dan jerawat

3. Kolesterol

Daun sirsak juga berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Manfaat daun sirsak untuk kolesterol diperoleh dari suatu zat yang ada di dalam daun ini. Zat yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Hal ini juga didukung dengan beberapa penelitian yang menunjukkan kemampuan daun sirsak untuk mellawan kolesterol. Dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, Anda akan lebih sehat dari sebelumnya. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan ini sangat cocok bagi Anda yang mengalami masalah dari segi berat badan atau yang mengalami obesitas. 

4. Menghilangkan Jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun sirsak juga bermanfaat untuk kecantikan yaitu jerawat. Di sini daun sirsak diketahui menjadi salah satu daun atau tanaman herbal yang bisa mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda.

Lebih baik lagi apabila daun sirsak dijadikan sebagai masker dan dipakai sebelum tidur agar bisa memberikan dampak positif yang lebih besar. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan ini sangat didambakan, terutama oleh para wanita yang selalu menjaga penampilannya.

Nah, ternyata manfaat daun sirsak untuk kesehatan ini cukup banyak.

4 dari 6 halaman

Mengobati Kista Ovarium dan tingkatkan kesuburan

Selain untuk kesehatan, ternyata ada manfaat lain daun sirsak untuk kecantikan, loh. Selain untuk menghilangkan jerawat, ada beberapa manfaat daun sirsak untuk wanita lainnya.

Berikut Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019) telah merangkumnya dari berbagai sumber terkait manfaat daun sirsak untuk wanita.  

5. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium bisa juga disebut dengan tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. Oleh karena itu, Anda bisa mengambil manfaat daun sirsak untuk mengobati kisat ovarium ini.

Anda bisa coba merasakan manfaat daun sirsak untuk wanita ini dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus sepuluh lembar daun sirsak yang baru dipetik dengan tiga gelas air mineral. Rebus hingga hanya tersisa airnya saja.

Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin. Konsumsi air daun sirsak ini setiap pagi agar mendapatkan manfaat daun sirsak untuk wanita ini.

6. Meningkatkan Kesuburan

Daun sirsak terbukti dapat meningkatkan produksi jumlah sperma dan manfaat daun sirsak untuk wanita dipercaya dapat memperkuat rahim.

5 dari 6 halaman

Menghilangkan Flek Hitam dan mengencangkan kulit

7. Menghilangkan Flek Hitam

Anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan menggunakan enam lembar daun sirsak yang ditumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan air mawar pada daun yang telah ditumbuk tersebut dan gunakan sebagai masker. Anda bisa menggunakannya secara rutin sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik 

4. Mengencangkan Kulit

Untuk mengencangkan kulit, Anda bisa meminum air rebusan daun sirsak secara rutin dan teratur. Cukup ambil delapan hingga sepuluh daun sirsak, kemudian rebus ke dalam tiga gelas air hingga mendidih dan didiamkan hingga airnya hanya sisa satu gelas.

Setelah itu Anda bisa mengkonsumsinya dengan diminum. Lakukan sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu secara rutin. Setelah itu Anda akan merasakan sendiri khasiatnya.

6 dari 6 halaman

Melangsingkan tubuh

5. Melangsingkan Tubuh

Manfaat daun sirsak untuk wanita lainnya adalah bisa melangsingkan tubuh. Daun sirsak sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak, bisa membuat sistem pencernaan Anda menjadi sehat hingga buang air besar menjadi teratur.

Kecelakaan Maut di Jalan Lintas Sumatera, 5 Tewas
Loading