Sukses

7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Secara Alami

Garis-garis yang membandel ini bisa dibilang dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, bagi pasangan suami istri. Ada perasaan bahagia yang terus menyelimuti pasangan suami istri. Namun, saat hamil sebagian kaum Hawa bermasalah dengan stretch mark.

Stretch mark adalah salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil atau selesai melahirkan.

Garis-garis yang membandel ini bisa dibilang dapat mengganggu penampilan hingga menurunkan kepercayaan diri. Tidak sedikit wanita yang setelah melahirkan memiliki stretch mark di badannya. Tentu ini menjadi pikiran bagi para wanita yang mengidamkan kulit tampak bersih.

Tampilan stretch mark berupa guratan berwarna putih atau merah ini memang bisa membuat kulit terlihat tidak mulus lagi. Walaupun timbulnya pada bagian tubuh yang ditutupi seperti pantat, paha, atau perut, tetap saja stretch mark bisa mengganggu rasa percaya diri.

Tak heran, banyak wanita yang melakukan berbagai cara menghilangkan stretch marks. Nah, berikut LIputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan agar kulitmu nampak mulus lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan ada dua, yaitu cara menghilangkan stretch mark secara alami dan secara medis.

Secara alami bisa dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang sudah banyak tersedia di alam. Secara medis bisa dengan menggunakan salep atau krim yang bisa mengurangi atau menyamarkan stretch mark.

Nah, cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami bisa menggunakan bahan alami berikut ini.

1. Minyak zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretch mark. Ini adalah salah satu cara menghilangkan stretch mark secara mudah.

2. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mudah untuk ditemukan. Anda pun juga bisa menanamkannya di rumah. cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada stretch mark akan membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Tidak hanya untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit terbakar.

Caranya pun mudah saja:

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah.

- Lalu oleskan secara merata pada stretch mark.

- Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Putih Telur

Telur tentu ada di dapur rumah Anda, tidak hanya bisa dimakan. Putih telur dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan dan mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

Caranya:

- Gunakanlah putih telur sebagai lotion kulit alami.

- Untuk menghindari bau amis, tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis atau lemon.

3 dari 3 halaman

Bahan alami untuk menghilangkan stretch mark

4. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Adanya kandungan anti-oksidan dapat membantu menghilangkan stretch mark.

Cara penggunaannya:

- Tumbuk halus kentang yang telah direbus.

- Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.

- Oleskan pada stretch mark.

- Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Lemon

Lemon memang menjadi buah yang cukup dikenal akan banyak manfaatnya. Lemon yang kaya akan vitamin C berguna sebagai antioksidan.

Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch mark cepat hilang.

6. Cocoa butter

Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan stretch mark secara alami dan mudah. Kandungan zat alaminya yakni kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretch mark dua kali sehari.

7. Bubuk Coklat

Sama halnya dengan cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Caranya adalah:

- Buat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air.

- Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

Dengan 7 cara diatas mampu cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan secara alami. Tentu butuh kesabaran dalam menghilangkan stretch mark pada kulit Anda.

Selain mengikut cara diatas, jangan lupa untuk selalu minum air mineral 8 gelas sehari. Minum air minelas 8 gelas sehari bisa membantu mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat proses regenerasi pada kulit, sehingga mempercepat proses penghilangan stretch mark.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini